Post Partum pada Trisemester Pertama


Loading...

Gangguan pada Post PartumMasalah yang mungkin timbul pada periode post partum atau masa nifas (pasca persalinan) selama trisemester pertama,  ibu yang baru merasakan persalinan pertama mereka akan merasa terkejut dengan perubahan yang terjadi pada diri mereka.

Beberapa gangguan yang mungkin bisa ibu-ibu alami seperti:

Gejala panggul

Perdarahan vagina (lokhia) selama beberapa bulan setelah melahirkan dan umumnya terjadi selama tiga sampai delapan minggu setelah melahirkan atau antara hari ketujuh dan ke-14 setelah melahirkan, itu adalah normal untuk perdarahan ini meningkat karena penyembuhan bekas luka pada plasenta.

Jika rasa sakit saat buang air kecil selama setidaknya beberapa hari setelah melahirkan mungkin karena anda memiliki episiotomi (sayatan untuk memperluas pembukaan vagina saat melahirkan). Menyomprotkan air hangat  dapat digunakan untuk mengencerkan urin setelah persalinan.

Kram pada rahim merupakan hal yang normal selama sesi pertama dalam menyusui bayi. Nyeri panggul atau perut yang terjadi selama menyusui dapat terjadi selama seminggu dan biasanya akan hilang dengan sendirinya.

Sebahagian besar wanita mengalami inkontinensia usus, urin atau keduanya ataupun pembengkakan pada vagina.

Pada beberapa wanita, hal ini disebabkan oleh peregangan otot, air mata atau masalah pembuluh darah. Pada kebanyakan wanita, penyebab masalah ini adalah karena peregangan dengan kerusakan sementara pada saraf panggul.

Batuk, bersin atau mengangkat bayi dapat menyebabkan kebocoran urin karena tekanan perut meningkat. Beberapa wanita dengan saraf panggul yang cedera juga mendorong inkontinensia.

READ:  Pengaruh Nutrisi Pada Bayi Berat Lahir Rendah (BBLR)

Sebuah penelitian menemukan bahwa tiga bulan setelah kelahiran, 15% dari perempuan masih memiliki kebocoran kemih dan 5 % mengalami masalah pembuangan tinja.

Wasir yang umum pada periode postpartum dapat menyebabkan gatal-gatal atau perdarahan dari daerah dubur.

Jika anda mengalami operasi caesar (C-section), sakit perut bisa sangat membatasi pada minggu pertama setelah operasi Anda. Ingatlah bahwa anda memiliki operasi besar.

Memiliki sayatan bedah akan membuat sulit untuk duduk, berdiri, berjalan dan mengangkat bayi Anda atau dalam mengganti popok bayi.

Kecantikan dan Keintiman

Banyak wanita yang mengalami penipisan pada rambut mereka utamnya pada 2-6 bulan setelah melahirkan.

Kerontokan rambut terus selama berminggu-minggu sampai berbulan-bulan, dan kemudian rambut tumbuh kembali.

Kebanyakan wanita kehilangan antara 10 dan 20 kilogram selama empat minggu pertama setelah melahirkan, penurunan berat badan sangat bervariasi di antara wanita individu.

Menyusui turut mempengaruhi penurunan berat badan. Penelitian telah menunjukkan bahwa wanita yang menyusui bayi mereka kehilangan rata-rata sedikit lebih dari 1,5 pound per bulan di kedua bulan keenam setelah melahirkan.

Payudara sangat sensitif terhadap semua rangsangan. Infeksi payudara dapat terjadi pada periode postpartum dan anda harus berhati-hati jika terdapat ruam dan terasa sakit pada sekitar payudara anda .

Enam minggu setelah persalinan adalah waktu umum untuk melanjutkan hubungan badan dengan pasangan mereka.

Pada enam minggu, sekitar setengah dari wanita masih mengalami rasa sakit ketika mereka  pertama kali melakukan hubungan badan lagi.

READ:  Penyebab Pecahnya Ketuban Secara Dini

Pada 3 minggu pasca persalinan, sekitar 40%  ibu-ibu memiliki tingkat libido yang rendah, hilangnya gairah atau keengganan untuk berhubungan badan.

 Kesehatan Emosional

Hormon pergeseran dalam hari-hari pertama setelah melahirkan sering menyebabkan perubahan suasana hati yang dramatis. Beberapa dokter memperkirakan bahwa sampai setengah dari perempuan (dan orang-orang di sekitar mereka) melihat ini “baby blues.” Perubahan suasana hati dari perubahan hormon seharusnya tidak berlangsung lebih dari seminggu atau dua paling banyak.

Depresi postpartum adalah masalah umum yang dimulai dari beberapa minggu hingga beberapa  bulan setelah melahirkan. Sekitar satu dari setiap enam atau tujuh wanita ini mengembangkan depresi lebih serius.

Depresi postpartum dapat membuat ibu cengeng, mudah marah, dan tidak bisa tidur.  Hal ini dapat menyebabkannya kurang memperhatikan bayinya atau lebih khawatir dan sibuk dengan perawatan bayinya.

Depresi merupakan masalah bagi kesehatan emosional ibu dan bayi, dan penting bahwa seorang ibu depresi menerima perhatian medis.

Sepuluh persen perempuan yang ditemukan memiliki setidaknya kelainan ringan dalam fungsi tiroid dalam bulan setelah melahirkan, dan kelainan tiroid dapat menyebabkan gejala kecemasan atau depresi.

Kelelahan dan sakit kepala merupakan gejala yang umum. Masalah-masalah ini dapat membuat ibu kurang mampu mengendalikan emosional mereka.

Loading...