Mengenal Khasiat Tumbuhan Adas (Foeniculum vulgare Mill)


Loading...

Mengenal Khasiat Tumbuhan Adas (Foeniculum vulgare Mill)Tanaman adas atau dalam bahasa latin disebut dengan “Foeniculum vulgare Mill” yang merupakan sembilan tumbuhan obat yang dianggap di anglo-saxon. Tepatnya di Indonesia tanaman ini sudah dibudidayakan karena selain menjadi obat tanaman ini juga ternyata dapat di jadikan sebagai bumbu dalam setiap masakan. Tanaman adas memiliki banyak khasiat didalamnya.

Tumbuhan adas memiliki siklus pertumbuhan dimulai dari dataran rendah sampai ketingian 1.800 M di atas permukaan laut. Namun tanaman ini akan tumbuh lebih baik saat ditanam pada daratan lebih tinggi. Tumbuhan adas berasal dari Eropa Selatan dan Asia. Setelah diketahui manfaatnya maka tanaman ini sudah banyak di budidayakan di Indonesia, India, Argentina, Eropa, dan Jepang. Tanaman ini tergolong tanaman yang berumur panjang, memiliki tinggi 50 cm – 2 m, tumbuh merumpun. Tumbuhan adas memiliki banyak manfaat dimuali dari batang, daun hingga bijinya

Klasifikasi Tanaman Adas
Kingdom: Plantea (Tumbuhan)
Divisi: Magnopoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Ordo: Magnoliopsida (Berkeping dua/dikotil)
Famili: Apiaceae
Genus: Foeniculum
Speasis: Foenicukum vulgare

Tanaman adas salah satu tanaman yang dapat menghasilkan minyak yang dihasilkan dari proses suling sebuk-serbuk buah adas yang sudah matang dan kering. Minyak yang dihasilakan dari adas terdiri dari dua jenis yaitu minyak adas manis dan pahit. Adas sebagai tanaman herbal yang memiliki sifat menyembuhkan maka tanaman ini banyak dijadikan sebagai bahan baku dalam industri pembuatan obat-obatan. Salah satu contoh yang banyak orang gunakan yaitu minyak telon.

Komposisi dan kandungan pada tumbuhan adas

Unutk mengetahui lebih detail kandungan dari tumbuhan adas, kami merampungkan dibawah ini. Komposisi atau kandungan zat kimia di dalamnya adalah 50-60% anetol, minyak asiri (Oleum Foeniculi) 1-6%, 20% fenkon, asam anisat, felandren, finen, limonen, anisaldehid, dipenten, metilchavikol, dan 12% minyak lemak. Sebab adanya kandungan anetol maka menyebabkan adas mengeluarkan aroma yang khas dan berkhasiat karminatif. Akar adas mengandung bergapten. Akar dan biji mengandung stigmasterin (seposterin).

READ:  Resep Masker Jerawat Yang Populer

Minyak adas (fennel oil). Dapat kita simpulkan bahwa tanaman adas memiliki cukup banyak kandungan dan komposisi yang bisa berguna bagi tubuh manusia. Bebebrapa diantaranya adalah pereda rasa nyeri, menurunkan kadar asam urat tinggi, anti mulas, pelega mulas, pelega perut, penambahan rasa alami, mengatasi batuk, sariawan dan di bawah ini merupakan khasiat dan manfaat dari tanaman adas.

Khasiat dan manfaat tanaman adas

Mengobati Sariawan
Siapkan adas 3/4 sendok teh, ketumbar 3/4 sendok teh, daun iler 1/5 genggam, daun saga 1/4 genggam, sisik naga 1/5 genggam, daun sembung 1/4 genggam, pegagan 1/4 genggam, daun ketut 1/6 genggaman, pulosari 3/4 jari, rimpang lempuyeng wangi 1/2 jari, rimpang kunyit 1/2 jari, kayu manis 3/4 jari, gula merah 3 jari, dicuci dan dipotong-potong seperlunya. Bahan-bahan semuanya dicampur dan direbus dengan 4 1/2 gelas air sampai tersisa separuhnya. Setelah dingin lalu disaring, siap untuk diminum. Sehari 3 kali, setiap kali cukup 3/4 gelas.

Haid yang tidak teratur
Siapkan daun dan bunga srigading masing-masing 1/5 genggam, jintang hitam 3/4 sendok teh, adas 1/2 sendok teh, pulosari 1/2 jari, bunga kesumba keling 2 kuntum, jeruk nipis 2 buah, gula batu sebesar telur ayam, dicuci lalu dipotong-potong seperlunya. Bahan-bahan semunya lalu direbus dengan 3 gelas air sampai 2 1/4 gelas. Setelah dingin disaring, minum 3 kali sehari, masing-masing 3/4 gelas. Keracunan tumbuhan obat atau jamur siapkan serbuk buah adas sebanyak 5 gr, lalu seduh dengan setengah cangkir arak. minum selagi hangat.

READ:  5 Cara Alami Sembuhkan Kuku Berjamur

Batuk-batuk
Cara pertama: Siapakan serbuk buah adas sebanyak 5 gr disedup dengan 1/2 cangkir air mendidih. Setelah dingin disaring, tambahkan 1 sendok teh madu. Aduk sampai merata, minum sekaligus. Lakukan 2 kali sehari, hingga batuk benar-benar sembuh.

Cara kedua: Siapkan daun saga1/4 genggam, bunga kembang sepatu 2 kuntum, daun poko 1/5 genggam, bunga tembelekang 10 kuntum, bawang merah 2 butir, adas 1 sendok teh, pulosari 1 jari, rimpang jahe 1 jari, gula merah 3 jari, dicuci dan dipotong seperlunya. Rebus denga 3 gelas air sampai tersisah setengahnya. Setelah dingin disaring, lalu diminum. Lakukan 3 kali sehari, masing-masing 1/2 gelas.

Sesak nafas
Cara pertama: Sipakan adas 1/2 sendok teh, pulosari 1/4 jari, rimpang kencur 2 jari, rimpang temulawak 1 jari, jintang hitam 114 sendok teh, daun poncosudo (jasminum pubescens) 1/4 genggam, gula merah 3 jari, dicuci dan dipotong-potong seperlunya. Bahan-bahan semunya lalu direbus dengan 4 1/2 gelas air sampai tersissa kira-kira setengahnya. Setelah dingin disaring, dan siap untuk diminum. Sehari 3 kali, masing 3/4 gelas.

Cara kedua: Amabil minyak adas sebanyak 10 tetes diseduh dengan 1 sendok makan air panas. Minum selagi hangat. Lakukan 3 kali sehari, Sampai sesak nafas benar-enar sembuh.

Batu Empedu
Serbuk buah adas sebanyak 5 gr diseduh dengan 1 cangkir air panas. Minum segera selagi masih hangat.

Demikian artikel seputar mengenal khasiat tumbuhan adas (Foeniculum vulgare Mill) semoga penyakit dan masalah Anda lekas sembuh.

Loading...