Gejala Tersumbatnya Tuba Fallopi


Loading...

Gejala Tersumbatnya Tuba FallopiBanyak wanita sulit hamil karena penyumbatan pada tuba fallopi sementara wanita tidak menyadari hal tersebut mengingat gejala penyumbatan tuba fallopi tidak menonjol sehingga sulit untuk di identifikasi.

Gejala penyumbatan tuba fallopi ini akan dibahas dibawah ini, namun sebelumnya mungkin ada baiknya kita mengetahui dulu mengenai apa fungsi tuba fallopi serta apa yang menyebabkan tuba fallopi ini bisa tersumbat.

Saluran tuba (tuba fallopi merupakan bagian dari sistem reproduksi wanita yang menghubungkan ovarium dengan rahim. Panjang tuba fallopi sendiri sekitar 10-12 cm dan hadir di kedua sisi rahim.

Fungsi utama saluran tuba adalah untuk mengangkut telur dari ovarium ke rahim. Kadang-kadang, karena alasan tertentu saluran tuba bisa terblokir yang menyebabkan sel telur sulit mencapai rahim sehingga wanita bisa mandul.

Alasan utama penyumbatan tuba fallopi

Salpingitis adalah penyebab yang paling menonjol dari penyumbatan saluran tuba. Salpingitis merupakan infeksi atau peradangan pada saluran tuba yang menyebabkan tuba fallopi membengkak.

Penyakit radang panggul ataupun jenis penyakit menular seksual (PMS) juga dapat menyebabkan saluran tuba tersumbat. Beberapa alasan lain penyebab penyumbatan saluran tuba diantaranya adalah:

READ:  Gumpalan Darah Haid yang Abnormal

• Bedah di panggul
• Sebelumnya pernah mengalami kehamilan ektopik
• Sejarah infeksi rahim
• Apendisitis
• Endometriosis
• Peritonitis
• Prosedur ligasi tuba
• Dll.

Selain beberapa alasan diatas, hidrosalping (cairan encer atau nanah pada saluran tuba) mengakibatkan penyumbatan.

Tanda dan gejala penyumbatan saluran tuba

Seperti yang telah disinggung sebelumnya diatas bahwa gejala penyumbatan saluran tuba tidak terlalu menonjol. Bahkan beberapa wanita tidak mengalami gejala sama sekali. Sementara itu, gejala penyumbatan saluran tuba juga sangat bervariasi dan tergantung penyebabnya.

Jika penyumbatan pada saluran tuba disebabkan karena penyakit radang panggul, wanita mungkin mengalami rasa sakit saat menstruasi. Demikian pula, nyeri selama hubungan seksual dapat dialami jika tuba falopi tersumbat karena infeksi. Di sisi lain, sakit perut merupakan gejala hidrosalping.

Loading...