Makanan Pilihan untuk Mengatasi Vagina Kering


Loading...

Makanan Pilihan untuk Mengatasi Vagina KeringMembahas mengenai makanan pilihan untuk mengatasi vagina kering tidak terlepas dari beberapa jenis makanan yang mengandung kadar estrogen tinggi atau setidaknya memiliki sifat yang menyerupai kinerja estrogen.

Keluhan mengenai vagina kering ini umumnya hadir pada kaum perempuan setelah melahirkan atau selama menjalani masa menopause. Seperti kita ketahui pula bahwa saat menopause, kaum perempuan biasanya mengalami penurunan kadar estrogen yang cukup signifikan.

Gangguan pada organ intim seperti vagina kering ini tentunya sangat mengganggu dalam hal kenyamanan dalam berhubungan badan dengan pasangan. Kaum perempuan yang mengalami vagina kering ini merasa kesakitan dan kurang menikmatinya.

Hal lain yang cukup menghawatirkan hati kaum perempuan yang mengalami vagina kering pada organ intimnya yaitu karena kehilangan elastisitas vagina yang pada akhirnya akan mengecewakan pasangan.

Sementara untuk mengatasi vagina kering ini, kebanyakan dokter meresepkan krim topikal dan obat pelumas khusus untuk membantu melumasi vagina. Tapi selain resep dari dokter tersebut berikut adalah beberapa makanan yang dapat meningkatkan pelumasan vagina.

Makanan Pilihan untuk Mengatasi Vagina Kering

Asam Lemak Esensial

Beberapa sumber makanan yang terbaik untuk kesehatan organ intim wanita seperti makanan sereal, kacang-kacangan, biji rami, minyak wijen, minyak zaitun dan beberapa sumber makanan lainnya yang diperkaya dengan asam lemak omega 3.

READ:  Pengobatan Bau Badan Berdasarkan Penyebabnya

Beberapa jenis makanan diatas juga diperkaya dengan tocopherol yang berfungsi untuk menjaga kelenturan dan ke elastisan vagina, meningkatkan pelumasan vagina serta dapat menyehatkan kulit secara keseluruhan.

Biji Kedelai
Kedelai merupakan jenis polong-polongandengan nama ilmiahnya Glycine max ini memiliki biji yang terkadang disebut juga dengan kacang kedelai karena bentuknya mirip kacang.

Biji kedelai bisa kita konsumsi sebagai bahan sayuran juga dapat kita temukan dalam bentuk makan dan minuman olahan.
Kandungan biji kedelai berupa isoflavon yang fungsinya menyerupai estrogen sehingga isoflavon ini sering di istilahkan dengan estrogen sintetis.

Dengan kata lain bahwa jika ingin menjaga kesehatan organ intim dan meningkatkan gairah berintim sebaiknya dengan selalu mengkonsumsi kacang kedelai ini baik dalam bentuk kecambahnya, minuman olahan maupun dengan dengan jenis makanan olahan lainnya.

Biji rami

Salah satu cara mengatasi vagina kering melalui diet yaitu dengan memasukkan biji rami dalam diet anda karena biji rami ini bersifat estrogenic.
Sifat estrogenic pada biji rami tidak lain karena kandungan lignan yang ada dalam biji rami ini. Manfaat sering mengkonsumsi biji rami ini sendiri seperti mengatasi vagina kering, keringat malam yang berlebihan dan sensasi panas pada tubuh karena perubahan hormone saat menjelang menopause.

READ:  Pilihan Pengobatan Untuk Kerusakan Hati

Buah Apel
Buah apel merupakan buah yang dapat meningkatkan pelumasan pada vagina yang kering. Kemampuan buah apel dalam melubrikasi vagina tidak lain karena senyawa kimia fitoestrogen yang terkandung didalamnya.

Bahkan dengan sering mengkonsumsi buah apel juga dipercaya mampu mengurangi rasa nyeri pada vagina utamanya saat menjelang menstruasi.

Jadi untuk mengatasi vagina kering bisa ditempuh dengan dengan diet yang tepat. Kurangnya pelumasan pada vagina ini pada umumnya disebabkan karena penurunan kadar estrogen secara signifikan yang biasanya terjadi disaat menjelang menopause atau setelah beberapa kali melakukan persalinan.

Loading...