Kaitan Antara Kesehatan Tubuh dengan Kewajiban Berpuasa

 

Kaitan Antara Kesehatan Tubuh dengan Kewajiban BerpuasaBulan ramadhan merupakan bulan yang ditunggu oleh semua umat muslim karena banyak keberkahan didalamnya. Selama sebulan penuh semua umat muslim diwajibakan berpuasa menahan semua hal-hal yang dapat membatalkan puasa tersebut. Selain dari itu bulan puasa mengajarkan kepada kita untuk saling berbagi dan masih banyak lagi pelajaran penting lainnya.

Datangnya bulan puasa, bukan saja soal ibadah dan pendalaman spiritual saja, Puasa selama sebulan penuh bisa memberi manfaat luar biasa untuk kesehatan tubuh jika dilakukan dengan benar. Ketika tubuh tidak mendapat asupan makanan, maka saat itulah tubuh mulai mengambil lemak untuk digunakan sebagai energi tubuh.

Dengan demikian puasa akan membantu Anda menurunkan berat badan. Perubahan yang terjadi dalam tubuh Anda selama puasa tergantung dari seberapa lama Anda menjalani puasa yang berkelanjutan. Tubuh tidak akan menerima asupan makanan selama 8 jam setelah makan dan saat itulah tubuh menyerap nutrisi dari makanan.

Saat itulah tubuh menumpuk glukosa di dalam hati dan otot yang nantinya akan menjadi sumber energi utama. Namun jika glukosa ini sudah habis, maka tubuh akan beralih mengambil lemak sebagai pengganti sumber energi. Tapi perlu juga diperhatikan bahwa puasa terlalu lama dengan asupan nutrisi yang kurang pun juga bisa berakibat buruk untuk tubuh seperti risiko kehilangan massa otot dan protein.

Jika puasa lebih lama hingga berminggu-minggu, tubuh akan mulai mengambil protein dalam otot sebagai sumber energi, dan inilah yang tidak sehat. Namun puasa Ramadan tidak akan membuat Anda mengalami hal itu, karena Anda akan berbuka puasa setiap hari dan mendapatkan asupan makanan lagi. Jadi, tubuh hanya sampai pada tahap mengambil lemak untuk diubah menjadi energi.

Itulah mengapa, kebanyakan orang yang melakukan puasa juga akan mengalami penurunan berat badan secara signifikan namun tetap sehat. Tubuh juga akan lebih bugar dan kekebalan tubuh bertambah karena puasa merupakan cara sehat detoksifikasi tubuh. Namun jangan lupa untuk tetap memperhatikan asupan nutrisi harian agar manfaat puasa Ramadhan Anda mendapatkannya.

 
 

TOPIK TERBARU:

arti kedutan langit-langit mulut, kelainan bentuk panggul wanita, kdutan paha kiri, Arti KEDUTAN pada testis, bokong berbintik, bekas cakaran di badan, Cara membesarkan wajah dan kepala, Bibir bawah terbelah, pegal pangkal paha, glukosin, apa bedanya jerawat dan bekukul, air infus untuk rambut rontok, cara menghilangkan flek hitam dengan vaseline, Glucostamin, khasiat telur ikan sembilang