Perkembangan Bayi pada Satu Bulan Pertama

Tips Merawat BayiTahun pertama kehidupan bayi merupakan waktu pertumbuhan dan perkembangan yang signifikan. Pertumbuhan bayi anda tergantung pada cara anda dalam merawat bayi anda.

Hanya dalam 12 bulan, bayi anda akan mengalami perubahan yang cepat. Nada mungkin mulai melihat bayi anda mulai berjalan, berbicara dan memperlihatkan sesuatu perubahan perkembangan lainnya.

Untuk melihat perkembangan bayi normal dari bulan ke bulan selama satu tahun, mungkin ada baiknya untuk melihat pembahasan singkat dibawah ini.

Pertumbuhan dan Perkembangan Bayi pada Satu Bulan Pertama

• Pertumbuhan
Biasanya berat bayi akan berkurang dari berat lahir mereka dalam rentang 2 minggu sejak kelahiran mereka. Hal ini disebabkan oleh ekstra cairan tubuh yang dibawa sejak dari kandungan biasanya berkurang 10% dari berat lahir bayi. Setelah itu, berat bayi anda akan terus bertambah dengan cepat selama bulan pertama kelahiran bayi. Periksakan grafik pertumbuhan untuk mengetahui tingkat pertumbuhan bayi yang normal dan sehat.

• Keterampilan motorik
Sistem saraf pada bayi yang baru lahir masih belum sempurna, dan hal yang mereka bisa lakukan mungkin hanya beberapa refleks bawaan termasuk mengisap puting susu ibunya, tetapi perkembangan system saraf lainnya seperti ketika anda menempelkan jari di telapak bayi anda, maka bayi anda akan menutup kepalan tangannya.
Meskipun masih berumur 1 bulan, mungkin bayi anda sudah mampu mengangkat kepala mereka dalam posisi tiarap.

• Tidur
Bayi yang baru lahir biasanya tidur 15 sampai 16 jam sehari dan jam tidur mereka mungkin tidak menentu. Hal ini disebabkan karena bayi belum dapat menyesuaikan antara siang dan malam hari.

• Perkembangan indera
Bayi yang baru dilahirkan hingga satu bulan pertama memiliki penglihatan yang sangat kabur dan hanya bisa melihat objek dalam jarak tidak lebih dari 3,5m.

Bayi anda mungkin bisa memilih benda yang memiliki warna kontras karena bayi lebih mudah untuk melihat.
Jika anda menemukan bahwa bulatan hitam pada mata bayi anda yang saling berseberangan ketika mencoba untuk focus, sementara umur bayi anda masih 1 bulan,ini adalah hal yang normal. Namun, umur bayi anda sudah 3-4 bulan, segera hubungi dokter anak karena bisa menjadi tanda strabismus (mata juling).

Meskipun pendengaran bayi yang baru lahir belum sepenuhnya berkembang, bayi anda bisa mengenali suara – suara terutama orangtua bayi dimana bayi anda telah terbiasa mendengarnya semasa dalam rahim, utamanya suara yang bernada tinggi. Jika bayi anda tidak merespon suara meski sudah bernada tinggi, kunjungi dokter anda.

• Makanan
Selama satu bulan, disarankan untuk menyusui bayi anda delapan sampai 12 kali sehari (sekitar setiap dua sampai tiga jam).

• Komunikasi
Salah satu bentuk komunikasi bayi adalah menangis.Bayi anda mungkin akan menangis selama tiga jam sehari (jangan panik, tangisan bayi anda akan berkurang seiring berjalannya waktu).

Tips untuk Bulan Pertama Kelahiran Bayi
Pada usia satu bulan pertama pada kelahiran bayi, bayi senang untuk disentuh. Berikan sentuhan dengan melalui kontak antar kulit , misalnya dengan memegang dan goyang, atau memberikan pijatan lembut. Ini akan membuat bayi anda merasa terhibur dan disayangi.

Menggerakkan kaki bayi anda dengan gerakanseperti mengayuh sepeda selama beberapa menit setiap hari. Latihan ini akan membantu otot bayi untuk mempersiapkan dalam merangkak dan berjalan.

 
 

TOPIK TERBARU:

Empedulabilabi, bawang merah obat ganglion, khasiat air infus untuk flek hitam, Cara mengilangkan getah kayu merbau, apakah salep 88 bisa menghilangkan bintik hitam di wajah, Cara memendekkan leher, askep malaria dengan nyeri myalgia, Efek samping omepros untuk lambung, Krim Pemutih Mawar, Cara menumbuhkn kembali rambut pd kepala yg botak, getah yang membuat kulit mati rasa, urat hitam di perut kenari, doa untuk menumbuhkan rambut botak, Doa penumbuh rambut, manfaat minyak babi untuk rambut