22 Tanda Kehamilan


Loading...

Beberapa tanda awal kehamilan yaitu perubahan pada debit cairan vagina dan keluarnya cairan putih. Tanda tanda lainnya seperti mual, terlambat haid, perubahan warna areola (semakin gelap), pembengkakan payudara dan lain sebagainya.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini ada 222 tanda- dan gejala  kehamilan yang umumnya terjadi pada wanita  hamil. Untuk lebih jelasnya lihat pembahasan seperti dibawah ini:

  1. 1. Terlambat haid

  Terlambat haid merupakan tanda awal suatu kehamilan meski demikian terlambat haid juga bisa diebabkan oleh faktor stress sehingga mempengaruhi jumlah hormon pada wanita. Hal ini  menyebabkan wanita tidak berovulasi atau menstruasi.

Keterlambatan haid juga bisa dipengaruhi oleh perubahan gaya hidup, karena pengaruh mengkonsumsi obat-obatan tertentu, pengaruh kegemukan, perimenopause dan lain sebagainya.

  1. 2. Periode yang tidak normal

Sebuah siklus menstruasi yang berbeda dalam periode normal atau seperti biasanya seperti haid berlangsung lebih lama. Hal ini mungkin terjadi karena perubahan dalam jumlah aliran. Namun biasanya perubahan siklus haid ini adalah pendarahan implantasi.

3.  Mual dan Muntah

Mual dan muntah cenderung menjadi gejala kehamilan pertama, namun tidak semua wanita merasakan hal seperti ini.

Pada wanita yang mengalami mual dan muntah karena pengauh kehamilan biasanya berlangsung hingga  6 minggu pertama pada kehamilan.

READ:  Latihan memperkuat punggung selama kehamilan

4. Perubahan libido

Perubahan libido  pada wanita biasanya meningkat, namun terkadang pula justru sebaliknya. Namun jika perubahan libido tersebut didukung dengan perubahan emosional, perubahan fisik seperti payudara sangat sensitif sehingga terjadi perubahan libido anda.

Perubahan lainnya seperti vagina lebih terlumasi serta  klitoris dan vagina lebih membesar, uterus kadang-kadang kejang dan berlangsung lebih dari satu menit selama orgasme.

5. Rasa sakit dari Payudara

Pada awal trimester pertama biasanya payudara terasa sakit, namun pada beberapa wanita merupakan tanda datangnya periode, payudara terasa lembut.

Perubahan lainnya pada payudara seperti puting menjadi lebih besar dan lebih gelap seiring dengan umur kehamilan.  Terkadang juga munculnya benjolan kecil seperti jerawat didaerah areola (Montgomery tubercules).

6. Pembesaran pada Payudara

Menjelang akhir trimester pertama atau awal trimester kedua,  kemungkinan besar payudara anda terlihat membesar dari biasanya.

7. Sering buang air kecil

Sering buang air kecil bisa menjadi tanda awal kehamilan. Gejala ini bisa terjadi pada awal kehamilan trimester ketiga.

 Sering buang air kecil selama kehamilan umumnya tidak menjadi  tanda kelainan pada janin. Namun terkadang pula sering buang air kecil merupakan gejala infeksi saluran kemih (ISK) atau infeksi kandung kemih dapat dikenali dengan rasa terbakar saat buang air kecil, demam, nyeri bagian perut, sakit punggung dan sering buang air kecil.

READ:  Gejala kehamilan pada 4 minggu pertama

Jika anda mengalami ISK dan mengabaikannya selama kehamilan, bisa menyebabkan persalinan prematur. Pastikan untuk berbicara dengan bidan atau dokter Anda jika Anda memiliki gejala-gejala tersebut.

8.  Ngidam

Ngidam merupakan tanda-tanda kehamilan, sering ngiler terhadap sesuatu makanan yang terbayang dalam pikiran perempuan dengan tiba-tiba.

9. Kelelahan Kemungkinan

1o. Perubahan pada kulit

11. Stretch Marks

12. Pembesaran pada rahim

13. Kemungkinan adanya gerakan

14. Kolostrum pada payudara

15. Pembesaran pada perut

16. Perubahan bentuk rahim

17.Kontraksi Braxton Hicks

18. Palpasi Bayi

19.Tes hamil yang positif

20. Denyut jantung janin yang  positif

21. Deteksi USG yang  positif

22.Terdeteksi dengan X-ray

Tanda dan gejala kehamilan setiap wanita tidak semuanya harus sama, beberapa wanita terkadang memiliki gejala yang seperti pada wanita lainnya, demikian pula sebaliknya. Semoga 22 tanda dan gejala kehamilan diatas dapat memantapkan keyakinan anda bahwa anda benar-benar hamil.

Loading...