Definisi Kardiomegali Menurut Ilmu Kedokteran

 

Definisi Kardiomegali Menurut Ilmu KedokteranDefinisi Kardiomegali atau pembesaran jantung dalam ilmu kedokterannya adalah suatu kondisi jantung yang menyebabkan jantung menjadi lebih besar dari ukuran normalnya sebagai akibat dari penyakit jantung.

Kardiomegali sendiri sering dikaitkan dengan gangguan medis seperti tekanan darah tinggi, gagal jantung kongestif dan anemia jangka panjang, penyakit Jaringan Ikat dan lain sebagainya.

Gejala Kardiomegali (Pembesaran Jantung)
Beberapa orang dengan Kardiomegali biasanya asimtomatik atau mereka tidak menderita gejala apapun. Namun, kebanyakan orang yang menderita Kardiomegali ditandai gejala seperti kesulitan pernapas, sesak napas dan pusing.

Dalam beberapa kasus, penderita mungkin tiba-tiba menderita aritmia jantung atau kontraksi otot jantung yang abnormal. Beberapa tanda-tanda lainnya termasuk batuk terus-menerus dan mengalami peradangan pada tungkai bawah.

Dan untuk mendiagnosis Kardiomegali ini biasanya melibatkan serangkaian tes medis seperti penggunaan sinar-X, Magnetic Resonance Imaging (MRI), komputerisasi Tomography (CT) Scan dan pemeriksaan darah.

Pemeriksaan melalui tes darah bertujuan untuk menilai tingkat hemoglobin dan memeriksa trombosit dan sel darah. Pencitraan membantu menilai kondisi jantung. Tes elektrokardiogram juga dapat dilakukan untuk memeriksa impuls listrik di jantung.

Pengobatan untuk kardiomegali ini bertujuan mengobati kondisi yang mendasari di balik penyakit dan mengurangi tekanan berlebihan pada otot jantung.

Jika Kardiomegali disebabkan oleh tekanan darah tinggi, beta blockers, angiotensin-converting enzyme (ACE) inhibitor dan diuretik dapat digunakan untuk mengurangi tingkat tekanan. Obat-obatan ini juga dapat mengobati beberapa masalah kesehatan seperti retensi air, peradangan dan meningkatkan fungsi jantung.

Jika katup rusak adalah penyebab dari pembesaran jantung, pembedahan mungkin diperlukan untuk memperbaiki kondisi tersebut. Katup yang rusak diganti dengan katup buatan. Aritmia jantung dapat disembuhkan dengan menanamkan alat pacu jantung atau defibrilator cardioverter.

Jika semua obat dan metode pengobatan gagal membawa perbaikan, penggantian jantung keseluruhan mungkin menjadi satu-satunya solusi.

Oleh karena itu sebelum anda divonis menderita kardiomegali ini maka cara yang terbaik adalah melakukan pencegahan dini dengan berolahraga secara teratur dan dengan membuat beberapa modifikasi diet dan gaya hidup yang lebih sehat (menghindari makanan berlemak sama sekali, hindari merokok dan minum alkohol).

Gejala Kardiomegali, Penyebab Kardiomegali, Pengobatan Kardiomegali

 
 

TOPIK TERBARU:

arti kedutan langit-langit mulut, kelainan bentuk panggul wanita, kdutan paha kiri, Arti KEDUTAN pada testis, bokong berbintik, bekas cakaran di badan, Cara membesarkan wajah dan kepala, Bibir bawah terbelah, pegal pangkal paha, glukosin, apa bedanya jerawat dan bekukul, air infus untuk rambut rontok, cara menghilangkan flek hitam dengan vaseline, Glucostamin, khasiat telur ikan sembilang