Cara Mengurangi Nyeri Punggung Selama Kehamilan


Loading...

Cara Mengurangi Nyeri Punggung Selama KehamilanNyeri punggung selama kehamilan merupakan hal umum terjadi pada ibu hamil namun nyeri punggung ini dibedakan dalam beberapa jenis juga berdasarkan pada lokasi nyeri yang timbul.

Tujuan untuk mengetahui jenis nyeri punggung ini tentunya agar kita bisa mengurangi dan meringankan rasa nyeri punggung yang timbul.

Nyeri punggung selama kehamilan bisa timbul didaerah pinggang bagian tengah belakang, dibawah dan samping pingganng, diwilayah tulang selangka.

Nyeri punggung juga bisa dirasakan pada bagian atas didaerah dada, rasa nyeri ini biasanya terjadi pada trimester ketiga karena pergeseran gravitasi dan perubahan postural.

Rasa nyeri punggung ini tentunya sangat mengganggu kenyamanan ibu hamil sendiri, oleh karena itu perlunya mengelolanya dengan baik agar tidak terlalu menyakitkan.

Cara mengelola nyeri punggung selama kehamilan ini juga berdasarkan lokasi nyeri. Seperti halnya dengan nyeri punggung bawah dan atas, cara mengelolanya yaitu dengan berdiri atau duduk dengan postur tegak.

Sering mengubah posisi, menempelkan benda hangat dan dingin dibagian belakang, tidur menyisi dengan bantal di antara lutut, menempatkan kaki yang lebih tinggi saat duduk untuk mengurangi ketegangan di bagian belakang.

READ:  Post Partum pada Trisemester Pertama

Latihan peregangan untuk bahu, leher, dada, pinggul dan kaki dapat membantu menjaga kekencangan dan memperkuat otot-otot untuk menanggung beban tambahan selama kehamilan.

Secara umum, latihan peregangan sederhana dan aman dapat meringankan rasa sakit, mengurangi kejang otot dan ketegangan pada tulang belakang.

Latihan aquanatal atau olahraga ringan dalam air juga disarankan namun tidak dianjurkan untuk berolahraga penurunan berat badan, olahraga hingga lelah atau olahraga pada waktu perut sedang kosong.

Mengelola sakit punggung selama kehamilan dapat dimungkinkan untuk mengurangi rasa sakit yang timbul agar ibu hamil merasa lebih nyaman dalam menjalani masa kehamilan mereka.

Loading...