Mengenal Jenis-Jenis Kutil


Loading...

Mengenal Jenis-Jenis KutilKutil adalah benjolan kecil pada permukaan kulit yang memiliki tekstur kasar menyerupai kembang kol dan umumnya sering muncul bagian tangan bahkan pada alat kelamin.

Penyebab pertumbuhan kutil sendiri biasanya disebabkan oleh human papillomavirus (HPV) sehingga kutil ini termasuk penyakit kulit yang menular.

Dalam dunia kedokterannya, jenis kutil sangat banyak yaitu sekitar enam puluh lebih jenis kutil yang telah ditemukan pada kulit manusia.

Pertumbuhan kutil diarea kulit yang terbuka memang sangat memalukan tapi jika kutil tumbuh didaerah genital tentu lebih memalukan lagi. Meskipun pertumbuhan kutil sendiri dapat menghilang dengan sendirinya tanpa pengobatan, namun terkadang dapat bertahan untuk waktu yang lama bahkan bertahun-tahun jika tidak ditangani dengan baik.

Dan perlu diketahui pula bahwa salah satu jenis kutil yang paling menular diantara jenis kutil yang ada adalah kutil kelamin.

Jika anda ingin mengetahui jenis-jenis kutil yang umum terlihat pada kulit manusia dapat anda lihat seperti dibawah ini:

Kutil Biasa

Kutil biasa atau kutil umum dikenal dengan verruca vulgaris. Jenis kutil ini umumnya muncul pada tangan, jari, dan lutut pada pada anak-anak.

READ:  Cara Ampuh Mengobati Kutil Di Wajah

Kutil datar
Sesuai dengan namanya, kutil ini memiliki permukaan yang rata dan halus. Warna kutil ini biasanya terang atau gelap dan sebagian besar terjadi pada lutut, tangan, leher dan wajah.

Kutil Plantar atau Verrucas

Kutil ini biasanya hanya muncul pada telapak kaki, tumit dan jari-jari kaki dan rasanya sangat menyakitkan. Jika kita melihatnya dengan cermat kita bisa melihat warna kecil kemerahan , coklat, atau bintik-bintik hitam pada bagian tengahnya dan berwarna putih dibagian luarnya.

Karena kutil ini disebabkan oleh virus HPV maka untuk menghilangkannya sangat sulit dan tidak ada jaminan bahwa mereka tumbuh kembali.

Kutil kelamin

Kutil kelamin atau kutil yang tumbuh disekitar kelamin atau kutil anogenital. Jika kutil ini hadir disekitar anus maka disebut sebagai kutil anal. Seperti halnya dengan kutil plantar, kutil kelamin juga disebabkan oleh HPV yang biasanya ditularkan melalui hubungan seksual. Dan parahnya lagi karena dapat menyebabkan kanker serviks pada wanita.

Kutil mosaik

Kutil ini tumbuh di telapak kaki bahkan juga bisa tumbuh di tangan ataupun area tubuh lainnya. Kutil ini tumbuhnya berkelompok. Jenis kutil mosaik ini dianggap tumor jinak. Kutil mosaik dapat menghilang tanpa pengobatan, meskipun banyak orang mencari bantuan medis karena kondisi dapat menyebabkan rasa sakit dan ketidaknyamanan, terutama jika kutil terus menyebar.

READ:  Manfaat Clindamycin untuk Jerawat

Demikianlah beberapa jenis kutil yang sering tumbuh pada kulit diatas dan kebanyakan dari mereka disebabkan oleh virus HPV yang tentunya bisa menular.

Loading...