Mengenali 6 Gejala atau Tanda-Tanda Persalinan Prematur


Loading...

Mengenali 6 Gejala atau Tanda-Tanda Persalinan PrematurPersalinan prematur didefinisikan sebagai persalinan yang terjadi sebelum usia kandungan mencukupi 36 minggu. Sementara tanda sebagai peringatan dini persalinan prematur memang sangat sulit untuk di identifikasi mengingat sangat banyak gejala yang hadir selama kehamilan normal.

Tapi mungkin gejala prematur ini hanya bisa anda rasakan bahwa ada sesuatu yang berbeda dari apa yang anda pernah alami pada kehamilan sebelumnya.

Beberapa gejala persalinan premature yang patut anda curigai jika sebelumnya anda tidak pernah alami, seperti:

1. Kram menstruasi
kram di bagian bawah perut anda yang mungkin berlangsung secara terus-menerus atau datang dan pergi dalam pola dan irama yang teratur.

2. Sakit punggung ringan
Sakit punggung yang anda alami dalam persalinan prematur biasanya terletak di sebelah bawah bagian belakang anda. Rasanya seperti nyeri yang kemudian menjalar ke bagian depan perut anda. Pola serangannya mungkin datang dan pergi atau tampak berbeda dari sakit punggung biasa yang pernah anda alami semasa kehamilan sebelumnya.

3. Kram perut

Kram perut atau usus dengan atau tanpa diare. Diare persisten dapat menyebabkan iritasi pada rahim ataupun dapat menyebabkan kontraksi uterus yang berlebihan.

READ:  Resiko obesitas dan berat badan yang berlebihan pada kehamilan

4. Tekanan panggul
Tekanan pada panggul yang diilustrasikan seperti perasaan bahwa bayi akan jatuh saja. Tekanan yang anda rasakan dapat bersifat konstan ataupun mungkin datang dan pergi.

5. Peningkatan ataupun perubahan cairan vagina
Ada beberapa perubahan pada cairan vagina yang merupakan peringatan dini persalinan premature seperti perubahan jenis debit, perubahan konsistensi ataupun peningkatan volume cairan vagina. Perubahan lainnya seperti perubahan warna cairan yang berwana kecoklatan atau berwana pink.

6. Jumlah kontraksi yang berlebihan
Kontraksi adalah pengetatan otot rahim. Jenis kontraksi yang anda rasakan dalam persalinan prematur mungkin berbeda dari yang dirasakan dalam proses persalinan normal.

Kontraksi adalah hal yang normal selama kehamilan, tetapi yang perlu anda perhatikan adalah peningkatan frekuensi atau kontraksi yang datang secara berkala.

Jika kontraksi anda lebih dari 5 kali selama satu jam atau interval antar kontraksi kurang dari 15 menit maka cobalah mengosongkan kandung kemih anda, minum air putih dan berbaring menyisi kiri selama satu jam lalu periksa kembali rahim anda.

READ:  Gejala dan Penyebab Anencephaly

Jika hal ini tetap saja terjadi, maka segeralah berkonsultasi dengan dokter kandungan anda karena besar kemungkinannya anda mengalami persalinan premature.

“ Cara memeriksa jumlah kontraksi yang terjadi pada rahim anda cobalah berbaring lalu miringkan badan kesisi kiri. Gunakan ujung jari anda untuk memeriksa berapa jumlah kontraksi yang terjadi pada rahim anda selama satu jamnya”.

Nah demikianlah pembahasan singkat mengenai 6 gejala persalinan premature yang mungkin bisa dijadikan alarm sebagai peringatan dini untuk mengambil langkah-langkah perawatan yang tepat untuk kondisi anda.

Loading...