Sumber Makanan Vitamin B1 Dan Manfaatnya


Loading...

Sumber Makanan Vitamin B1Dan ManfaatnyaThiamin atau vitamin B1 merupakan vitamin yang larut dalam air yang banyak kita temukan dalam makanan dan berperan penting dalam meningkatkan kesehatan tubuh.

Tapi tahukah anda apa saja sumber makanan dan manfaat Thiaminini? Berikut ini pembahasannya.

Seperti sebagian besar vitamin B, Thiaminberperan dalam mengatur tubuh dalam menggunakan atau memanfaatkan energi dari makanan serta meningkatkan fungsi sel-sel tubuh.

Fungsi Thiamin(vitamin B1) secara khusus yaitu membantu tubuh mengubah karbohidrat menjadi energi untuk metabolisme, mengoptimalkan kinerja otak dan memberi kekuatan pada tubuh.

Thiaminatau vitamin B1 ini juga memainkan peran dalam meningkatkan fungsi hati, meningkatkan kesehatan dan kulit, mata, rambut, dan kuku.

Oleh karena itu jangan sepelekan vitamin yang satu ini jika ingin tubuh anda tetap sehat dan cantik. Dan sebaiknya penuhi kebutuhan tubuh anda dengan Thiaminini setidaknya 1,2 mg / hari untuk pria dan 1,1 mg / hari untuk wanita.

Defisiensi B1 Thiaminsendiri disebabkan oleh kurangnya mengkonsumsi makanan hewani serta berlebihan dalam mengkonsumsi alkohol. Dan pada mereka yang mengalami defisiensi vitamin B1 ini akan mengalami gejala-gejala seperti:

• Degenerasi saraf
• Kelelahan kronis
• Atrofi otot (menyusutnya otot)

Nah, untuk mengetahui sumber makanan yang diperkaya dengan Thiaminatau vitamin B1 ini, lihat daftarnya dibawah ini.

READ:  8 Manfaat Vitamin D dan Risikonya Pada Kesehatan

1) Kacang Hijau (1 cangkir: 0.386 mg)
2) Asparagus (1 cangkir: 0.19mg)
3) Biji bunga matahari (¼ cangkir: 0,17 mg)
4) Bayam ( 1 ikat: 0,265 mg)
5) Semangka,
6) Wortel,
7) Daging,
8) Ikan,
9) Telur, Dll.

Penderita defisiensi Thiaminmemang relatif jarang karena mereka sangat melimpah disejumlah makanan tapi jika tubuh kekurangan vitamin ini dapat menyebabkan Beri-beri, gejala yang meliputi gagal jantung, kelemahan otot, kebingungan, dan rasa panas pada tangan dan kaki.

Loading...