Tanda – Tanda Diabetes Pada Wanita


Loading...

Tanda - Tanda Diabetes Pada WanitaMeskipun gejala diabetes pada umumnya sama yaitu sering kehausan lalu di iringi dengan keseringan buang air kecil, akan  tetapi ada beberapa gejala khas sebagai tanda-tanda diabetes pada wanita.

Tapi sebelum mengetahui lebih mendalam mengenai tanda-tanda diabetes pada wanita, kita sebagai wanita perlu memahami konsep masalah kesehatan secara menyeluruh.

Diabetes merupakan gangguan metabolisme di mana tubuh memiliki tingkat gula darah yang cukup tinggi jauh di atas normal yang mengindikasikan bahwa tubuh memiliki masalah untuk mengubah makanan menjadi energi.

Ketika orang mengkonsumsi makanan, makanan akan dipecah menjadi glukosa dan kemudian dibawa ke sel-sel tubuh. Dengan bantuan insulin, tubuh akan mengubah glukosa menjadi energi.

Tapi ketika kadar glukosa sangat tinggi ini juga turut mengindikasikan bahwa tubuh tidak dapat memproduksi insulin yang cukup untuk menangani masalah atau tubuh tidak memproduksi cukup insulin sehingga tubuh tidak mampu mengubah glukosa menjadi energi.

Ketika berbicara tentang diabetes, berarti kita dihadapkan pada saah satu dari tiga jenis diabetes yang sering dialami oleh wanita yaitu diabetes tipe 1, diabetes tipe 2 dan diabetes gestational.

Dan masing-masing jenis diabetes diatas memiliki karakteristik mereka sendiri, baik dari sudut pandang penyebabnya, gejalanya dan efeknya dalam jangka panjang.

• Diabetes Tipe 1

Diabetes sering terjadi pada anak-anak dan biasanya didapatkan selama awal kehidupan mereka. Penyebab utama dari diabetes tipe 1 pada anak-anak biasanya karena faktor genetika.

READ:  Risiko dan Bahaya Transplantasi Hati

Diabetes Tipe 1 Tipe ini biasanya pasien sangat bergantung pada insulin yang diberikan karena sistem kekebalan alami tubuh telah menghancurkan sel-sel beta di pankreas tubuh yang bertanggung jawab untuk memproduksi insulin.

• Diabetes Tipe 2

Diabetes adalah diabetes yang biasanya terjadi pada orang dewasa atau orang-orang paruh baya. Gangguan ini terjadi karena gaya hidup yang salah, seperti makanan yang mereka konsumsi, gaya hidup yang tidak sehat, merokok, pengaruh alkohol dan sebagainya.

Pasien diabetes tipe 2 biasanya memiliki riwayat diabetes dalam keluarga merek, tetapi penyebab paling utamanya adalah karena gaya hidup yang tidak sehat.

Orang dengan berat badan yang berlebihan, pola makan yang buruk dan tekanan darah tinggi sangat rentan terhadap penyakit ini.

• Diabetes gestasional

Diabetes gestasional biasanya juga disebut sebagai intoleransi karbohidrat yang terjadi selama kehamilan. Hal ini sebagian besar terjadi karena perubahan hormonal tubuh yang menyebabkan perubahan dalam fungsi organ tubuh tertentu.

Meskipun jenis diabetes gestasional dapat menghilang setelah perempuan tersebut menjalani proses persalinan tapi terkadang juga tetap menetap pada seorang ibu setelah melahirkan.

Pada kondisi diabetes gestasional yang tidak diobati akan menyebabkan kerusakan dan masalah kesehatan lebih lanjut. Dan pada bayi mereka sangat rentan terhadap obesitas dan juga risiko diabetes di kemudian hari.

Nah setelah sedikit menyinggung mengenai penyakit diabetes diatas, maka kita akan membahas secara spesifik mengenai tanda-tanda diabetes pada wanita.

Penurunan berat badan

READ:  Penyebab Kaki Bengkak dan Menghitam Pada Lansia

Wanita dengan kondisi diabetes akan mengalami penurunan berat badan yang tidak direncanakan. Dan hal ini terjadi karena tubuh tidak dapat memproses dan tidak bisa menangani semua kalori dan glukosa dalam tubuh.

Sering buang air kecil

Wanita yang diabetes juga akan sering buang air kecil dari biasanya. Hal ini terjadi karena tubuh sedang mencoba untuk menyingkirkan tingkat gula berlebihan melalui urin. Namun karena mereka sering buang air kecil maka kemungkinan besar mereka akan mengalami dehidrasi sehingga sering merasa kehausan.

Infeksi Kulit

Wanita yang diabetes juga sangat rentan mengalami infeksi pada kulit mereka dan juga akan menderita jamur pada vagina mereka ketika mengereka mengalami infeksi pada saluran kemih.

Nyeri saat berhubungan seks

Tanda-tanda lain dari diabetes pada wanita adalah nyeri selama berhubungan seksual. Hal ini terjadi karena vagina sangat sensitif terhadap tekanan, gesekan dan juga karena vagina kekurangan lubrikasi.

Dan untuk memastikan secara pasti akan kondisi kesehatan mereka, maka disarankan untuk mengkonsultasikan hal ini pada dokter mereka ketika mereka mengalami beberapa gejala diabetes diatas.

Loading...