10 Jenis Penyakit yang Berhubungan Dengan Nyeri Perut

 

10 Jenis Penyakit yang Berhubungan dengan Nyeri PerutNyeri perut atau beberapa gangguan medis yang terjadi disekitar perut memang sangat banyak penyebabnya dan tergantung dari gejala yang menyertainya. Dan beberapa diantaranya harus segera ditangani dokter sebelum terlambat.

Berikut ini adalah 10 jenis penyakit yang bisa menyebabkan nyeri perut serta bagaimana gejala dan cara mengatasinya agar sakit atau  nyeri bagian perut anda bisa segera tertangani.

10 Jenis Penyakit yang Berhubungan dengan Nyeri Perut

1. Heartburn (refluks)
Gejala: Sensasi terbakar tepat di bawah tulang dada, terutama setelah makan kita baru saja makan.
Apa yang harus dilakukan : Ambil obat antasida dan menghindari makanan yang tinggi minyak. Jika nyeri tetap ada selama beberapa minggu, segeralah berhubungan dengan dokter anda.

2. Konstipasi atau perut kembung
Gejala: Nyeri di sekitar dan di bawah pusar disertai dengan kembung
Apa yang harus dilakukan : Ambil obat pencahar atau obat anti kembung. Jika nyeri berlangsung lebih dari dua minggu segera hubungi dokter.

3. Apendisitis
Gejala: Rasa nyeri mendadak di sekitar pusar dan terkadang disertai mual, demam, muntah, kehilangan nafsu makan serta otot-otot perut terasa kaku.
Apa yang harus dilakukan : Pergi ke rumah sakit setelah anda mengalami gejala diatas karena apendisitis atau usus buntu ini harus ditangani dengan cepat. Dan otot perut yang terasa kaku merupakan pertanda bahwa infeksi mulai menyebar disekitarnya.

4. Batu empedu atau peradangan kandung empedu
Gejala: rasa nyeri yang mendadak di sisi kanan perut yang dapat menyebar ke bagian lain dari perut atau punggung.
Apa yang harus dilakukan : Jika rasa sakit terus-menerus atau memburuk setelah makan makanan berminyak , pergilah ke dokter.

5. Gangguan usus dan Infeksi saluran kemih
Gejala: nyeri mendadak di bawah pusar yang kemudian menjalar ke kedua sisi pusar.
Apa yang harus dilakukan : Jika rasa sakit terus memburuk, hubungi dokter anda untuk melakukan diagnosa yang lebih akurat.

6. Batu ginjal, Infeksi Ginjal dan ISK
Gejala: Nyeri mendadak dan terasa menusuk tajam di dekat tulang rusuk bawah yang kemudian menjalar kepangkal paha bawah.

Apa yang harus dilakukan : Tingkatkan asupan air dan hubungi dokter anda meskipun kebanyakan batu ginjal akhirnya keluar dengan sendirinya.

7. Penyakit Crohn, ulcerative colitis atau diverticulitis
Gejala: nyeri mendadak dengan rasa nyeri di perut bagian kiri bawah dapat disertai dengan demam , mual atau muntah
Apa yang harus dilakukan : Temui dokter anda yang mungkin merekomendasikan untuk dikolonoskopi. Pengobatan jangka panjang mungkin diperlukan dan tergantung dari kondisi medis dari hasil diagnosa.

8. Penyumbatan di usus, usus buntu yang bocor atau perdarahan dari usus

Gejala: nyeri mendadak disertai diare berdarah, darah dalam tinja atau muntah darah
Kemungkinan penyebab : Apa yang harus dilakukan : Ini adalah gejala perdarahan internal maka sebaiknya langsung pergi ke rumah sakit terdekat.

9. Intoleransi laktosa, sindrom iritasi usus, Maag, Penyakit celiac
Gejala: nyeri ringan atau ketidaknyamanan yang datang perlahan-lahan dan terus berulang atau berlangsung selama beberapa minggu atau bulan, kadang disertai diare , konstipasi ataupun perut kembung.
Apa yang harus dilakukan : hubungi dokter anda untuk mendapatkan petunjuk selanjutnya mengenai cara mengatasinya.

10. Aneurisma aorta
Gejala: nyeri perut yang datang secara tiba-tiba, khususnya pada orang tua perokok atau memiliki tekanan darah tinggi
Apa yang harus dilakukan : Pelebaran aorta dapat menyebabkan perdarahan fatal. Pergi ke gawat darurat segera mungkin.

Nah, demikianlah 10 Jenis Penyakit yang Berhubungan dengan Nyeri Perut diatas dan semoga bisa menjadi petunjuk dalam mendeteksi secara dini akan gangguan nyeri perut yang kemungkinannya anda alami saat ini.

 
 

TOPIK TERBARU:

manfaat telur ikan belanak, bawang putih obat ganglion, manfaat ranee whitening cream plus, arti kedutan langit-langit mulut, kelainan bentuk panggul wanita, kdutan paha kiri, Arti KEDUTAN pada testis, bokong berbintik, bekas cakaran di badan, Cara membesarkan wajah dan kepala, Bibir bawah terbelah, pegal pangkal paha, glukosin, apa bedanya jerawat dan bekukul, air infus untuk rambut rontok