8 Manfaat Vitamin D dan Risikonya Pada Kesehatan


Loading...

8 Manfaat Vitamin D dan Risikonya Pada KesehatanTahukah anda bahaya defisiensi vitamin D ini? Ya, Vitamin D ini sama urgennya dengan beberapa vitamin lainnya dimana defisiensi vitamin D jelas bisa mempengaruhi kesehatan kita.

Mencukupi vitamin D sesuai dengan kebutuhan tubuh dapat menyelamatkan kita dari masalah kanker, obesitas, osteoporosis dan diabetes.

Manfaat vitamin D atau kalsiferol ini tidak hanya sebatas menyelamatkan kita dari beberapa masalah gengguan penyakit diatas tetapi juga sebagai memainkan peranan penting dalam menjaga tulang tetap kuat dengan membantu tubuh untuk menyerap kalsium.

Vitamin D ini juga sangat dibutuhkan oleh Otak kita untuk mengirimkan pesan ke seluruh bagian tubuh. Hal ini juga membantu dalam mempertahankan sistem imun tubuh serta memberi kekuatan imun tubu dalam melawan virus dan bakteri.

Berikut ini adalah 8 Manfaat Vitamin D dan Risikonya Pada Kesehatan yang perlu kita ketahui:

1. Mencegah Kanker

Dengan mempertahankan tingkat kecukupan vitamin D harian tubuh dapat menyelamatkan kita dari serangan kanker. Seperti halnya dengan kanker payudara, dengan memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin D ini dapat mengurangi sekitar 30-50% dari risiko kanker payudara dan mengurangi risiko terkena kanker usus sebesar 50%. Selain itu pemenuhan vitamin D ini juga bisa menghambat pembentukan kanker prostat dan kanker ovarium.

2. Melawan Infeksi

Sebuah studi yang dilakukan di Yale University School of Medicine mengungkapkan bahwa dengan mencukupi kebutuhan tubuh akan vitamin D dapat mengurangi perkembangbiakan virus.

Pada individu yang memiliki kadar vitamin D yang cukup jarang sakit dan bahkan jika mereka sakit, mereka hanya membutuhkan waktu beberapa hari untuk bisa pulih kembali. Alasannya adalah karena vitamin D dalam tubuh berperan dalam memerintahkan sel-sel darah putih untuk menghasilkan protein bertipe khusus untuk membunuh virus.

READ:  Efek Samping Amoksisilin Pada Kesehatan

3. Mencegah Penyakit Jantung

Kekurangan (defisiensi) tingkat vitamin D dapat meningkatkan risiko penyakit jantung hingga 80%. Semakin tinggi kadar vitamin D maka semakin kuat pula system pertahanan dari penyakit jantung, aterosklerosis (penyempitan pembuluh arteri karena akumulasi lemak) dan tekanan darah tinggi. Vitamin D juga sangat efektif untuk mencegah terjadinya peradangan.

4. Melindungi tubuh dari Parkinson

Tingkat kecukupan vitamin D dapat menyelamatkan tubuh dari penyakit Parkinson karena salah satu peran Vitamin D dalam tubuh adalah mengatur kadar kalsium tubuh dengan meningkatkan transmisi listrik untuk neuron dan dengan mendetoksifikasi sel-sel tubuh.

5. Mencegah tubuh dari Diabetes

Vitamin D juga bertanggung jawab untuk merangsang produksi insulin. Penelitian membuktikan bahwa risiko diabetes tipe 1 pada anak-anak karena defisiensi vitamin D.

6. Depresi

Serotonin adalah senyawa kimia yang bertanggung jawab untuk mengendalikan suasana hati dan emosi kita. Dan ketidakseimbangan tingkat serotonin dapat menyebabkan depresi.

Nah salah satu peran Vitamin D ini yaitu mempengaruhi tubuh dalam produksi serotonin. Oleh karena itu, disarankan untuk mengambil jumlah yang cukup vitamin D untuk menyelamatkan diri dari depresi.

READ:  Penyebab Kaki Bengkak dan Menghitam Pada Lansia

Beberapa penelitian lain menunjukkan bahwa Vitamin D juga sangat bermanfaat dalam mengobati skizofrenia. Skizofrenia adalah penyakit yang berhubungan dengan gangguan mental dimana seseorang bisa berhalusinasi, cepat emosi dan lain sebagainya.

7. Meringankan Sakit kronis

Rendahnya tingkat vitamin D dapat menyebabkan sakit kepala dan migrain. Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2008 mengungkapkan bahwa 25% dari pasien dengan nyeri kronis karena kekurangan vitamin D. Alasannya adalah individu yang kekurangan vitamin D bisa menyebabkan pelebaran pembuluh darah sehingga menghasilkan rasa sakit pada kepala.

8. Mengurangi Risiko Osteoporosis

Penyebab utama osteoporosis adalah kekurangan vitamin D. Dengan mempertahankan tingkat vitamin D tubuh dapat mengurangi risiko terkena osteoporosis.

Defisiensi vitamin D sangat beresiko pada kesehatan organ vital kita yang dapat menyebabkan kematian. Oleh karena itu, penuhi segera kecukupan vitamin D sebelum terlambat.

Nah untuk mengetahui apakah kadar vitamin D kita sudah terpenuhi atau belum harus melalui tes darah. Jika Anda mengalami defisiensi Vitamin D ini maka disarankan untuk meningkatkan makanan yang kaya akan vitamin D ini seperti telur, keju susu, hati sapi, salmon, mackerel, tuna, jamur dan jus jeruk dan sereal. Kita juga mencukupinya melalui suplemen ataupun melalui bantuan sinar matahari.

Loading...