Manfaat dan Bahaya Kolesterol Pada Tubuh

 

Manfaat dan Kerugian Kolesterol pada TubuhKolesterol tinggi diatas batas normal dapat menimbulkan berbagai gangguan kesehatan. Dan kolesterol tinggi ini umumnya terjadi karena disebabkan oleh pilihan gaya hidup yang tidak sehat seperti diet tinggi lemak jenuh dan kurangnya aktivitas fisik yang memadai.

Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi peningkatan kolesterol juga dapat disebabkan karena obesitas, merokok, minum alkohol secara berlebihan penyempitan arteri, genetika dan beberapa kondisi tertentu yang mendasarinya seperti diabetes , tekanan darah tinggi dan penyakit ginjal atau hati.

Kolesterol adalah zat lemak dalam darah yang sebenarnya dibutuhkan untuk membangun dan mempertahankan membran sel, mengubah sinar matahari menjadi vitamin D dan beberapa fungsi penting lainnya pada tubuh kita.

Namun, ketika kolesterolkolesterol sangat tinggi hiperkolesterolemia) maka dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius dan bahkan fatal . Kolesterol cenderung menumpuk di sepanjang dinding arteri dan meningkatkan risiko penyakit jantung.

Normalnya, kadar kolesterol darah harus tetap di bawah 200 mg / dL ( miligram per desiliter darah ). Hal ini dianggap batas tinggi ketika itu adalah antara 200 dan 239 mg / dL , dan ketika itu meningkat menjadi 240 atau lebih tinggi mg / dL itu dianggap sebagai kolesterol tinggi.

Untuk menguji kadar kolesterol dalam darah seperti jumlah HDL, LDL dan trigliserida adalah digunakan tes profil lipoprotein. Dan HDL (high density lipoprotein) merupakan lipprotein yang baik karena berfungsi untuk mengangkut kolesterol ke hati untuk dipecah dan diolah kembali untuk dimanfaatkan oleh tubuh. Tapi jika seseorang memiliki kadar HDL yang rendah dapat beresiko lebih tinggi terkena penyakit jantung.

Disisi lain, LDL (low density lipoprotein) dianggap sebagai lipprotein yang buruk karena kolesterol LDL ini cenderung menempel disepanjang dinding bagian dalam arteri yang pada akhirnya menyebabkan penyempitan pembuluh darah.

Jadi, kolesterol sebenarnya memiliki manfaat dan kerugian pada tubuh kita. Oleh karena itu kita hanya diberi dua pilihan, jika ingin mendapatkan manfaat dari kolesterol ini jangan berlebihan dalam mengkonsumsi lemak, terutama makanan yang banyak mengadung lemak jahat (LDL).

Pilihan yang kedua adalah jika ingin mendapatkan kerugian dari kolesterol tubuh anda, hindari segala pemicu penyebab peningkatan Kolesterol dalam tubuh anda.

 
 

TOPIK TERBARU:

menghilangkan garus hitam di sudut binir, urat nampak didahi, langit2 mulut kedutan, Cara ampuh meng hilangkn kutil pd wajah dan bintik hitam secara alami, cara mengecilkan lingkar kepala, Tulang pubis, bawang putih obat ganglion, Bibir bawah terbelah, cara membersihkan lubang hidung murai batu, mengatasi telinga kelinci turun sebelah, cara menumbuhkan gigi gingsul di usia remaja, cara mengobati ganglion dengan bawang merah, urat hitam di perut kenari, Cara menumbuhkan tahi lalat, cara menghilangkan bekas tahi lalat dengan tomat