Mengenal Gejala Trikomoniasis


Loading...

Mengenal Gejala TrikomoniasisMungkin anda sudah sering mendengar mengenai trikomoniasis namun jika anda ingin mengetahui lebih jauh tentang trikomoniasis yang sering menjadi keprihatinan sebagian orang diluar sana, maka anda bisa mengetahuinya melalui pembahasan berikut ini.

Trikomoniasis adalah salah satu jenis penyakit menular seksual yang tidak hanya mempengaruhi bagian intim wanita saja tetapi juga bisa mempengaruhi sistem reproduksi pria.

Trikomoniasis disebabkan oleh parasit protozoa yang disebut Trichomonas vaginalis yang menjadi biang infeksi vagina dan infeksi uretra pada pria.

Trichomoniasis sendiri melalui kontak seksual dari penderita. Artinya bahwa penderitanya bisa tertular dari pasangannya yang telah terinfeksi sebelumnya. Jadi jika ingin terhindar dari Trikomoniasis seorang pria sebaiknya menggunakan kondom saat berhubungan intim.

Dan perlu diketahui pula bahwa Trikomoniasis bisa bertahan hidup pada objek yang terinfeksi seperti seprai, handuk dan pakaian dimana jika bersentuhan dengan dengan beberapa objek tersebut, anda bisa tertular oleh parasit ini.

Trikomoniasis ini memiliki masa inkubasi sekitar 3-28 hari untuk berkembang setelah muncul gejala awal.

READ:  4 Cara Alami Atasi Migraine

Gejala umum trikomoniasis sendiri memilki gejala yang tidak sama persis antara pria dengan wanita.

Gejala trikomoniasis pada wanita seperti :

• Gatal kelamin dan / atau pembakaran
• Vagina atau vulva kemerahan
• Keputihan berwarna kuning-hijau berbusa dengan bau yang menyengat
• Sering dan atau nyeri saat buang air kecil
• Ketidaknyamanan selama hubungan seksual
• Nyeri perut

Gejala trikomoniasis pada laki-laki meliputi:

• nyeri buang air kecil
• Sensasi terbakar setelah ejakulasi
• Kesemutan di dalam penis.

Karena gejala diatas mirip dengan gejala penyakit umum lainnya maka untuk memastikan apakah gejala yang hadir adalah gejala trikomoniasis maka diperlukan pengujian yang dilakukan oleh ahli medis.

Seorang ahli medis akan mengambil urin dari uretra laki-laki atau dari vagina betina dan akan diteliti dibawah mikroskop untuk melihat apakah trikomoniasisemenjadi penyebab gejala atau bukan.

Demikianlah uraian singkat mengenai apa itu trikomoniasis, bagaimana mereka menular serta gejala yang biasanya timbul jika mereka sedang menginfeksi penderitanya.

Loading...