Gejala dan penyebab nyeri payudara pra menstruasi

 

Gejala dan penyebab nyeri payudara pramenstruasi dapat berkisar dari ringan sampai parah. Gejala biasanya puncak sebelum setiap periode menstruasi dan dibebaskan selama atau segera setelah.
Jaringan payudara mungkin telah padat, kasar, ” batu ” merasa jari-jari, biasanya lebih ditandai di daerah luar. Anda juga mungkin mengalami rasa intermiten atau terus-menerus dari kepenuhan payudara dengan nyeri tumpul, dan kelembutan dan intens.
Selama siklus menstruasi, estrogen meningkatkan produksi, mencapai puncaknya sesaat sebelum setengah siklus, yang menyebabkan pembesaran saluran. Sebelum siklus menstruasi, produksi progesteron mencapai maksimum sekitar hari ke 21 ( pada siklus 28 hari) dan menyebabkan pertumbuhan lobulus payudara ( kelenjar susu ).
Premenstrual pembengkakan dan nyeri payudara umumnya terkait dengan sindrom pramenstruasi ( PMS ) dan penyakit fibrokistik pada payudara (perubahan payudara jinak ). Perubahan fibrokistik pada payudara belum sepenuhnya dipahami namun diyakini terkait karena kondisi hormon biasanya akan lebih baik dengan menopause.
Mungkin hampir semua wanita memiliki beberapa derajat nyeri payudara pramenstruasi dan pembengkakan. Anda mungkin memiliki gejala yang cukup parah untuk menyebabkan kekhawatiran atau membatasi fungsi pada banyak perempuan selama masa subur. Tingkat kondisi ini mungkin lebih rendah pada wanita yang menggunakan kontrasepsi oral. Diantara faktor-faktor risiko mungkin termasuk sejarah keluarga, pola makan kaya lemak dan kafein terlalu banyak.

Penyebab umum
Siklus menstruasi
Obat yang mengandung estrogen, termasuk pil KB
Remaja kehamilan
Awal kehamilan

Home Care
Perawatan pribadi dapat meliputi:

Makan diet rendah lemak
Hindari kafein (kopi, teh dan coklat )
Menghindari garam 1 sampai 2 minggu sebelum dimulainya periode
Kuat olahraga setiap hari

Anda harus melakukan pemeriksaan payudara bulanan pemeriksaan diri.
Juga, gunakan sehari pas bra dan malam untuk memberikan dukungan payudara yang baik.
Efektivitas vitamin E, vitamin B6, dan persiapan herbal, seperti minyak evening primrose, agak kontroversial dan harus didiskusikan dengan dokter.
Pil KB dapat diresepkan untuk mengurangi gejala.
Diuretik diambil dalam fase pramenstruasi dapat mengurangi pembengkakan dan kelembutan payudara.
Ada ketersediaan obat resep yang disebut Depo -Provera, bagi mereka yang mengalami pembengkakan payudara pramenstruasi dan kelembutan. Obat ini mengurangi gejala dengan menghilangkan periode menstruasi.
Danazol, sebuah ( hormon pria ) androgen sintetik, dapat digunakan dalam kasus-kasus parah itu diyakini bahwa potensi manfaat lebih besar daripada efek samping. Jika Danazol tidak bekerja dalam kasus Anda, Anda mungkin akan diresepkan bromokriptin atau tamoxifen.

Hubungi dokter Anda jika:

Baru, tidak biasa atau tonjolan jaringan payudara berubah.
Bengkak pada satu sisi ( unilateral ) jaringan payudara.
Tidak tahu bagaimana melakukan pemeriksaan payudara sendiri.
Adalah seorang wanita 40 tahun atau lebih dan tidak pernah memiliki mammogram.
Anda memiliki debit puting, terutama jika itu adalah keluarnya cairan coklat atau darah.
Gejala-gejala yang mengganggu kemampuan Anda untuk tidur dan perubahan dalam diet dan olahraga tidak membantu.

Apa yang diharapkan pada dokter
Ini adalah riwayat medis dan melakukan pemeriksaan fisik. Beberapa pertanyaan sejarah klinis mendokumentasikan nyeri payudara pramenstruasi dapat:

Apakah Anda memiliki kelembutan payudara dengan setiap periode menstruasi?
Apakah Anda tahu bagaimana pemeriksaan payudara sendiri?
Pernahkah Anda melihat benjolan di payudara atau cairan dari puting?
Gejala lain apa juga hadir?

Dokter akan memeriksa benjolan payudara, dan perhatikan karakteristik (  lembut, halus atau tidak teratur, dll )..
Tes diagnostik:
Anda dapat melakukan USG mammogram atau payudara untuk mengevaluasi setiap kelainan yang ditemukan dalam pemeriksaan payudara. Dalam kasus mendeteksi tumor yang tidak jelas jinak payudara mungkin memerlukan biopsi.
Nama alternatif
Premenstrual nyeri dan pembengkakan pada payudara, nyeri payudara sebelum menstruasi, pembengkakan payudara sebelum menstruasi

 
 

TOPIK TERBARU:

jadwal praktek dokter ridwan d pkpn, Kedutan di kandung kemih, cara menghilangkan ganglion dengan bawang merah, cara mengecilkan tulang alis menonjol, cara menghilangkan bekukul di wajah dengan lemon, obat pati roso salep, menghilangkan garus hitam di sudut binir, urat nampak didahi, langit2 mulut kedutan, Cara ampuh meng hilangkn kutil pd wajah dan bintik hitam secara alami, cara mengecilkan lingkar kepala, Tulang pubis, bawang putih obat ganglion, Bibir bawah terbelah, cara membersihkan lubang hidung murai batu