Cara Alami Mengatasi Gangguan Asam Lambung Saat Berpuasa


Loading...

Asam Lambung Saat BerpuasaRefluks asam lambung atau yang dikenal dengan Refluks Gastro Esofageal adalah suatu kondisi dimana asam lambung bergerak naik ke kerongkongan yang menyebabkan mulas dan sejumlah gejala lain yang dapat menyebabkan ketidaknyamanan.

Kondisi ini sering dialami terutama ketika perut dalam keadaan kosong seperti disaat menjalankan ibadah puasa dibulan ramadhan.

Tapi bagi anda yang berencana ingin memantapkan ibadah puasa anda nantinya maka sebaiknya mulai saat ini anda harus melakukan perubahan gaya hidup, perubahan pola makan dan menggunakan solusi alami untuk mempercepat kesembuhan dari gangguan kenaikan asam lambung anda.

Cara Alami Mengatasi Gangguan Asam Lambung Saat Berpuasa

Seperti disebutkan di atas, perubahan gaya hidup dan diet dapat sangat efektif dalam menanggulangi penyakit refluks asam lambung.

Seiring dengan perubahan ini, anda juga dapat mencoba beberapa cara alami untuk mengobati refluks asam lambung seperti dibawah ini:

Tanaman lidah buaya

Tanaman lidah buaya adalah ramuan populer yang digunakan sebagai obat untuk berbagai masalah kesehatan, termasuk dalam hal ini adalah tanaman lidah buaya.

READ:  Cara Menangani Nyeri Tulang Belakang

Anda bisa memanfaatkan lendir lidah buaya ini atau dalam bentuk jus dalam pengobatan internal. Hal ini biasanya diminum sebelum sarapan sehingga dapat menenangkan esofagus.

Cuka sari apel

Obat alami lainnya adalah cuka sari apel yang dapat diambil (satu sendok makan) sebelum makan atau sehabis makan. Caranya adalah ambil cuka sari apel lalu diencerkan dengan segelas air.

Cuka sari apel ini diyakini mampu menetralkan asam lambung, sehingga menghilangkan gejala-gejala refluks asam lambung.

Jahe

Jahe merupakan salah satu jenis tanaman yang sering dimanfaatkan sebagai ramuan herbal alami, utamnya dalam mengatasi perut kembung karena masuk angin ataupun untuk mengatasi gangguan pencernaan serta refluks asam lambung.

Anda dapat menggunakan jahe dalam bentuk teh atau kapsul jahe yang sudah banyak tersedia ditoko obat tradisional.

Obat alami lainnya

Beberapa obat alami untuk mengatasi refluks asam lambung lainnya termasuk buah-buahan, seperti, apel, nanas, pepaya dan pisang. Bahkan sayuran seperti wortel dan kubis juga dipercaya sangat bermanfaat untuk menyatasi refluks asam lambung.

READ:  Penyebab dan Pengobatan Costochondritis

Jadi jika anda nantinya bangun makan sahur maka usahakan beberapa buah dan jenis sayuran diatas anda konsumsi sebelum menjalankan ibadah puasa anda.

Selain itu melakukan perubahan gaya hidup seperti makan sebelum lapar dan berhenti sebelum kenyang adalah cara tepat untuk mempercepat gangguan asam lambung anda.

Dan selama dalam tahap pengobatan refluks asam lambung anda, cobalah untuk menghindari makan pedas, gorengan dan junk food. Mengkonsumsi makanan, setidaknya dua jam sebelum waktu tidur serta hindari merokok dan konsumsi alkohol.

Selain itu jika refluks asam lambung anda sudah parah, anda harus berkonsultasi dengan dokter anda untuk mengetahui apakah ada kondisi lain yang mendasarinya sehingga memerlukan pengobatan.

Loading...