6 Penyebab Umum Kanker Hati Primer


Loading...

6 Penyebab Umum Kanker Hati PrimerKebanyakan orang yang mengembangkan kanker hati primer penyebabnya karena Sirosis dan beberapa faktor risiko lainnya sehingga membuat sel-sel hati lebih rentan berkembang menjadi kanker. Untuk mengetahui lebih jelas apa penyebab kanker hati primer ini berikut penjelasannya.

6 Penyebab Kanker Hati Primer

1. Sirosis.

Sirosis adalah suatu kondisi yang menyebabkan jaringan parut pada hati. Hal ini cenderung berkembang secara perlahan-lahan. Penyebabnya bisa karena konsumsi alcohol, infeksi hepatitis C

“Catatan: kebanyakan orang dengan sirosis tidak mengembangkan kanker hati – itu terjadi hanya dalam sejumlah kecil orang dengan sirosis”.

2.  Infeksi virus hepatitis

Infeksi virus hepatitis B atau hepatitis C yang telah berlangsung lama (biasanya memakan waktu 20-30 tahun setelah infeksi pertama menjadi) kemudian berkembang menjadi kanker hati primer.

3. Akumulasi racun atau toksin

Menelan beberapa racun atau toksin. Misalnya, faktor risiko yang diketahui adalah racun yang disebut aflatoksin yang mencemari beberapa makanan (misalnya, kacang yang telah berjamur).

Dengan sering mengkonsumsi makanan yang sudah mengandung toksin akan diakumulasi dalam hati yang pada akhirnya menyebabkan kerusakan pada hati dan memicu pertumbuhan sel-sel kanker.

READ:  Gejala Kanker Tulang Pada Kaki

4.  Peradangan pada usus

Beberapa kondisi yang menyebabkan peradangan persisten pada usus dapat meningkatkan risiko mengembangkan cholangiocarcinoma. Misalnya kolitis ulserativa.

5. Ada beberapa bukti bahwa merokok dapat meningkatkan risiko.

6.Pengaruh cacing hati

Infeksi parasit oleh cacing hati yang meningkatkan risiko mengembangkan cholangiocarcinoma A.

Jadi kanker hati primer merupakan penyakit yang berasal dari dalam hati sendiri yang muncul ketika ada beberapa hal yang memicu sel-sel hati berubah menjadi kanker.

Loading...