Konsultasi Masalah Arteriosclerosis yang Cukup Berbahaya

 

Konsultasi Masalah Arteriosclerosis yang Cukup BerbahayaArteriosclerosis terjadi ketika pembuluh darah yang membawa oksigen dan nutrisi dari hati Anda ke seluruh tubuh (arteri) menjadi tebal dan kaku terkadang membatasi aliran darah ke organ-organ dan jaringan. Arteri yang sehat fleksibel dan elastis, tapi seiring waktu, dinding di arteri Anda bisa mengeras, kondisi biasa disebut pengerasan arteri.

Aterosklerosis adalah jenis tertentu dari arteriosclerosis, tetapi istilah ini kadang-kadang digunakan secara bergantian. Aterosklerosis mengacu pada penumpukan lemak, kolesterol dan zat lain di dalam dan di dinding arteri Anda (plak), yang dapat membatasi aliran darah.

Plak ini dapat meledak, memicu bekuan darah. Meskipun aterosklerosis seringkali dianggap sebagai masalah jantung, hal itu dapat mempengaruhi arteri di mana saja di tubuh Anda. Aterosklerosis biasanya dapat dicegah dan diobati.

Gejala
Aterosklerosis berkembang secara bertahap. Aterosklerosis ringan biasanya tidak memiliki gejala apapun. Anda biasanya tidak akan memiliki gejala aterosklerosis sampai arteri yang menyempit atau tersumbat sehingga tidak dapat menyediakan darah yang cukup untuk organ-organ dan jaringan. Kadang-kadang aliran darah gumpalan darah benar-benar blok, atau bahkan istirahat terpisah dan dapat memicu serangan jantung atau stroke.

Gejala sedang sampai parah aterosklerosis tergantung pada yang arteri yang terpengaruh. Sebagai contoh:
– Jika Anda memiliki aterosklerosis pada arteri jantung Anda, Anda mungkin memiliki gejala, seperti nyeri dada atau tekanan (angina).

– Jika Anda memiliki aterosklerosis pada arteri yang menuju ke otak Anda, Anda mungkin memiliki tanda dan gejala seperti mati rasa tiba-tiba atau kelemahan pada lengan atau kaki, kesulitan berbicara atau bicara cadel, atau otot terlihat di wajah Anda. Ini sinyal transient ischemic attack (TIA), yang, jika tidak diobati, dapat berkembang menjadi stroke.

– Jika Anda memiliki aterosklerosis pada arteri di lengan dan kaki, Anda mungkin memiliki gejala penyakit arteri perifer, seperti nyeri kaki saat berjalan (klaudikasio intermiten).

– Jika Anda memiliki aterosklerosis pada arteri yang mengarah ke ginjal Anda, Anda mengalami tekanan darah tinggi atau gagal ginjal.

– Jika Anda memiliki aterosklerosis pada arteri yang mengarah ke alat kelamin Anda, Anda mungkin memiliki kesulitan berhubungan seks. Kadang-kadang, aterosklerosis dapat menyebabkan disfungsi ereksi pada pria. Pada wanita, tekanan darah tinggi dapat mengurangi aliran darah ke vagina, membuat seks kurang menyenangkan.

Ketika ke dokter
Ketika Anda kedokter tanyakan masalah yang sering Anda alami seperti nyeri pada dada (angina), nyeri kaki atau mati rasa. Diagnosis dan pengobatan dini dapat menghentikan aterosklerosis dari memburuknya dan mencegah serangan jantung, stroke atau darurat medis lain.

Penyebab
Aterosklerosis adalah lambat, penyakit progresif yang dapat dimulai sedini masa kanak-kanak. Meskipun penyebab pasti tidak diketahui, aterosklerosis mungkin mulai dengan kerusakan atau cedera pada lapisan dalam arteri.

Kerusakan dapat disebabkan oleh:
– Tekanan darah tinggi
– Kolesterol tinggi, sering dari mendapatkan terlalu banyak kolesterol atau lemak jenuh dalam diet Anda
– Trigliserida tinggi, sejenis lemak (lipid) dalam darah Anda
– Merokok dan sumber-sumber lain dari tembakau
– Diabetes
– Peradangan dari penyakit, seperti radang sendi, lupus atau infeksi, atau peradangan dari penyebab yang tidak diketahui

Setelah dinding dalam arteri rusak, sel-sel darah dan zat-zat lain sering perdu di lokasi cedera dan membangun di lapisan dalam arteri. Seiring waktu, deposito lemak (plak) yang terbuat dari kolesterol dan produk seluler lainnya juga membangun di lokasi cedera dan mengeras, penyempitan arteri Anda. Organ dan jaringan yang terhubung ke arteri yang tersumbat maka tidak menerima cukup darah untuk berfungsi dengan baik.

Akhirnya potongan deposit lemak bisa pecah dan masuk ke dalam aliran darah Anda. Selain itu, lapisan halus plak mungkin pecah, menumpahkan kolesterol dan zat lainnya ke dalam aliran darah Anda. Hal ini dapat menyebabkan gumpalan darah, yang dapat memblokir aliran darah ke bagian tertentu dari tubuh Anda, seperti yang terjadi ketika aliran darah ke jantung tersumbat Anda menyebabkan serangan jantung. Bekuan darah juga dapat mengalir ke bagian lain dari tubuh Anda, memblokir aliran ke organ lain.

 
 

TOPIK TERBARU:

urat nampak didahi, langit2 mulut kedutan, Cara ampuh meng hilangkn kutil pd wajah dan bintik hitam secara alami, manfaat kemiri nanas lobak, kedutan di selangkangan sebelah kiri, cara mengecilkan lingkar kepala, Tulang pubis, bawang putih obat ganglion, Bibir bawah terbelah, cara membersihkan lubang hidung murai batu, mengatasi telinga kelinci turun sebelah, cara menumbuhkan gigi gingsul di usia remaja, cara mengobati ganglion dengan bawang merah, urat hitam di perut kenari, Cara menumbuhkan tahi lalat