Apa Itu Neutropenia ?


Loading...

Apa Itu NeutropeniaNeutropenia adalah kondisi kurangnya jumlah sel neutrofil (sel yang menyerang bakteri dan organisme lain ketika mereka menyerang tubuh) dalam aliran darah karena kondisi tertentu.

Neutrofil merupakan jenis sel darah putih yang dibuat pada sumsum tulang. Neutrofil inilah yang kemudian beredar dalam aliran darah menuju ke daerah infeksi.

Dan ketika tubuh mengalami infeksi oleh mikroba patogen maka neutrofil ini melepaskan bahan kimia untuk membunuh serangan mikroorganisme.

Nah bagi mereka yang mengalami masalah neutropenia ini tentunya sangat udah untuk terinfeksi mikroorganisme patogen sehingga sangat rentan mengalami gangguan kesehatan.

Dan untuk mengetahui seseorang mengalami gangguan neutopenia dan mengapa mereka bisa mengalami hal tersebut, berikut ini adalah penjelasannya.

Gejala Neutropenia

Neutropenia sendiri sering tidak menimbulkan gejala. Dalam beberapa kasus, orang diketahui mengalami gejala ini ketika dilakukan tes darah.

Bagi mereka yang mengalami gangguan Neutropenia akan sering mengalami infeksi pada membran mukosa ( seperti pada bagian dalam mulut dan kulit).

Infeksi ini sendiri dapat muncul sebagai ulkus, Abses (pengumpulan nanah), ruam, ketika luka butuh waktu lama baru sembuh dan sering demam.

Penyebab neutropenia ini sendiri tidak lain karena adanya masalah dalam produksi neutrofil pada sumsum tulang penderitanya.

Kemungkinan penyebab lainnya karena adanya penghancuran neutrofil diluar sumsum tulang, pengaruh infeksi sendiri ataupun karena masalah kurang gizi.

Penyebab lainnya mungkin terjadi akibat penurunan produksi neutrofil yang disebabkan oleh radiasi, leukemia, kemoterapi ataupun karena pengaruh gangguan sumsum tulang bawaan sewaktu didalam kandungan.

Kurangnya jumlah sel neutrofil dalam darah juga bisa disebabkan karena Infeksi dari salah satu penyakit seperti tuberkulosis, demam berdarah, Infeksi virus seperti Virus Epstein -Barr, Cytomegalovirus , HIV , Virus hepatitis, dll.

Untuk peningkatan pengrusakan neutrofil diluar sumsum tulang dapat disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh sendiri yang menghancurkan neutrofil. Pengrusakan neutrofil oleh sistem imun ini mungkin terkait dengan adanya permasalahan dengan imun sendiri karena Penyakit Crohn, Radang sendi, Lupus, dll.

Beberapa kasus lain pada neutropenia disebabkan oleh pengaruh obat-obatan tertentu, seperti obat antibiotik, Obat tekanan darah, obat-obatan psikiatri, obat epilepsi dan lain sebagainya.

Nah, demikianlah mengenai apa itu sebenarnya Neutropenia, bagaimana gejalanya dan faktor apa saja yang menjadi penyebab terjadinya penurunan sel kekebalan tubuh ini.

Loading...