Cara Menyembuhkan Jerawat Di Dahi


Loading...

Cara Mengatasi Jerawat Di DahiJerawat di dahi merupakan tempat pertumbuhan jerawat yang paling umum dialami oleh setiap orang. Dan pertumbuhan jerawat didahi ini dapat disebabkan karena beberapa faktor.

Beberapa faktor penyebab pertumbuhan jerawat didahi termasuk ketombe, kelenjar sebaceous yang terlalu aktif, kondisi rambut yang sangat berminyak, dll.

Keberadaan jerawat di dahi selain akan merusak penampilan kulit juga tentu saja bisa mengurangi rasa percaya diri kita. Oleh karena itu jerawat didahi ini perlu segera diobati sebelum semakin tumbuh subur dan akan mengganggu keindahan kulit kita.

Dahi merupakan bagian dari zona-T dan sangat rentan terhadap jerawat. T-zone adalah area pada wajah, yang terdiri dari dahi, hidung, dan dagu.

Zona ini memiliki kelenjar sebaceous yang mengeluarkan sebum, melalui pori-pori. Ketika sebum ini diproduksi secara berlebihan, maka hal tersebut akan mengarah pada penyumbatan pori-pori yang pada akhirnya menyebabkan pertumbuhan bakteri serta menyebabkan jerawat.

Terlepas dari kelenjar sebaceous, beberapa faktor lain yang menyebabkan jerawat di dahi, mulai dari ketombe pada kulit kepala untuk rambut berminyak.

Perubahan hormon yang terjadi selama kehamilan atau siklus menstruasi dapat menjadi faktor penyebab jerawat.

Selain itu, pengaruh stres, merokok, penggunaan narkoba, asupan kafein dan alkohol yang berlebihan, kebiasaan mengknsumsi makanan berminyak dan pedas-pedas, residu dari makeup, dan lain sebagainya dapat menyebabkan pembentukan jerawat dan benjolan di dahi.

READ:  Mengenal Khasiat Tumbuhan Adas (Foeniculum vulgare Mill)

Nah bagi anda yang ingin mencari obat untuk menghilangkan jerawat didahi anda, berikut adalah tips alami yang efektif mengobati jerawat didahi seperti:

Bersihkan permukaan kulit dan teknik penguapan

Membersihkan permukaan kulit dengan bantuan kapas selama lima menit dalam arah melingkar hingga benar-benar bersih.

Selanjutnya, lakukan teknik penguapan wajah untuk membuka pori-pori yang kemungkinan mengalami penyumbatan.
Setelah melakukan penguapan kulit wajah, gunakan scrub lembut pada kulit dan mencucinya dengan air hangat dan diakhiri dengan toner atau lotion antiseptik untuk menutup kembali pori-pori kulit.

“ Air kelapa sangat baik digunakan sebagai toner karena membuat kulit lembut dan senantiasa tetap lentur”.

Mencuci rambut

Seperti disebutkan sebelumnya bahwa jerawat dahi bisa disebabkan karena ketombe atau rambut berminyak. Itulah sebabnya mengapa kita harus rutin menggunakan shampo anti ketombe.

Mencuci rambut dengan menggunakan shampo yang mengandung ketokonazol setidaknya seminggu sekali karena shampo yang mengandung ketokonazol tersebut merupakan obat antijamur dan juga sebagai bahan anti ketombe.

Daun cendana atasi jerawat di dahi

Ambil selembar hingga 3 lembar daun cendana kemudian dihaluskan agar membentuk pasta sebagai obat oles jerawat. Anda juga dapat menambahkan air mawar atau jus mentimun untuk pasta ini.
Jika ingin membuat kulit lebih bersinar lagi, gunakan 2 sdt bubuk cendana, 1 sdt madu dan ½ sdt bubuk kunyit untuk membuat pasta pencerah kulit.

READ:  Obat Infeksi Telinga karena Jamur

“ untuk kulit kering, jangan lupa tambahkan beberapa tetes susu pada pasta ini agar kulit anda tidak semakin kering ”.

Jus Lemon atasi jerawat didahi

Terapkan jus lemon dengan menggunakan bola kapas secara teratur pada dahi untuk mendapatkan kulit yang lebih cerah. Bagi anda yang ingin membasimi jerawat didahi anda namun kulit anda tergolong kulit yang sensitif, anda bisa mencampur jus lemon tersebut dengan air mawar.

“ Jus lemon bersifat asam sehingga bisa menyebabkan kulit kering, oleh karenanya, tambahkan 1 sendok teh madu pada jus lemon anda sebelum mengaplikasikannya.

Sebenarnya masih sangat banyak cara untuk mengobati jerawat didahi atau pada bagian kulit lainnya, namun hal diatas biasanya sudah cukup untuk menuntaskan masalah pertumbuhan jerawat.

Loading...