10 Gejala Kanker yang Umum Terjadi Pada Wanita


Loading...

10 Gejala Kanker yang Umum Terjadi Pada WanitaKenali dan waspadai gejala kanker sebelum terlambat karena kanker yang telah memasuki stadium akhir sangat mematikan dan peluang untuk sembuh atau hidup sangat kecil.

Ada hampir 100 jenis kanker yang berpotensi mempengaruhi dari setiap bagian tubuh kita dan pada umumnya dipengaruhi oleh kebiasaan buruk merokok, obesitas, diet yang tidak sehat dan kurangnya aktivitas fisik.

Ketika kita berbicara tentang kanker yang biasa terjadi pada wanita maka tidak terlepas dari beberapa jenis kanker yang biasa mempengaruhi wanita seperti kanker payudara, kanker leher rahim, kanker ovarium, kanker kulit, kanker paru-paru dan kanker kolorektal.

Dari beberapa jenis kankertersebut, kanker payudara merupakan jenis kanker yang paling umum dialami oleh wanita dibanding dengan jenis kanker lainnya utamanya bagi wanita yang telah berusia 40 tahun keatas.

Lebih dari 30 % dari semua jenis kanker dapat dicegah dengan imunisasi terhadap infeksi seperti HBV dan HPV dan juga dengan mengadopsi gaya hidup sehat. Deteksi dini gejala kanker juga dapat membantu dalam pengobatan dan dapat membantu menyembuhkannya.

Dengan selalu atau rutin memeriksakan diri kedokter dan sering melakukan tes seperti mammogram dan Pap smear dapat membantu dalam deteksi kanker secara dini.
Tapi kapan anda harus melakukan tes mammogram tersebut? Ya, ketika beberapa gejala kanker seperti dibawah ini anda rasakan atau anda temukan pada diri anda.

Berikut adalah 10 Gejala Kanker yang Umum Terjadi Pada Wanita dan tidak harus mengabaikannya, seperti:

1. Perubahan bentuk dan ukuran payudara
Ketika anda melihat benjolan disekitar payudara anda sebaiknya perlu anda curigai apalagi jika benjolan tersebut semakin hari kian membesar.
Beberapa perubahan payudara lain yang harus anda curigai adalah dimpling dari kulit payudara. Dengan kata lain jika kulit payudara anda menyerupai kulit jeruk maka bisa menjadi tanda adanya inflamasi kanker payudara.

Dan kanker payudara ini adalah jenis kanker yang paling agresif dan sering ditandai dengan pembengkakan payudara yang disertai warna kemerahan disekitar peradangan.

Tipe lain dari penyakit yang disebut penyakit paget atau luka terbuka dapat mengindikasikan kanker pada 95 % kasus paget yang ada. Hal ini dapat dikenali dengan gejala mengelupasnya kulit pada putting payudara. Gejala lainnya kanker payudara seperti adanya cairan susu berwarna kemerahan atau bercampur darah pada puting susu.

READ:  Tanda - Tanda Diabetes Pada Wanita

Beberapa gejala kanker payudara diatas harus segera diperiksa oleh dokter ahli dan dokter anda akan memeriksa payudara anda dan juga akan melakukan sonogram dan mammogram. Dan kemungkinan dokter anda juga akan menyarankan biopsi.

2. Perdarahan pada rektal
Jenis yang paling umum ke tiga dari kanker adalah kanker usus besar. Meskipun banyak orang sering menduga bahwa perdarahan pada dubur adalah karena penyakit wasir tapi ini tidak selamanya karena penyakit wasir.

Setiap jejak darah dalam tinja bisa menjadi tanda kanker dubur dan sangat penting untuk berkonsultasi dengan dokter jika terjadi gejala seperti ini.

3. Keputihan
Keputihan bisa menunjukkan endometrium atau gejala kanker serviks. Pada wanita yang mengalami keputihan Perempuan mereka memiliki debit bau dengan jejak darah di dalamnya juga harus mewaspaidai dan patut mencurigainya.

4. Perut kembung
Kanker ovarium adalah penyakit kanker yang paling mematikan dari semua kanker yang terjadi pada sistem reproduksi. Ada empat gejala utama yang mengindikasikan kanker ovarium seperti perut kembung, merasa kenyang, sering buang air kecil dan nyeri pada panggul atau nyeri pinggang.

Segera konsultasikan pada dokter anda jika pada diri anda mengalami dua atau lebih gejala diatas. Dokter anda mungkin menyarankan pemeriksaan panggul diikuti dengan sonogram dan tes darah.

5. Pendarahan yang tidak teratur
Wanita yang telah mengalami menopause mereka harus berhati-hati tentang perdarahanapaun, bercak dan pembekuan darah. Gejala-gejala ini bisa berfungsi sebagai indikasi kanker serviks atau endometrium.

Bercak selain siklus menstruasi dan pendarahan hebat selama periode bisa menjadi pertanda negatif bagi wanita yang menjalani menopause. Dokter anda mungkin menyarankan sonogram atau biopsy (pengambilan sampel jaringan tubuh sebagai bahan uji lab).

6. Demam
Meskipun demam dianggap penyakit biasa namau jika demam yang berlangsung selama seminggu atau lebih ini mungkin menunjukkan tanda-tanda kanker. Selalu memberitahukan dokter anda dalam kondisi tubuh yang masih dalam keadaan demam.

7. Kelelahan yang berlebihan
Kelelahan adalah gejala kanker yang paling sering terabaikan karena kelelahan merupakan hal yang umum terjadi pada tubuh kita, utamanya setelah beraktifitas yang melibatkan fisik.

READ:  Stres Dan Pengaruhnya Pada Otak

Tapi jika kelelahan itu sangat berlebihan meski tubuh belum melakukan kegiatan fisik maka hal ini bisa mengindisikan bahwa hal ini karena penyakit leukemia, lambung atau kanker usus besar.

Jika anda terus-menerus merasa lelah selama dua minggu atau lebih mungkin alangkah baiknya jika anda segera berkonsultasi dengan dokter anda mengenai kondisi yang sedang anda alami.

8. Perubahan berat badan
Pada kondisi kanker ovarium bisa menyebabkan peningkatan berat badan secara terus menerus hal ini disebabkan karena akumulasi cairan di perut. Jika anda mendapatkan berat badan setiap bulanannya meski anda sudah melalukan diett yang sehat maka disarankan ke dokter dengan segera.

Selain itu, jika anda kehilangan berat badan maksimal 10 kilogram perbulannya tanpa anda ketahui penyebabnya, makahal ini bisa menjadi tanda dari kanker paru-paru, lambung, kerongkongan ataupun karena kanker pankreas.

9. Perubahan kulit
Kulit yang teriritasi atau luka di sekitar vagina tidak boleh diabaikan. Jika anda mengalami luka di sekitar mulut anda yang tidak kunjung sembuh, sebaiknya konsultasikan dengan dokter anda segera untuk memastikan kondisi kesehatan anda.

10. Nyeri perut atau panggul
Jika anda mengalami nyeri perut atau panggul yang terus menerus selama dua minggu atau lebih maka disarankan untuk segera berkonsultasi dengan dokter anda.

Jika anda berada di atas 40 maka mammogram disarankan untuk anda bersama dengan pemeriksaan kesehatan secara berkala. Jika usia anda berada di atas 50 tahun maka kolonoskopi dianjurkan secara rutin.

Kenali dan waspadai gejala kanker sebelum terlambat karena kanker yang telah memasuki stadium akhir sangat mematikan dan peluang untuk sembuh atau hidup sangat kecil.

Dan dengan melihat 10 Gejala Kanker Yang Umum Terjadi Pada Wanita diatas semoga bisa menjadi informasi yang baik untuk mencegah secara dini jika gejala diatas benar-benar gejala kanker.

Loading...