Mengatasi Kulit Kering Saat Berpuasa Ramadhan


Loading...

Mengatasi Kulit Kering Saat Berpuasa RamadhanKulit kering selama menjalankan kewajiban puasa tentu merupakan salah satu kendala sebagian orang yang membuat ketulusan aktifitas puasa menjadi terganggu. Tidak jarang mood menjadi menurun disebabkan alasan kulit yang tidak sehat dan wajah terlihat kusam. Padahal aktifitas menunggu di ambang hari.

Beberapa cara dapat dilakukan untuk mencegah kulit kering terjadi saat puasa. Jangan jadikan kendala kulit kering ini sebagai alasan untuk tidak menjalankan kewajiban puasa Anda. Silakan praktekkan beberapa tips berikut agar puasa bisa selamat sampai akhir dengan wajah segar berseri dan jauh dari kekeringan.

Saat sahur dan berbuka

Ketika makan sahur dan berbuka puasa sebaiknya Anda memperbanyak konsumsi air putih begitu pula makanan sehat. Hindari minuman manis secara berlebihan. Kandungan air dalam tubuh bisa juga dibantu dengan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung air dan beta karoten seperti wortel, blewah dan labu.

Hindari mencuci wajah dengan air dingin

Sebaiknya, membasuh wajah dengan air secukupnya saja. Jangan mengatasnamakan puasa untuk bisa lolos membasuh wajah secara terus menerus karena air dapat membuat kulit semakin kering.

Rajin menggunakan pelembab wajah

Waktu menggunakan pelembab yang paling penting adalah saat wajah dalam keadaan bersih. Tapi, jika wajah Anda sudah terasa kencang, itu artinya kulit sedang kehilangan kelembaban. Saatnya mengoleskan pelembab pada wajah dan kulit tubuh dengan lotion yang sesuai dengan jenis kulit.

Hindari terlalu lama berada dalam ruangan ber AC

Salah satu faktor yang membuat kulit menjadi kering saat berpuasa disebabkan karena Anda terlalu lama berada dalam ruang yang ber AC. Ketika pekerjaan menuntut Anda untuk berlama-lama dalam ruang ber AC, sebaiknya sesekali Anda berjalan-jalan keluar ruangan dan membiarkan kulit terkena sinar matahari dan udara yang alami.

Menggunakan masker alpukat

Saat berpuasa, untuk mencegah kulit menjadi kering sebaiknya menggunakan masker alpukat dan pisang sebab alpukat mengandung 11 vitamin dan 14 mineral yang dapat membantu melembabkan kulit. Selain itu, buah alpukat juga kaya akan protein, vitamin E yang baik untuk kulit, vitamin A, niasin (vitamin B3) dan potasium (kalium). Hancurkan 1/2 buah alpukat dalam mangkuk sampai berbentuk seperti bubur, kemudian tambahkan dengan 2 sendok yogurt tanpa rasa dan aduk hingga membentuk pasta. Oleskan masker alpukat ini pada wajah dan diamkan selama 15 menit. Kemudian, bilas wajah dengan air hangat hingga bersih dan kompres dengan es batu.

Menggunakan masker pisang

Lumatkan 1 buah pisang ambon dalam mangkuk dan campur dengan 2 sendok madu. Aduk hingga menjadi pasta dan oleskan pada wajah. Setelah 20 menit, bilas wajah hingga bersih dengan air hangat terlebih dahulu kemudian kompres dengan es batu agar pori-pori dalam wajah tertutup kembali. Disarankan memakai masker secara teratur untuk hasil yang maksimal.

Itulah tips mengatasi kulit kering saat berpuasa ramadhan yang diberikan oleh konsultasi kedokteran seputar kecantikan. Menjalani puasa memang terkadang membuat kulit ikut kering, tapi kini tidak perlu khawatir lagi. Dengan tips-tips sederhana di atas, Anda bisa tetap tampil cantik walaupun sedang berpuasa.

Loading...