Perbedaan Antara Stroke dan Serangan Jantung


Loading...

Perbedaan Antara Stroke dan Serangan JantungStroke dan serangan jantung merupakan kondisi medis yang berhubungan dengan pembentukan bekuan dalam pembuluh darah dan penyumbatan arteri sehingga terkadang kita sering kebingungan untuk membedakannya.

Perbedaan antara sroke dan serangan jantung sebenarnya sangat jelas perbedaannya meskipun sama-sama berkaitan dengan masalah pada pembuluh darah karena adanya penyumbatan arteri yang memasok darah ke kedua bagian tubuh tersebut (jantung dan otak).

Untuk melihat dengan jelas apa perbedaan antara serangan jantung dan stroke ini, berikut penjelasannya.
Defenisi antara stroke dan serangan jantung.

Defenisi stroke adalah kematian mendadak beberapa sel-sel otak karena kekurangan oksigen, ketika aliran darah ke otak tersumbat.

Defenisi serangan jantung adalah gangguan yang terjadi pada jantung karena kekurangan pasokan darah ke jantung karena oklusi atau obstruksi arteri koroner dan sering ditandai dengan nyeri dada yang parah.

Penyebab stroke dan serangan jantung

Stroke
Stroke disebabkan karena penyumbatan terjadi di pembuluh darah di leher atau otak. Jika penyumbatan terjadi di batang otak, efeknya termasuk kesulitan dalam mengendalikan ekskresi, sulit bernapas,sulit menelan dan kehilangan kesadaran.

Jika penyumbatan terjadi di bagian depan otak maka dapat mempengaruhi memori, ucapan, komunikasi serta memngganggu kemampuan dalam hal kemampuan logis, analitis dan organisasi Jenis – jenis stroke dibedakan menjadi dua jenis yaitu:

– Embolik ( Stroke yang terjadi akibat sumbatan / gumpalan yang telah terbentuk di tempat lain yang menuju keotak).
– Trombosis ( Stroke yang terjadi karena penyumbatan arteri di dalam otak).

Serangan Jantung

Serangan jantung disebabkan karena penyumbatan arteri di jantung. Penyumbatan ini biasanya disebabkan karena bekuan darah atau plak karena penumpukan kolesterol dalam arteri.

Pembentukan plak ini pada akhirnya menyumbat arteri atau kemudian pecah sehingga trombosit darah menempel membentuk gumpalan.

Nah, jika gumpalan ini melepaskan diri dari dinding arteri maka gumpalan ini akan mengalir kejantung sehingga mencegah aliran darah ke jantung yang pada akhirnya menyebabkan otot-otot jantung mulai mati dan menyebabkan serangan jantung.

Perbedaan lain antara stroke dan serangan jantung seperti:

• Stroke pada dasarnya terkait dengan otak sementara serangan jantung terkait dengan gangguan jantung sendiri.
• Nyeri pada kasus stroke sering diabaikan atau bahkan tidak ada sama sekali dan umumnya diawali dengan hilangnya kontrol di bagian tubuh tertentu seperti lengan atau wajah. Sementara dalam kasus serangan jantung, rasa sakit biasanya ditandai dengan kram pada otot dada atau jantung.
• Stroke diklasifikasikan menjadi dua jenis yaitu hemoragik dan iskemik yang mengindikasikan pecahnya arteri dan pembekuan dalam arteri yang memasok darah ke otak. Jenis-jenis serangan jantung tergantung pada berbagai faktor, seperti tingkat keparahan dari kerusakan sel, tingkat penyumbatan dan lokasi penyumbatan.
• Stroke hanya mempengaruhi bagian tertentu dari otak dan tergantung pada arteri yang terpengaruh. Sementara untuk serangan jantung seluruh jantung akan terpengaruhi.
• Stroke hanya menyebabkan bagian tertentu tubuh yang dikendalikan oleh otak tersebut yang mengalami gangguan pasikan darah, sementara dalam kasus serangan jantung akan mempengaruhi seluruh tubuh.
• Stroke dapat menyebabkan kelumpuhan total atau hanya sebahagian tertentu dari tubuh yang lumpuh. Dalam kasus serangan jantung, otot jantung akan melemahkan atau merusak setiap bagian dari tubuh dalam jangka panjang.
• Gejala umum dari stroke seperti bicara cadel, kebingungan dalam memahami apa yang dikatakan oleh orang-orang sekitar, mengalami masalah penglihatan, penurunan koordinasi gerakan, pusing, otot melemah dan mati rasa pada anggota tubuh tertentu.

Sementara untuk gejala umum dari serangan jantung adalah nyeri di dada, leher, dada terasa sesak, nyeri pada lengan dan diantara tulang belikat, keringat dingin, sesak nafas dll.

Nah, demikianlah beberapa perbedaan antara stroke dan serangan jantung diatas, semoga ada manfaatnya untuk para pembaca konsultasi kedokteran. Terima kasih.

Loading...