Penyebab Rambut Rontok pada Anak

 

Penyebab Rambut Rontok pada AnakRambut rontok adalah masalah umum semua orang namun jika rambut rontok terjadi pada anak-anak tentu hal ini merupakan yang lebih serius.

Jika anak anda kehilangan rambut tanpa alasan maka sebagai orang tua sebaiknya harus segera mencari tahu apa akar permasalahannya. Dan pastinya masalah rambut rontok perlu segera diobati.

Penyebab Rambut Rontok Pada Anak-Anak

Pada bayi yang baru lahir kebanyakan dari mereka kehilangan rambut selama beberapa bulan pertama dalam kehidupan mereka. Setelah itu akan tumbuh rambut yang permanen.

Namun pada kondisi tertentu baik karena faktor non medis maupun karena faktor medis, rambut bisa rontok secara berlebihan.

Dan dibawah kita bisa melihat beberapa kemungkinan penyebab rambut rontok anak baik karena faktor medis dan non medis.

Penyebab Non Medis Rambut Rontok pada Anak:

• Pengaruh bahan kimia dari shampo yang salah
• Pernah menderita panas tinggi
• Pengaruh kepang rambut yang ketat
• Pengaruh menjepit rambut yang ketat
• Pengaruh menyisir rambut yang masih basah

Penyebab Medis Rambut Rontok pada Anak:

• Ketidakseimbangan nutrisi / Defisiensi

Pada anak-anak, rambut rontok biasanya disebabkan karena kekurangan atau kelebihan jumlah nutrisi tertentu dalam diet sehari-hari mereka. Kekurangan vitamin H ataupun biotin (Vitamin B kompleks) dapat menyebabkan rambut rontok.

Biotin membantu metabolisme karbohidrat menjadi energi glukosa. Kekurangan Zinc yang merupakan mineral penting yang membantu dalam metabolisme sel serta diet yang kelebihan vitamin A juga dapat menyebabkan rambut berguguran.

• Tinea capitis (kurap kepala)

Kurap pada kulit kepala adalah jenis infeksi jamur yang menyebabkan kulit kepala bersisik dan gatal sehingga jika sering digaruk maka akan melemahkan akar rambut yang pada akhirnya menyebabkan rambut rontok.

Untuk pengobatan kurap pada kulit kepala ini dokter anak biasanya meresepkan pengobatan obat topikal antijamur maupun penggunaan sampo antijamur.

• Masalah endokrin

Rambut rontok juga bisa disebabkan karena hipotiroidisme, suatu kondisi di mana tiroid kurang aktif dan menyebabkan kekurangan jumlah hormon yang sedianya untuk mengatur metabolisme. Untuk pengobatan, penting untuk berkonsultasi dengan dokter anak dan dokter kulit.

• Alopecia areata

Alopecia areata adalah kondisi dimana sistem kekebalan tubuh merusak folikel rambut yang sebagai hasil akhirnya adalah rambut akan rontok.

• Telogen effluvium

Telogen effluvium adalah suatu kondisi terganggunya siklus pertumbuhan rambut secara normal karea pengaruh stres. Hal ini juga kemungkinan disebabkan karena beberapa faktor seperti cedera parah, demam yang sangat tinggi, kematian orang yang dicintai, operasi dengan anestesi umum, pengaruh obat-obatan, dll.

Hal-hal diatas menyebabkan pertumbuhan folikel rambut berhenti terlalu dini. Pada hal dalam kondisi normal, ketika rambut memasuki fase istirahat bukannya menyebabkan hilangnya rambut yang berlebihan, sebagian atau kebotakan total.

Kondisi Telogen effluvium tidak dapat diobati namun dengan menghindari penyebabnya pertumbuhan rambut akan kembali normal. Hanya saja membutuhkan jangka waktu sekitar enam bulan sampai satu tahun.

Nah demikianlah uraian singkat mengenai kemungkinan penyebab rambut rontok pada anak diatas semoga menjadi suatu informasi yang bermanfaat bagi kita semua.

 
 

TOPIK TERBARU:

nyeri dalam perut saat berhubungan intim, Cara menumbuhkan gigi gingsul di usia 16 tahun, vaselin buat menghilangkan flek hitam, Apa itu Myalgia, dosis mengkonsumsi kunyit, maksud anacepali, germinoma adalah, Cara menghilangkan getah kayu kruing, Tulang pubis, bawang putih obat ganglion, Bibir bawah terbelah, cara membersihkan lubang hidung murai batu, mengatasi telinga kelinci turun sebelah, cara menumbuhkan gigi gingsul di usia remaja, cara mengobati ganglion dengan bawang merah