Gejala dan Penyebab Prolaps Organ Panggul


Loading...

Gejala dan Penyebab Prolaps Organ PanggulApa itu prolaps organ panggul?
Prolaps organ panggul terjadi bila organ panggul turun dari posisi semula di panggul sehingga memberikan tekanan pada dinding vagina. Organ yang dapat terlibat adalah kandung kemih (sistokel), uretra, rektum (rektokel), uterus, vagina, atau usus kecil (enterokel). Prolaps dapat terbatas pada organ tunggal atau melibatkan beberapa organ.

Prolaps organ panggul dialami terutama oleh perempuan di atas 50 tahun dan disebabkan oleh banyak faktor sehingga prolaps organ panggul ini bisa terjadi.

Apa yang menyebabkan prolaps organ panggul?
Prolaps organ panggul pada ibu hamil terjadi ketika otot-otot dan jaringan ikat yang mendukung organ-organ panggul yang lemah.
Prolaps organ panggul sangat erat kaitannya dengan kehamilan dan persalinan.

Seorang wanita adalah 8 kali lebih mungkin mengalami prolaps setelah dua kali mengalami persalinan lewat jalan lahir. Dan 12 kali lebih mungkin mengalami prolaps organ panggul ini setelah empatkali mengalami persalinan melewati vagina.

Ketegangan pada otot-otot dan jaringan ikat selama persalinan biasanya melemahkan daya dukung organ-organ panggul jika tidak disembuhkan. Penyebab lainnya bisa juga karena pengaruh Histerektomi (pembedahan untuk mengangkat rahim).

READ:  Hubungan implan payudara dan limfoma terhadap kanker

Faktor risiko lain yang dapat mengembangkan atau memperburuk prolaps organ panggul termasuk obesitas, sembelit kronis atausering mengejang saat buang air besar, menderita batuk sangat lama, merokok, tumor panggul, operasi panggul, gangguan saraf, usia, menopause dan riwayat keluarga.

Apa saja gejala prolaps organ panggul?
Beberapa gejala umum dari prolaps organ panggul adalah perasaan tekanan pada dinding vagina, merasa seperti ada sesuatu yang jatuh dari vagina, dispareunia atau nyeri dengan hubungan seksual, inkontinensia atau kebocoran urin, perubahan usus seperti sembelit, nyeri punggung bawah, dan perasaan kenyang di perut bagian bawah. Dalam kasus yang parah jaringan dapat terlihat menonjol di pembukaan vagina.

Bagaimana prolaps organ panggul didiagnosis?
Organ panggul prolaps didiagnosis oleh dokter berdasarkan riwayat medis dan pemeriksaan fisik, termasuk pemeriksaan vagina. Pengujian lainnya termasuk berbagai pencitraan dan pengujian urodinamik dapat direkomendasikan untuk menentukan sifat yang tepat dari prolaps.

Bagaimana prolaps organ panggul dirawat?
Ada banyak pilihan pengobatan yang tersedia, mulai dari atau didasarkan pada organ yang prolaps dan seberapa parah gejala.
Pada kasus ringan, pengobatan mungkin terbatas pada perubahan gaya hidup dan latihan (Kegels) untuk memperkuat otot-otot dasar panggul.

READ:  Gejala dan Penyebab Anencephaly

Terapi fisik atau terapi biofeedback dapat direkomendasikan oleh dokter. Dalam kasus yang lebih signifikan dokter mungkin menyarankan alat pencegah kehamilan, yang merupakan perangkat yang dimasukkan ke dalam vagina untuk membantu mendukung organ-organ panggul. Dalam kasus yang parah, operasi mungkin direkomendasikan.

Apakah terapi fisik bisa membantu?
Terapi fisik dapat berperan dalam menghilangkan gejala dari prolaps organ panggul. Seorang ahli terapi fisik yang mengkhususkan diri dalam pengobatan disfungsi dasar panggul dapat mendidik pasien tentang perubahan gaya hidup yang dapat mengurangi gejala.

mengajarkan kinerja yang tepat dari latihan Kegel, melakukan biofeedback untuk dasar panggul otot untuk mendidik kembali dan memperkuat otot dasar panggul untuk membantu mendukung organ prolaps, mengajarkan postur dan mekanika tubuh yang tepat saat mengangkat dan aktivitas fungsional untuk mengurangi ketegangan pada organ panggul, dll.

Loading...