Mengenal Gejala Awal Dari Katarak


Loading...

Mengenal Gejala Awal Dari KatarakSeorang didiagnosa menderita katarak ketika lensa mata mereka telah diterlihat keruh atau buram, dan penglihatan tidak normal telah terpengaruhi.

Katarak adalah penyakit mata terkait usia yang disebabkan oleh penumpukan atau penggumpalan protein pada permukaan lensa mata. Sementara penyakit ini didominasi terkait usia, cedera atau kerusakan pada lensa mata tertentu dapat mempercepat pembentukan katarak.

Lalu apa faktor penyebab yang dapat mempercepat pembentukan katarak?

Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan katarak cepat berkembang dan termasuk diantaranya adalah eksposur UV yang lama, sering terpapar radiasi pengion.selain itu, faktor pemicu lainnya yaitu karena menderita kondisi penyakit tertentu seperti hipertensi dan diabetes.

Apa pengaruh katarak dengan penglihatan?

Seseorang yang menderita katarak akan memyebabkan penglihatan menjadi kabur dan berkabut dan makin beertambah parah seiring dengan perkembangan kondisi katarak tersebut.

Untungnya dengan perkembangan dan kemajuan dibidang kedokteran saat ini, pengobatan katarak mata sangat efektif dengan menempuh operasi khusus katarak. Tapi meski demikian, pengobatan katarak yang masih dalam tahap gejala masih lebih mudah disembuhkan tanpa menjalani operasi.

READ:  Efek Samping Aspirin Pada Kesehatan Mata

Jadi, jika ingin menghindari diri pembedahan diatas maka mengenali gejala katarak sebelum parah adalah cara terbaiknya.

Dan pada kesempatan kali ini, kita akan melihat mengenai gejala-gejala awal katarak yang perlu diperhatikan agar segera mendapatkan perawatan dari dokter spesialis mata atau Ophtalmologist.

• Penglihatan kabur

Salah satu gejala awal katarak dapat digambarkan sebagai pandangan berkabut, kabur atau redup. Pada tahap awal, individu dengan katarak mengeluhkan sensitivitas terhadap sinar matahari langsung serta lingkaran cahaya muncul disekitar lampu yang menyala terang. Jika kondisi ini tidak diobati pada akhirnya dapat mengakibatkan kehilangan penglihatan atau kebutaan.

Kesulitan Melihat dimalam hari

Pada siang hari, pasien katarak yang dapat mengenali lingkungan mereka meskipun pandangan mereka mungkin terlihat kabur. Namun pada malam hari, penderita katarak tidak mampu melihat lingkungan mereka sama sekali.

Kesulitan dalam membedakan warna

Pada penderita katarak akan mengalami kesulitan dalam membedakan warna dari spektrum. Alih-alih tampil cerah sebagian besar warna terlihat pudar.

Sensasi panas

Gejala sekunder katarak adalah sensasi terbakar parah di sekitar mata. Seiring dengan sensasi panas seperti terbakar, beberapa pasien juga mengeluhkan gatal yanga parah bahkan berair dan ataupun meradang.

READ:  Penyebab Sakit Kepala Dimalam Hari

Penglihatan ganda

Penglihatan ganda pada salah satu mata adalah gejala lain dari katarak. Jika seseorang mengeluh penglihatan ganda di salah satu atau kedua matanya, mungkin indikasi katarak penyakit mata.

Jadi, jika anda mengalami salah satu atau semua gejala yang disebutkan di atas, maka sebaiknya berkonsultasi dengan dokter mata anda untuk menyingkirkan kemungkinan katarak yang ada.

Loading...