Jenis pneumonia atau radang paru-paru


Loading...

Mengenal jenis radang paru-paru (Pneumonia ) yaitu Radang paru-paru hipostatis dan Bronkopneumonia (akut radang lobular)

Radang paru-paru hipostatis

Radang paru-paru hipostatis yaitu hiperemi pasif dari paru-paru sebelah bawah. Hal ini disebabkan oleh kelemahan pada jantung.
Paru-paru berwarna merah tua, gemericik (karena menetesnya darah berwarna merah gelap), paru lebih padat dari normal dan pada keadaan ini paru-paru tersebut kekurangan suplai oksigen.

Bronkopneumonia ( radang lobular akut )
Peradangan dinding berhubungan dgn cabang tenggorokan dan parenchyma paru adalah lesi penting dalam bronkopneumonia. Ini mengarah ke tambal sulam konsolidasi paru-paru. Penyakit ini lebih umum selama masa kanak-kanak dan usia tua.

Penyebab
Bronkopneumonia dapat terjadi sebagai komplikasi dari penyakit seperti batuk rejan, campak, dan infeksi virus lain pada anak-anak. Bronkitis bertahan, paru-paru dan  infeksi virus saluran pernafasan mungkin kompleks oleh bronkopneumonia. Jarang bronkopneumonia dapat terjadi sebagai lesi biasa.

 Hipostatis dan Bronkopneumonia (akut radang lobular)

Patologi
Organisme dasar penyebabnya adalah staphylococci, streptokokus, pneumococci dan H. Influenzae. Jarang rickettsiae, virus dan jamur dapat menyebabkan bronkopneumonia. Lesi peradangan penuh, dan tambal sulam atas paru-paru kedua, lebih dalam lobes lebih rendah. Bronchioles penutup dipengaruhi awalnya dan alveoli kompleks sekunder. Ada keruntuhan dan konsolidasi di lobule yang terkena dampak. Pertemuan lesi dapat menimbulkan wilayah yang lebih luas konsolidasi. Exudates menunjukkan neutrofil dan fibrin. Interstisial busung berkembang. Ada kompensasi paru-paru colse untuk alveoli runtuh.

READ:  Sindrom batuk: Penyebab dan klasifikasi batuk

Gejala klinik

Keterlibatan paru-paru dan virulensi agen infektif menetap gambar klinis. Umumnya awal berbahaya. Dalam sebagian besar kasus bronkopneumonia mengikuti penyakit tradisional setelah periode jelas perbaikan. Karakteristik iklim naik dan tachypnea dan batuk dapat mengembangkan. Anak mungkin cyanosed. Berbeda seperti radang paru-paru lobar, pleura keterlibatan dan herpes labialis yang langka. Pemeriksaan fisik dada mengungkapkan penuh, rales. Tanda-tanda penuh, konsolidasi langka. X-Ray menunjukkan bilateral tambal sulam tidak teratur dan bayangan, lebih di zona yang lebih rendah.

Jarang bronkopneumonia dapat mengakibatkan bronchiectasis, fibrosis paru, paru-paru abses atau emfisema. Moralitas lebih tinggi pada pasien dengan penyakit pernapasan atau kardiovaskular Persisting.

Perawatan
Prompt penggunaan antibiotik standar membawa turun demam dan membantu di resolusi dari lesi. Di anak-anak menderita campak dan infeksi virus lainnya, terjadinya bronkopneumonia harus masuk akal, dan terapi awal dimulai.

Loading...