Perkembangan pada Bulan Pertama Kehidupan Bayi

 

Cara Merawat BayiDalam periode dari lahir sampai bulan pertama perkembangan bayi, terkadang kita bingung bagaimana cara merawat bayi kita agar dapat tumbuh sehat dan berkembang secara normal.

Perlu di ingat bahwa pada bulan pertama kehidupan bayi, ini sangat penting artinya bagi bayi dan merupakan waktu untuk perubahan (bernapas, makan, kehangatan dan banyak lagi) yang awalnya dilakukan oleh ibunya semasa dalam kandungan.

Untuk mengetahui bagaimana perkembangan bayi pada bulan pertama kehidupan bayi, berikut ini bebebrapa perkembangan yang terjadi pada bayi anda.

Perkembangan mental anak di bulan pertama
Pada bulan pertama kehidupan bayi anda tentunya lebih banyak tidur ( sekitar 20 jam sehari), dia hanya bangun untuk makan saja selanjutnya tidur lagi. Tetapi pada akhir bulan pertama, waktu tidur biasanya berkuran dan pada malam hari, bayi anda akan tidur lebih lama dari biasanya.

Pada bulan pertama kehidupan bayi anda, tentunya respon terhadap benda sekitarnya masih lemah dan lebih mendengarkan perasaannya sendiri (lapar, dingin, dan lain-lain).

Bayi anda akan berkembang pesat pada usia 2-3 minggu kelahiran mereka dan pada saat itu pula, dia sudah tahu bagaimana mengadaptasikan matanya pada objek terang.

Pada usia ini, senyum pertama bayi muali muncul dan hanya terjadi saat ia tidur (sekitar usia 2 minggu). Pada akhir bulan pertama, senyuman bayi bisa hadir ketika kita berkomukasi dengannya dan ini adalah tanda pertama bayi dalam merespon komunikasi dan kontak dengan orang lain.

Jadi, untuk mengekspresikan perasaan dan keinginan bayi pada usia ini mungkin hanya memiliki dua tindakan yaitu menangis dan tersenyum.

Perkembangan fisik bayi dalam bulan pertama
Penampilan anak pada usia ini cukup bertenaga. Gerakannya masih sangat kacau dan kurang lincah. Adanya peningkatan tonus pada otot fleksor, yang diwujudkan pada tangan dan kaki seperti tangan terkepal, kaki menegang dll. Penguatan gaya ini biasanya akan hilang dengan sendirinya pada akhir bulan pertama.

Rata-rata, untuk bulan pertama kehidupan bayi akan bertambah berat badannya hingga 600 gram, dan panjang tubuhnya meningkat 3 sentimeter. Dalam hal ini, lingkar kepala meningkat sebesar 1,5 cm dan dada – 2 cm.

Merawat kulit bayi pada bulan pertama kehidupan
Merawat balita adalah sebuah seni yang orang tua harus pelajari dalam waktu cepat. Bulan pertama adalah masa ketika anak memerlukan perhatian khusus dan perawatan yang seksama .

Menanggapi setiap tangisan bayi, cobalah untuk membuat sekelilingnya terasa hangat dan suasana yang menyenangkan.
Sementara merawat kulit bayi, sebaiknya dimulai setelah setelah ikatan pusar bayi telah putus, dan ini biasanya terjadi pada minggu-minggu 2-3. Sebelum itu, harus membatasi dalam menyeka basah disekitar pusar bayi.

 
 

TOPIK TERBARU:

manfaat telur ikan belanak, bawang putih obat ganglion, manfaat ranee whitening cream plus, arti kedutan langit-langit mulut, kelainan bentuk panggul wanita, kdutan paha kiri, Arti KEDUTAN pada testis, bokong berbintik, bekas cakaran di badan, Cara membesarkan wajah dan kepala, Bibir bawah terbelah, pegal pangkal paha, glukosin, apa bedanya jerawat dan bekukul, air infus untuk rambut rontok