Penyebab Tratak Pada Wajah


Loading...

Penyebab Tratak Pada WajahBintik-bintik putih pada wajah alias tratak wajah perlu dihilangkan karena tidak hanya mengganggu penampilan kulit tetapi juga merupakan gangguan kulit yang disebabkan oleh kondisi medis tertentu.

Tratak wajah ini sebenarnya tidak hanya hadir pada kulit wajh saja, tetapi juga bisa hadir pada leher, tangan atau bagian kulit lainnya.

Tratak wajah ini adalah kondisi dermatologi karena kurangnya pigmen melanin di daerah kulit yang terkena. Kondisi medis yang terkait dengan perubahan warna kulit ini termasuk vitiligo, pitiriasis alba, idiopatik hypomelanosis guttate, panu, dan nevus depigmentosus.

Kesehatan kulit seseorang sangat terkait dengan kecukupan hidrasi tubuh, sirkulasi darah dan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Sementara itu, perubahan warna kulit ini sangat tergantung pada jumlah melanin yang dikeluarkan oleh melanosit dalam epidermis.

Perubahan warna kulit berupa tratak ini baik bintik-bintik gelap ataupun bintik-bintik putih ini dipengaruhi oleh melanin kulit.

Baik bintik-bintik gelap (hiperpigmentasi) terjadi ketika adanya produksi melanin secara berlebihan.

Demikian pula sebaliknya mengenai kejadian bintik-bintik putih pada wajah yang terjadi ketika kurang memadainya melanin yang diproduksi melanosit.

READ:  Penyebab kulit kering dan cara menanggulanginya

Sebenarnya membahas mengenai penyebab tratak pada wajah sangat erat kaitannya dengan genetik, penyakit autoimun, efek samping steroid (atau obat kuat lainnya), atau karena pasca inflamasi.

Dan berikut ini adalah beberapa penyebab tratak pada wajah.

Pityriasis Alba

Penyebab utama dari tratak pada wajah baik pada kaum remaja dan anak-anak adalah pitiriasis alba. Orang-orang yang menderita pitiriasis alba akan menemukan kulit mereka mengalami bercak putih kulit pada wajah, leher, tangan dan kaki.

Bintik-bintik kulit ini biasanya memiliki teksturnya yang kasar dengan sisik yang halus. Gejala biasanya diperburuk selama bulan-bulan ketika memasuki musim penghujan dan cuaca dingin.

Vitiligo

Vitiligo dapat menjadi penyebab untuk pengembangan bintik-bintik kulit putih setelah terpapar sinar matahari.

Pada pasien dengan penyakit vitiligo, tubuh akan menghasilkan antibodi yang melawan dan menghancurkan melanosit sehingga menyebabkan tratak pada kulit.

Beberapa penyebab lain dari tratak wajah ini seperti infeksi jamur, depigmentosus nevus dan sebagainya.

Loading...