Makanan Pilihan Untuk Dektosifikasi Hati


Loading...

200319603-001Hati merupakan salah satu organ vital bagi tubuh dimana perannya sangat diperlukan dalam mendetoksifikasi darah dan juga membantu dalam pencernaan melalui penciptaan empedu.

Diera moderen ini hampir segalanya mengandung racun bagi tubuh baik yang kita makan, minum maupun racun yang masuk melalui kulit kita.

Untungnya tubuh kita dilengkapi dengan organ hati yang tidak hanya sebagai dektosifikasi darah tetapi juga berfungsi sebagai tempat penyimpanan vitamin, zat besi, glukosa alami.

Fungsi dari hati lainnya adalah menghancurkan sel-sel darah merah yang telah tua, mengkonversi amonia menjadi urea dan lain sebagainya.

Tapi yang perlu kita ketahui pula bahwa hati bisa mengalami penurunan fungsi bahkan dapat mengalami kerusakan ketika kita tidak menjaga kesehatan hati kita sendiri.

Nah, salah satu cara untuk menjaga agar hati kita tetap sehat yaitu dengan membantu membersihkan hati kita dari racun-racun yang telah disaringnya.

Caranya melakukan pembersihan hati ini sebenarnya tidak sulit, yaitu cukup dengan selalu mengkonsumsi beberapa jenis makanan yang bersifat makanan dektosifikasi tubuh. Dan berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang dimaksud, seperti:

READ:  Obat Alami Untuk Penyakit Asam Urat

Wortel

Wortel diperkaya dengan vitamin A, vitamin K, kalium, molibdenum, serat makanan, vitamin C, vitamin B6, asam pantotenat, niasin, mangan, fosfor, folat, tembaga, vitamin B2, vitamin E, zat besi, dan glutathione.

Glutathione adalah protein yang membantu dalam detoksifikasi hati. Dengan mengkonsumsi wortel secara teratur dapat membantu meningkatkan dan merangsang fungsi hati.

Jika anda mengkonsumsi wortel mentah maka hal ini akan memberikan manfaat dalam meningkatkan fungsi hormon.
Makan setiap hari wortel sangat membantu untuk memperbaiki struktur selular dari epidermis yang memberi kita perlindungan dari sinar UV dan mengurangi pengelompokan butiran melanin yang mengurangi bintik-bintik gelap dan pigmentasi.

Mengkonsumsi wortel secara rutin juga membuat kulit semakin sehat dengan mengurangi produksi sebum dan juga mengurangi masalah jerawat.

Kunyit

Kunyit merupakan rempah-rempah dansering dijadikan sebagai bumbu masakan. Selain sebagi bumbu dapur, kunyit juga sering dimanfaatkan sebagai bahan ramuan obat tradisional yang mrmbrikan manfaat besar untuk menciptakan tubuh agar tetap sehat.

Kunyit juga merupakan makanan terbaik untuk detoksifikasi tubuh termasuk dalam meningkatkan detoksifikasi hati
Kunyit juga diperkaya dengan sodium, vitamin B6, serat tidak larut, asam lemak dan asam amino. kunyit digunakan untuk sakit perut, jantung terbakar, arthritis, diare, pendarahan lambung, usus gas, sakit kuning, kehilangan nafsu makan, gangguan kandung empedu, dan masalah hati.

READ:  Askep Tentang Masalah Nyeri Otot (Myalgia)

Seperti yang telah disinggung diatas bahwa kunyit sebagai bahan utama dalam pembuatan ramuan tradisional untuk mengobati berbagai keluhan dan gangguan kesehatan.

Beberapa manfaat kunyit dalam pengobatan tradisional yaitu untuk mengobati bronkitis, meningkatkan fungsi paru-paru, mengatasi pilek, sakit kepala, kusta, kanker, penyakit ginjal dan penyakit Alzheimer, mengurangi nyeri haid dan lain sebagainya.

Jenis makanan dan minuman yang membantu dalam dektosifikasi hati adalah teh hijau, buah kenari, buah apel, buah alpukat, dan sebagainya.

Dengan sering mengkonsumsi beberapa jenis buah dan sayuran diatas akan menciptakan hati yang sehat dan tubuh yang tetap prima sepanjang usia.

Loading...