11 Tanda Berbahaya Saat Hamil


Loading...

11 Tanda Berbahaya Saat HamilKehamilan untuk menuju kepersalinan yang normal merupakan hal yang sangat dirindukan namun cukup mengkhawatirkan juga mengingat banyaknya gangguan kesehatan yang mungkin hadir disaat menjalain masa kehamilan.

Mengetahui gejala atau peringatan dini yang mungkin membahayakan kesehatan anda dan bayi anda merupakan hal yang paling penting untuk menyiapkan langkah-langkah yang tepat sebelum parah.

Berikut ini adalah 11 tanda berbahaya bagi ibu hamil yang perlu mendapatkan perawatan demi memudahkan proses persalinan sekaligus mendapatkan bayi yang sehat kelak.

11 Tanda Berbahaya Saat Hamil

1. Rasa sakit dibagian tengah perut
Sakit parah atau di perut tengah atau bagian atas dengan atau tanpa mual atau muntah, mungkin anda sedang mengalami masalah pencernaan yang parah, gangguan ulu hati , sakit perut atau bisa juga keracunan makanan.

Jika anda berada di paruh kedua kehamilan dengan rasa sakit pada perut bagian tengah, mungkin hal ini menunjukkan gejala pre eklampsia dan harus segera diperiksakan ke dokter.

2. Rasa sakit di bagian tengah perut
Nyeri yang hebat pada salah satu atau kedua sisi perut atau bagian perut bawah, sebaiknya untuk diperiksakan segera kedokter untuk memastikan hal ini.

Sakit perut bagian bawah, kedua sisi perut atau hanya bagian sebelah perut bisa terjadi karena pengaruh peregangan ligamen saat hamil. Tapi bisa juga karena menjadi gejala kehamilan ektopik, keguguran, persalinan premature fibroid dan solusio plasenta.

3. Demam
Jika anda mengalami demam dengan suhu tubuh di atas 37,5 °C tetapi bukan karena gejala flu, segera hubungi dokter anda karena hal ini mungkin karena infeksi. Tapi jika suhu tubuh melebihi 39°C saat hamil dan dialami dalam waktu yang lama dapat membahayakan bayi dalam kandungan anda.

4. Penglihatan kabur
Jika anda mengalami penglihatan kabur, berbayang-bayang atau berkunang-kunang saat anda menjalani kehamilan, segeralah hubungi dokter atau bidan anda. Biasanya gangguan pada penglihatan ini mungkin menjadi tanda pre – eklampsia.

READ:  Pengaruh Diabetes Pada Kehamilan

5. Tangan dan kaki bengkak
Pembengkakan atau bengkak ( edema ) di tangan, wajah dan atau pada kelopak mata anda adalah hal yang umum pada akhir kehamilan . Tapi dalam kebanyakan kasus juga menjadi gejala pre – eklampsia.

6. Sakit kepala parah yang konstan
Sakit kepala yang parah dan berlangsung selama 3 jam atau lebih disertai dengan gangguan penglihatan dan pembengkakan parah dalam tubuh anda , mungkin ini juga merupakan gejala pre – eklampsia . Tapi ini hanya akan terjadi jika usia kehamilan anda telah memasuki trisemester ketiga.

7. Pendarahan pada vagina
Bercak atau perdarahan sangat ringan dan tanpa rasa sakit merupakan hal yang umum di awal kehamilan. Tapi meski demikian, segera hubungi dokter jika anda mengalami beberapa hal seperti:
jika pendarahan ini terjadi pada setiap tahap selama kehamilan, mungkin ini adalah peringatan dini dari kehamilan ektopik. “Ciri perdarahan yang dianggap berbahaya ini jika warna darah lebih gelap dari biasanya dan nyeri pada salah satu sisi perut”.
• Jika perdarahan berat disertai dengan sakit punggung atau sakit perut yang persisten, mungkin hal ini menjadi tanda keguguran.
• Jika perdarahan terjadi secara tiba-tiba dan tanpa disertai rasa sakit, mungkin hal ini terjadi karena anda letak plasenta anda terlalu rendah ( plasenta previa ). Hal ini dapat terlihat setelah usia kehamilan anda sudah memasuki minggu kedua puluh atau lebih melalui scan.
• Jika perdarahan berwarna gelap dengan bentuk gumpalan-gumpalan darah, mungkin hal ini menjadi pertanda sebagai solusio plasenta , yang terjadi ketika plasenta mulai memisahkan diri dari dinding rahim Anda .
• Jika perdarahan yang terjadi sangat banyak dan disaat usia kehamilan dibawah 37 minggu , mungkin hal ini menjadi gejala persalinan prematur.

8. Merasa kehausan secara berlebihan
Jika anda merasa tiba-tiba haus dan urin berwarna kuning gelap, itu bisa menjadi tanda dehidrasi. Dan jika rasa haus sangat berlebihan dan urin lebih banyak dari biasanya, itu bisa menjadi tanda diabetes gestational. Kedua hal ini meningkatkan risiko komplikasi bagi anda dan bayi anda.

READ:  Pengertian dan Cara Mencegah Anencephaly

9. Rasa terbakar ketika buang air kecil
Sensasi terbakar saat buang air kecil besar kemungkinannya anda mengalami infeksi saluran kemih jika ada hal lain yang menyertainya seperti sakit atau seperti terbakar ketika buang air kecil, urin bercampur darah atau berbau menyengat dari biasanya, suhu urin meningkat, tubuh menggigil ataupun rasa sakit dipanggul, bagian bawah perut, bagian bawah punggung ataupun pada sisi perut anda.

10. Selalu muntah
Muntah lebih dari dua kali sehari bisa mengeringkan dan melemahkan tubuh anda dan meskipun hal ini tidak mengganggu kondisi bayi dalam kandungan anda.

Tapi jika anda mengalami muntah yang parah dan persisten (hiperemesis gravidarum) disertai dengan rasa sakit yang begitu parah tepat di bawah tulang rusuk dan pembengkakan parah secara tiba-tiba di wajah, tangan atau kaki, mungkin hal ini ada gejala pre – eklampsia.

11. Gerakan bayi kian melemah
Jika bayi dalam kandungan anda tidak bergerak atau melambat selama lebih dari 24 jam setelah usia kehamilan anda memasuki minggu ke-21, segera hubungi dokter.

Kebanyakan wanita mengalami kehamilan normal tanpa komplikasi apapun namun tidak sedikit pula yang mengalami gangguan kesehatan saat menjalani masa kehamilannya.

Oleh karena itu mempelajari tanda-tanda peringatan dini yang terjadi merupakan hal yang positif untuk kondisi kehamilan anda. Dan semoga 11 Tanda Berbahaya Saat Hamil diatas bisa menjadi masukan yang bermanfaat bagi anda yang sedang menjalani hari-hari berat anda.

Loading...