Penyebab Sakit Kepala Dimalam Hari

 

Penyebab Sakit Kepala Dimalam HariSakit kepala bisa muncul kapan saja dan biasanya karena berhubungan dengan kelelahan, flu, demam, depresi ataupun stres. Namun dalam beberapa kasus, sakit kepala ini hanya muncul dimalam hari.

Sakit kepala yang hanya muncul dimalam hari seringkali menunjukkan adanya sesuatu yang lebih serius. Dan sakit kepala yang terjadi hanya dimalam hari saja terkadang dapat membangunkan kita dari tidur nyenyak.

Dan pada pembahasan kali ini kita akan melihat penyakit apa saja yang berhubungan dengan sakit kepala dimalam hari. Dan berikut pembahasannya.

Penyebab Sakit Kepala Dimalam Hari

Penyebab ringan sakit kepala

– Migraine

Serangan Migrain bisa dipicu hanya pada malam hari dan jenis sakit kepala migraine biasanya karena faktor genetik. Orang yang menderita migrain kronis mengalami rasa sakit yang tajam pada dahi dan kepala dibagian samping.

Migraine ini dapat membuat tidur kita terganggu dan rasa sakit tetap terjadi sepanjang malam. Tapi untungnya migraine ini bisa reda setelah minum obat.

– Sakit kepala hypnic

Sakit kepala hypnic ini terjadi lebih sering setelah usia 50 tahun. Seseorang bisa bangun tiba-tiba dari mimpinya karena sakit kepala yang menyakitkan.

Sakit kepala hypnic menyebabkan mual dan muntah. Nyeri dirasakan pada kedua sisi kepala dan dokter menduga itu menjadi konsekuensi dari mimpi berulang. Seseorang yang menderita sakit kepala hypnic sangat sensitif terhadap cahaya dan suara.

– Sakit kepala Cluster

Sakit kepala Cluster menyebabkan banyak ketidaknyamanan di malam hari. Hal ini hanya ditoleransi karena serangannya hanya sesekali saja.

Gejala sakit kepala cluster ini biasanya kepala mulai berdenyut di malam hari dan seseorang mungkin terbangun dan mendapati dirinya sedang dipenuhi keringat.

Sakit kepala cluster dapat diatasi dengan pemberian obat-obatan atau melakukan terapi oksigen pada pasien.

– Sakit kepala sinus

Mereka yang sudah menderita sinusitis lebih rentan terhadap sakit kepala setiap sore dan dimalam hari.

Penderita sakit kepala sinus ini sangat sensitif terhadap cuaca dingin dan nyeri tumpul bisa berlanjut sepanjang malam. Untungnya, obat sinus serta obat penghilang rasa sakit yang diberikan untuk mengurangi rasa sakit.

Penyebab serius Sakit kepala

– Tumor Otak

Tumor otak dapat menyebabkan rasa sakit di kepala di malam hari dengan nyeri berat pada bagian belakang kepala.
Rasa sakit bisa dialami bahkan saat tidur dan jika tidak diobati dapat menyebabkan mati rasa.

Dan dalam kondisi seperti diatas, kita harus segera didiagnosis dengan sinar-X atau CT scan untuk memastikan bahwa sakit kepala tersebut karena tumor otak ataukah bukan.

– Sleep Apnea

Individu yang menderita sleep apnea (gangguan bernafas saat tidur) juga bisa menyebabkan sakit kepala dimalam hari.

Perubahan aliran udara menyebabkan pernapasan berhenti sementara sehingga penderitanya bangun terengah-engah, bersama dengan sakit kepala menusuk.

– Hipoglikemia

Jika seseorang memiliki kadar gula darah yang rendah (Hipoglikemia) maka ia pasti akan memiliki sakit kepala konstan di malam hari. Untungnya dengan diet yang kaya glukosa sebelum tidur bisa membantu masalah Hipoglikemia ini.

– Hematoma subdural

Hematoma subdural adalah jenis cedera otak traumatis, dimana pendarahan terjadi di sekitar permukaan otak. Perdarahan berlangsung antara masalah dura otak dan darah terakumulasi pada lapisan meningeal luar.

– Arteritis sel raksasa

Arteritis sel raksasa adalah radang selaput arteri yang membawa darah dari jantung ke seluruh tubuh. Hal ini menyebabkan sakit kepala kronis bersama dengan penglihatan kabur.

Arteritis sel raksasa juga dikenal sebagai arteritis kranial atau arteritis temporal. Biasanya pemberian kortikosteroid dapat diberikan untuk mengurangi sakit kepala.

Menghindari makan cokelat, keju, dan makanan yang diperkaya dengan MSG diperkaya dapat memicu sakit kepala.
Merokok berlebihan, minum dan sering mengonsumsi obat-obatan tertentu harus dihentikan untuk menghilangkan sakit kepala.

Sakit kepala yang sering muncul dimalam hari bisa disebabkan karena kondisi ringan atapun karena pengaruh medis yang cukup serius.

Jadi, cara terbaik untuk keluar dari permasalahan ini yaitu kunjungi dokter anda untuk memastikan apa penyebab sakit kepala anda.

 
 

TOPIK TERBARU:

manfaat telur ikan belanak, bawang putih obat ganglion, manfaat ranee whitening cream plus, arti kedutan langit-langit mulut, kelainan bentuk panggul wanita, kdutan paha kiri, Arti KEDUTAN pada testis, bokong berbintik, bekas cakaran di badan, Cara membesarkan wajah dan kepala, Bibir bawah terbelah, pegal pangkal paha, glukosin, apa bedanya jerawat dan bekukul, air infus untuk rambut rontok