Jenis-Jenis Bakteri Penyebab Meninginitis

Jenis-Jenis Bakteri Penyebab MeninginitisMeningitis adalah peradangan pada meninges (membran yang melapisi sistem saraf pusat) yang disebabkan oleh infeksi virus, bakteri, jamur, parasit dan organisme tertentu.

Perkembangan meningitis ini terkadang tidak menimbulkan gejala sama sekali sehingga sulit untuk dideteksi kehadiran mereka lebih awal.

Dalam banyak kasus meningitis dapat berkembang tanpa gejala sama sekali. Pada tahap awal, gejala mungkin mirip dengan flu.

Namun, orang dengan meningitis dan septicaemia dapat mengalami sakit parah dalam hitungan jam, sehingga sangat penting untuk mengetahui tanda-tanda dan gejala. Gejala awal meningitis pada umumnya seperti muntah, mual, nyeri otot, demam dan sakit kepala.

Jenis-Jenis Bakteri Penyebab Meninginitis

Viral meningitis
Salah satu jenis meningitis adalah viral meningitis yang disebabkan oleh infeksi virus tertentu yang ditularkan melalui gigitan nyamuk yang telah terinfeksi.
Untuk pengobatan viral meningitis belum ada obat khususnya, tapi untungnya viral meningitis ini jarang terjadi dan biasanya dapat sembuh dengan sendirinya dalam waktu seminggu tanpa komplikasi yang ditimbulkannya.

Bakteri Meningitis
Meningitis bakteri merupakana infeksi serius dan sangat umum terjadi. Bakteri meningitis ini sendiri dapat disebabkan oleh tiga jenis bakteri yaitu Haemophilus influenzae tipe b, Neisseria meningitidis (dikenal sebagai meningitis meningokokus), dan bakteri Streptococcus pneumoniae lebih dikenal dengan meningitis pneumokokus.

Jadi dalam pengobatan bakteri Meningitis ini, dokter perlu mengetahui apa jenis meningitis telah menginfeksi pasien. Antibiotik tertentu bisa mengatasi dari beberapa jenis infeksi.

Untuk meningitis bakteri pada bayi yang baru lahir dan bayi prematur disebabkan oleh jenis streptokokus yang disebut streptokokus kelompok B. Bakteri ini biasanya berdiam di vagina dan merupakan penyebab umum dari meningitis pada bayi prematur dan bayi baru lahir selama minggu pertama kehidupan bayi.

Selain streptokokus kelompok B, bakteri escherichia coli yang biasanya berdiam pada saluran pencernaan juga dapat menyebabkan meningitis antara bayi yang baru lahir.

Sementara meningitis yang terjadi selama epidemi, Listeria monocytogenesadalah jenis bakteri yang paling umum menyebabkan meningitis pada bayi yang baru lahir.

Jadi dalam perawatan dan pengobatan yang dilakukan oleh dokter, terlebih dahulu harus mengidentifikasi jenis bakteri penyebab meningitis yang menginfeksi pasien mereka.

Dan demikianlah penjelasan singkat mengenai jenis-jenis bakteri Penyebab Meninginitis diatas semoga bisa menjadi ilmu yang bermanfaat, khususnya bagi yang akan mengambil studi ilmu kedokteran dan ilmu kesehatan lainnya.

 
 

TOPIK TERBARU:

gangguan jin mimisan, jadwal praktek dokter ridwan d pkpn, Kedutan di kandung kemih, cara menghilangkan ganglion dengan bawang merah, cara mengecilkan tulang alis menonjol, cara menghilangkan bekukul di wajah dengan lemon, obat pati roso salep, menghilangkan garus hitam di sudut binir, cara mengecilkan lingkar kepala, Tulang pubis, bawang putih obat ganglion, Bibir bawah terbelah, cara membersihkan lubang hidung murai batu, mengatasi telinga kelinci turun sebelah, cara menumbuhkan gigi gingsul di usia remaja