Penyebab Kaki Bengkak dan Menghitam Pada Lansia


Loading...

Penyebab Kaki Bengkak dan MenghitamPenyebab kaki bengkak dan menghitam pada lansia umumnya disebabkan oleh buruknya sirkulasi di ekstremitas bawah termasuk kaki dan paha.

Penyebab buruknya sirkulasi darah pada kaki disebabkan oleh penumpukan plak di arteri yang memasok darah ke bagian kaki. Hal ini ditandai dengan beberapa gejala yang bisa dirasakan seperti nyeri, mati rasa atau kesemutan pada kaki.

Darah adalah cairan tubuh khusus yang melakukan fungsi vital mengangkut oksigen dan nutrisi ke berbagai bagian tubuh. Jika arteri yang memasok darah ke bagian tertentu dari tubuh terhambat maka dapat menyebabkan kaki bengkak dan menghitam serta sejumlah gejala lainnya.

Masalah peredaran darah bisa juga timbul jika katup dalam pembuluh darah tidak bekerja dengan benar. Dalam keadaan seperti itu, darah yang terdeoksigenasi terhambat dari kembali ke jantung. Hal ini menyebabkan darah mengumpul di pembuluh darah.

Penyakit Vascular Peripheral (PVD) merupakan istilah umum yang digunakan untuk kondisi medis yang terkait dengan penyumbatan pada pembuluh darah besar yang tidak terletak di jantung atau otak. Gangguan pembuluh darah perifer sering ditandai dengan aliran darah yang berkurang ke atau dari kaki.

READ:  Gejala Defisiensi Vitamin B Kompleks Berdasarkan Jenisnya

Orang-orang yang membuat pilihan gaya hidup yang buruk lebih mungkin akan terpengaruh oleh masalah sirkulasi. Sirkulasi darah yang buruk ini memang lebih sering diamati pada orang tua atau orang-orang yang dipengaruhi oleh kondisi medis tertentu.

Beberapa Faktor yang bisa menyebabkan buruknya sirkulasi darah ke kaki antara lain :

• Penyakit arteri peripheral (penyempitan dan pengerasan pembuluh darah perifer),
• penyakit thromboangiitis obliterans (peradangan pada arteri dan vena pada lengan atau kaki),
• Deep vein thrombosis ( pembentukan gumpalan darah di pembuluh darah yang terletak jauh di dalam otot),
• Tromboflebitis (peradangan yang disebabkan oleh gumpalan darah),
• Varises Vena (pembuluh darah membesar atau bengkok)
• Dll.

Jadi masalah pembengkakan atau menghitamnya pada bagian kaki pada lansia karena buruknya sirkulasi darah kekaki yang kemungkinan besar disebabkan oleh salah satu dari masalah diatas.

Loading...