Waspadai Serangan Demam Berdarah dengue Pada Ibu Hamil


Loading...

Waspadai Serangan demam berdarah dengue Pada Ibu HamilDemam dengue (DD) dan demam berdarah dengue (DBD) disebabkan oleh virus dengue yang ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti. Demam berdarah dengue merupakan penyakut yang ditularkan melalui gigita nyamuk,.Setiap orang yang tergigit oleh nyamuk Aedes aegypti dapat beresiko terkena penyakit demam berdarah, termasuk ibu hamil dan lebih parangnya dapat mengakibatkan seorang meninggal.

Sebenarnya tidak ada obat untuk DBD, yang dilakukan hanyalah meredakan gejala yang timbul dan mencegah terjadinya syok. Jika DD bisa terkontrol, umumnya tidak berbahaya bagi kehamilan mama.

Virus dengue tidak akan menyebabkan kecacatan pada janin. Yang penting dilakukan adalah mencegah dehidrasi, bila dirawat di rumah sakit biasanya akan diberikan penambahan cairan lewat infus. Intinya jangan sampai terlambat menangani demam dengue, segera periksa ke dokter jika mama tiba-tiba demam tinggi dan nyeri sendi.

Soalnya jika terlambat ditangani dan sudah sampai tahap demam berdarah, janin bisa meninggal, sedangkan jika mama sudah mendekati masa akhir kehamilan, penurunan trombosit bisa menyebabkan perdarahan saat persalinan.

READ:  Kemungkinan Penyebab Nyeri Payudara Sebelah Kiri

Jika seseorang yang sedang hamil terkena demam berdarah, maka terdapat beberapa kemungkinan komplikasi yang dapat terjadi, diantaranya :
– Bayi lahir prematur
– Bayi lahir dengan berat badan rendah untuk usianya
– Resiko untuk melahirkan dengan operasi cesar meningkat
– Preeklampsia – darah tinggi pada kehamilan
– Jika ibu menderita demam berdarah dengue pada saat melahirkan, maka sang anak beresiko untuk menderita dengue dalam 2 minggu pertama usianya

Jika Anda merasa curiga bahwa Anda meniliki gejala dengue, terutama saat sedang hamil, maka sebaiknya Anda segera periksakan diri Anda ke dokter. Dokter akan menanyakan lebih lanjut mengenai riwayat penyakit yang Anda alami, melakukan pemeriksaan fisik secara langsung, dan akan melakukan pemeriksaan medis penunjang, yaitu dengan pemeriksaan lab darah.

Baeriku merupakan beberapa gejala demam berdarah dengue :
– demam tinggi mendadak
– nyeri kepala
– sakit di belakang bola mata
– nyeri otot dan sendi
– bintik-bintik merah pada badan
– perdarahan dari hidung, gusi
– sakit pada ulut hati dan mual muntah

READ:  Cara menghitung masa ovulasi agar cepat hamil

Untuk mencegah terjadinya infeksi demam berdarah dengue, berikut merupakan beberapa hal yang dapat Anda lakukan :
– Mengenakan lotion anti nyamuk
– Mengenakan pakaian yang melindungi kulit dari gigitan nyamuk
– Membasmi nyamuk di sekitar rumah, contohnya dengan fogging / penyemprotan demam berdarah
– Membersihkan, membalik, menutup benda-benda di sekitar rumah yang dapat menjadi sarang nyamuk

Loading...