9 Manfaat Tomat Untuk Kesehatan dan Kecantikan


Loading...

9 Manfaat Tomat Untuk Kesehatan dan KecantikanTomat adalah tanaman yang terkadang disebut buah dan terkadang pula disebut sayuran. Tomat ini memiliki nama ilmiah  Solanum lycopersicum dengan kandungan nutrisi yang sangat banyak dan sangat penting dalam menunjang kesehatan tubuh.

Kandungan buah tomat berupa  vitamin, zat besi, sodium, kalsium, fosfor, serat dan beberapa nutrisi lainnya yang merupakan nutrisi penting untuk kesehatan kita.

Dengan kandungan nutrisi buah tomat yang melipah tersebut sehingga sangat memungkinkan tomat ini untuk dijadikan sebagai sumber nutrisi dan sebagai bahan pengobatan alami untuk mengatasi berbagai jenis penyakit.

Berikut ini adalah 9 Manfaat Tomat Untuk Kesehatan dan Kecantikan yang perlu kita ketahui

1.        1. Zat anti kanker

Tomat memiliki zat yang disebut lycopene , senyawa yang bertanggung jawab untuk memberikan warna merah pada buah tomat. Lycopene  ini juga membantu tubuh dalam menangkal berbagai jenis kanker seperti kanker paru-paru, prostat dan bahkan kanker usus.

2.      2. Memberi perlindungan pada DNA

Tomat mengandung antioksidan yang cukup tinggi dalam bentuk vitamin C dan vitamin A. Kedua vitamin ini melindungi DNA dari segala bentuk kerusakan dalam tubuh yang mungkin disebabkan karena pengaruh radikal bebas.

Selain itu, vitamin ini secara aktif melindungi tubuh terhadap beberapa jenis penyakit seperti aterosklerosis (penyakit yang berhubungan dengan penyempitan dan pengerasan pembuluh darah) ataupun untuk mencegah diabetes dengan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

3.      3.   Menurunkan resiko penyakit jantung

Beberapa studi telah telah membuktikan bahwa orang yang mengonsumsi banyak tomat berada pada risiko yang lebih rendah terkena penyakit jantung. Nutrisi seperti niacin, vitamin B6 dan folat hadir dalam tomat yang berperan untuk melawan penyakit kardiovaskular.

4.       4Sumber vitamin K

Kehadiran vitamin K pada buah tomat tentunya sangat bermanfaat dalam menguatkan tulang kuat dan mempercepat proses penyembuhan dan pemulihan pada kerusakan sel, kerusakan jaringan, kerusakan ligamen atau kerusakan tendon kita.

5.      5.   Menyehatkan kulit

Tomat memiliki aneka aneka vitamin dan mineral yang bisa menambah keindahan dan kecantikan kulit kita. Tidak heran jika buah tomat ini sering dijadikan sebagai bahan masker untuk menghaluskan kulit, mencerahkan kulit serta membuat kulit tetap awet muda.

6.      6.  Menyehatkan rambut

Jika anda memiliki masalah rambut rontok, anda bisa meningkatkan konsumsi buah tomat ini dalam diet anda untuk mengatasinya. Tomat juga berguna untuk menutrisi kulit kepala yang dapat mempercepat pertumbuhan rambut, untuk memperpanjang dan menyuburkan rambut.

7.        7. Membantu masalah penglihatan

Manfaat buah tomat lainnya adalah berperan penting dalam mencegah masalah gangguan penglihatan.

8.        8. Mengontrol kolesterol

Kandungan buah tomat berupa Vitamin B serta potassium betperan penting dalam menurunkan kadar kolesterol ataupun menormalkan gula darah.

9.     9.    Menyehat ginjal

Bebebrapa survey telah menemukan manfaat tomat dalam mencegah masalah penyakit batu empedu dan juga turut meningkatkan kesehatan ginjal.

Kandungan buah tomat berupa  vitamin, zat besi, sodium, kalsium, fosfor, serat dan beberapa nutrisi lainnya yang merupakan nutrisi penting untuk kesehatan kita. Dan semoga 9 manfaat buat tomat diatas bisa mengingatkan kembali untuk tidak mengesampingkan tomat ini dalam diet anda.

READ:  Mempercantik Kulit Dengan Obat Herbal

Loading...