Jenis dan Gejala Kanker Hati Primer


Loading...

Jenis dan Gejala Kanker Hati PrimerKanker hati primer artinya kanker yang terjadi dimulai dan berasal dari hati sendiri (jarang terjadi) dan bukan pengaruh metastasis atau hasil penyebaran kanker disekitarnya.

kanker hati primer ini paling sering ditemukan pada individu yang telah berusia diatas 60 tahun serta peluang untuk sembuh sangat minim jika terlambat dideteksi.

Kanker hati primer sendiri sangat beragam jenis dan gejalanya, tetapi gejala dan jenis kanker hati primer yang paling umum dapat anda lihat pembahasan dibawah ini.

Jenis-Jenis Kanker Hati Primer
• Hepatoma.
Hepatoma ini adalah jenis yang paling umum terjadi yang lebih dikenal dengan karsinoma hepatoseluler. Kanker jenis ini berasal dari sel hati (hepatosit) yang menjadi kanker. (Sebagian besar hati terdiri dari hepatosit).
Hepatoma paling sering berkembang menjadi kanker sebagai komplikasi dari sirosis (parut pada hati) atau jenis hepatitis (radang hati).

Hepatoma Fibrolamellar. Hepatoma Fibrolamellar adalah subtipe langka dari hepatoma. Ini biasanya berkembang dalam hati yang sebelumnya sehat.
Cholangiocarcinoma. Cholangiocarcinoma ini berkembang dari sel-sel yang melapisi saluran empedu dan jenis kanker ini sangat jarang terjadi.

READ:  Pilihan Pengobatan Kanker Paru-Paru Stadium 4

• Hepatoblastoma. Hepatoblastoma juga merupakan jenis kanker hati primer yang langka terjadi dan berkembang khusus pada beberapa individu yang masih  anak-anak.

• Angiosarcoma. Angiosarcoma jarang terjadi dan berkembang dari sel-sel pembuluh darah di dalam hati.

Beberapa jenis kanker diatas memang jarang terjadi tapi tidak menutup kemungkinan akan menyerang siapa saja termasuk anda. jadi untuk mengatasi hal ini sebaiknya dengan segera konsultasikan ke dokter ahlinya jika muncul gejala awal dari kanker hati ini.

Apa saja gejala kanker hati primer?
Mungkin tidak ada gejala pada tahap awal penyakit. Ketika kanker tumbuh, gejala pertama yang mengembangkan mungkin cukup jelas dan spesifik. Misalnya, merasa kurang sehat, merasa sakit (mual), kehilangan nafsu makan, penurunan berat badan dan kelelahan.

Banyak orang yang mengembangkan kanker hati primer juga sudah menimbulkan gejala yang berhubungan dengan sirosis. Jadi jika anda sudah memiliki sirosis penyebabnya mungkin karena pengaruh perkembangan kanker hati.

Ketika kanker hati berkembang lebih lanjut, dapat menimbulkan gejala yang lebih spesifik yang juga dapat berkembang menjadi beberapa jenis penyakit seperti:

READ:  Gejala Umum Dari Kista Ovarium

• Nyeri perut atas wilayah hati.
• Penyakit kuning yang ditandai dengan perubahan warna putih mata menjadi kuning. Hal ini disebabkan oleh penumpukan bilirubin kimia yang diproses di hati mengalami penyumbatan sehingga tidak dapat mengalir keluar dari hati dan jadi bocor ke dalam aliran darah.
• Gatal (yang disebabkan oleh penyakit kuning).
• Pembengkakan perut. Hal ini dapat disebabkan oleh pertumbuhan kanker sendiri. Hal ini juga mungkin karena ascites yang merupakan cairan yang menumpuk diperut yang terjadi karena pengaruh gangguan hati.

Kanker hati primer dapat disembuhkan asalkan kita secara dini mendeteksinya dan segera mengambil langkah pengobatan yang tepat terhadapnya.

Dan semoga pembahasan mengenai jenis dan gejala kanker hati primer diatas dapat menjadi masukan yang baik untuk mengetahui kondisi tubuh jika ada gejala pertumbuhan kanker.

Loading...