Mengapa Haid Saya Sering Datang Terlambat?

 

Mengapa Haid Saya Sering Datang TerlambatHaid sering datang terlambat atau terlambat datang bulan merupakan hal yang sering dialami oleh banyak wanita dan tidak sedikit yang merasa was-was dan takut karena jangan sampai hal tersebut merupakan gejala awal kehamilan yang tidak direncanakan sebelumnya sehingga mereka harus melakukan tes kehamilan untuk memastikannya.

Keterlambatan haid terkadang merupakan hal yang wajar namun perlu diwaspadai juga karena keterlambatan haid bisa juga karena didasari oleh beberapa faktor medis.

Memang siklus haid tiap wanita tidak selalu harus sama karena wanita biasanya memiliki periode yang normal setiap 28 hari namun ada juga yang memiliki siklus haid yang sangat singkat ( 21 hari) atau yang paling lama selama 35 hari.

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas apa penyebab haid sering datang terlambat dan tindakan apa yang harus kita lakukan.

Penyebab haid sering datang terlambat dapat disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya adalah:

Stres selama ovulasi
Ketika seseorang sedang stres saat sedang masa ovulasi bisa mempengaruhi hipotalamus untuk mengirimkan sinyal hormonal pada ovarium sehingga menghambat pelepasan telur atau ovulasi.

Hipotalamus adalah bagian dari otak yang mengatur siklus menstruasi dan setiap perubahan dalam fungsinya, umumnya disebabkan oleh stres atau kecemasan yang berlebihan sehingga dapat mempengaruhi datangnya haid yang tidak teratur.

Pengaruh kontrasepsi
Menglonsumsi pil maupun suntikan KB dapat menyebabkan perubahan hormonal sehingga turut mempengaruhi keteraturan menstruasi anda.

Mengkonsumsi pil Kb atau melalui suntikan juga dapat menyebabkan perubahan dalam aliran menstruasi yang dapat bermanifestasi sebagai bercak vagina atau perdarahan antara periode.

Olahraga berat
Olahraga yang berlebihan juga bisa mempengaruhi haid datang terlambat ataupun masa haid tidak teratur. Dan kondisi ini umumnya sering dialami oleh atlet wanita.

Ketidak teruturan datangnya haid karena olahraga yang berat merupakan efek dari perubahan hormonal yang berhubungan dengan hilangnya lemak tubuh , stres atapun kegagalan ovulasi.

Perubahan berat badan
Wanita yang menjalani program penurunan berat badan juga dapat mempengaruhi waktu haid yang sering datang terlambat.

Penurunan berat badan yang berlebihan menyebabkan tubuh kehilangan terlalu banyak lemak, sementarakita ketahui pula selain dari ovarium , estrogen juga berasal dari lemak.

Peningkatan secara normal pada hormon estrogen dapat merangsang terjadinya ovulasi. Makanya pada wanita yang memiliki terlalu banyak lemak, tingkat estrogen mereka juga tinggi secara konsisten.

Di sisi lain, wanita yang mengalami kekurangan berat badan kemungkinbesar mereka tidak memiliki cukup estrogen untuk merangsang ovulasi . Hal ini dapat menyebabkan menstruasi yang tidak teratur, tidak hadir atau terlambat datang bulan.

Gangguan medis
Haid yang sering terlambat datang juga bisa disebabkan karena gangguan medis yang dapat mempengaruhi keseimbangan hormon yang pada akhirnya menyebabkan penyimpangan dalam siklus menstruasi.

Beberapa gangguan medis yang bisa menyebabkan haid sering datang terlambat seperti gangguan tiroid, sindrom ovarium polikistik, kanker, gangguan makan dan jaringan parut pada uterus.

Beberapa obat juga dapat mempengaruhi siklus hormonal dan beberapa jenis obat tersebut termasuk kortikosteroid oral , obat kemoterapi , obat anti psikotik dan obat anti depresan.

Perubahan perimenopause
Pada wanita yang berusia sekitar 45-52 tahun akan berada pada situasi menopause dimana siklus menstruasi mungkin menjadi tidak teratur dan bahkan sangat memungkinkan terlambat datang bulan.

Apa yang harus dilakukan ketika haid saya datang terlambat?
Anda mungkin tidak perlu melakukan apa-apa jika haid terlambat hanya untuk beberapa hari saja. Tapi jika sudah seminggu lamanya haid anda tak kunjung hadir, coba lakukan tes kehamilan jika hasilnya negatif, coba mengulanginya 2-3 hari lagi kedepannya.

Namun, jika anda telah mengalami gangguan menstruasi yang tidak teratur, anda mungkin harus mengunjungi dokter kandungan anda untuk mengevaluasi siklus menstruasi anda, tingkat hormon dan kesehatan anda secara menyeluruh.

 
 

TOPIK TERBARU:

manfaat telur ikan belanak, bawang putih obat ganglion, manfaat ranee whitening cream plus, arti kedutan langit-langit mulut, kelainan bentuk panggul wanita, kdutan paha kiri, Arti KEDUTAN pada testis, bokong berbintik, bekas cakaran di badan, Cara membesarkan wajah dan kepala, Bibir bawah terbelah, pegal pangkal paha, glukosin, apa bedanya jerawat dan bekukul, air infus untuk rambut rontok