Gejala Diabetes Tipe 2 (Penyakit Gula Kering)


Loading...

Gejala Diabetes Tipe 2 (Penyakit Gula Kering)Gejala utama diabetes tipe 2 seperti penurunan berat badan, kulit kering dan sering buang air kecil. Dan diebetes tipe 2 dua ini sering kali disebut juga sebagai diabetes kering alias penyakit gula kering.

Penyakit gula kering atau diabetes tipe 2 ini dipicu oleh dua kondisi yakni pankreas tidak mampu memproduksi insulin yang cukup (kekurangan insulin) untuk mempertahankan kadar glukosa tetap normal dan atau ketika sel-sel menolak untuk menerima insulin yang tersedia (resistensi sel terhadap insulin).

Kedua kondisi diatas (kekurangan insulin atau resistensi sel) jika berlangsung dalam waktu lama maka dapat mempengaruhi berbagai organ, termasuk jantung dan ginjal serta menghambat beberapa fungsi utama tubuh lainnya.

Jadi diabetes tipe 2 atau penyakit gula kering ini terjadi karena pengaruh kadar gula darah yang tinggi baik yang disebabkan karena kekurangan insulin atau resistensi sel terhadap insulin yang tersedia.

Sebenarnya pemicu kekurangan insulin ataupun karena resistensi insulin ini belum diketahui secara pasti namun para medis mengasumsikan bahwa bahwa faktor pemicunya terkait dengan obesitas dan gaya hidup yang kurang sehat.

Selain dua faktor tersebut diatas, beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa ada keterkaitan antara diabetes mellitus tipe 2 dengan genetika serta hipertensi, pankreatitis kronis, kanker, penuaan, penggunaan obat tertentu untuk jangka waktu yang lama, dsb.

READ:  Stres Dan Pengaruhnya Pada Otak

Untuk gejala diabetes tipe 2 ini, seorang pasien mengalami penurunan berat badan yang tidak normal sehingga tubuh terlihat kurus kering. Makanya diabetes tipe 2 ini sering diistilahkan dengan penyakit gula kering.

Penurunan berat badan ini terjadi karena pasien kehilangan nafsu makan tetapi karena tubuh kekurangan gula (glukosa) yang pada akhirnya akan menghambat proses metabolisme sehingga tubuh terpaksa mengambil cadangan lemak tubuh untuk merubahnya menjadi energi.

Gejala diabetes tipe dua berikutnya adalah pasiennya akan selalu merasa lelah, hal ini terjadi karena glukosa yang merupakan salah satu sumber utama energi dalam tubuh sementara pada saat yang sama sel kekurangan gula (glukosa) untuk menyediakan energi.

Gejala diebetes tipe 2 selanjutnya adalah sering ingn buang air kecil ataupun sering merasa kehausan. Hal ini terjadi ketika kadar gula dalam aliran darah meningkat tajam akan memendam cairan dari jaringan.

Makanya seorang pasien sering merasa haus (sering minum air) sehingga mereka juga dipastikan akan sering buang air kecil karena keseringan minum air tadi.

READ:  Jenis-Jenis Bakteri Penyebab Meninginitis

Nah gejala diabetes tipe 2 selanjutnya adalah rentan terkena infeksi dan ketika ada luka maka sangat sulit untuk segera disembuhkan. Hal ini karena terjadi ketidak seimbangan nutrisi yang tepat untuk tubuh yang pada akhirnya akan mempengaruhi sistem kekebalan tubuh.

Nah sistem imun inilah yang seharusnya melawan infeksi dan mempercepat penyembuhan ketika ada luka infeksi namun sudah tidak berdaya lagi.

Selain gejala-gejala diatas, orang dengan diabetes tipe 2 alias penyakit gula kering juga akan mengalami kesemutan atau mati rasa pada tangan dan kaki, kesulitan bernafas, nyeri dada, dsb.

Jadi jika anda mengamati beberapa gejala diatas pada diri anda maka segeralah berkonsultasi dengan dokter untuk merencenakan obat penyembuhan yang tepat pada kondisi anda.

Loading...