Obat Herbal Penghilang Rasa Gatal Pada Kulit


Loading...

Obat Herbal Penghilang Rasa Gatal Pada KulitJangan katakan jika Anda saat ini sedang merasakan gatal yang luar biasa pada kulit Anda sehingga artikel ini mampir pada pencarian Anda. Semua orang tentunya sudah merasakan rasa gatal-gatal. Pada kesempatan ini konsultasi kedokteran akan memberikan informasi mengenai gejala gatal-gatal, penyebab gatal, dan juga bagaimana cara mengatasi gatal gatal dengan cara alami tanpa memakai obat-obatan yang mengandung kimia.

Dalam dunia medis, gatal-gatal disebut dengan pruritus, gatal dapat mengenai salah satu tempat saja, dapat juga mengenai seluruh tubuh. Demikian pula dengan kelainan kulit yang menyertainya. Ada gatal tanpa disertai kelainan kulit, ada juga gatal yang muncul bersama kelainan kulit seperti bentol, merah, bersisik, dan lain sebagainya.

Gejala Gatal-gatal
Gejala gatal-gatal dapat terlokalisasi pada salah satu bagian tubuh, misalnya pada sela paha (gatal jamur) atau sela jari tangan (gatal skabies), dapat juga mengenai seluruh tubuh (gatal alergi, gatal akibat penyakit liver, ginjal, dsb). Tergantung penyebab, gatal dapat disertai dengan gejala bentol-bentol berisi cairan, bentol kecil disertai kulit bersisik di sekitarnya, kemerahan, kulit kering dan pecah-pecah, dll.

Selain itu, dari segi perjalanan penyakit, ada gatal yang berlangsung lama dan susah disembuhkan, ada pula yang hanya berlangsung singkat. Hal ini sekali lagi, tergantung pada penyebabnya. Gatal seringkali menjadi semacam lingkaran setan. Orang yang gatal otomatis akan menggaruk. Tetapi semakin digaruk, semakin gatal, dan tambah digaruk lagi. Akibat garukan yang keras, kulit dapat mengalami kerusakan. Jika hal ini terjadi, maka kulit rentan mengalami infeksi yang ditandai dengan bengkak, basah, dan bernanah.

Penyebab Gatal-gatal:
Stres, cemas, dan gangguan emosional;
Kulit kering;
Radiasi ultraviolet dari sinar matahari;
Gangguan metabolisme atau gangguan hormonal (penyakit ginjal, hormon tiroid);
Kanker;
Reaksi terhadap obat, bahan kimia, atau kosmetik;
Penyumbatan kandung empedu;
Penyakit darah;
Alergi terhadap makanan, gigitan serangga, getah pohon, dan sebagainya;
Infeksi bakteri atau jamur;
Infestasi parasit, misalnya skabies atau Kutu rambut.

Lalu apa saja yang dapat dijadikan sebagai obat penghilang rasa gatal ada kulit?
Daun kelor
yang berkhasiat untuk sembuhkan gatal-gatal pada kulit Anda. Cara menggunakannya adalah dengan mencampurnya dengan bawang merah dan pulosari. Rebus menjadi satu hingga matang lalu minum airnya setiap hari secara teratur. Selain itu ada juga daun komfrey yang tinggal direbus dengan dicampurkan garam secukupnya.

Daun kayu putih yang direbus
Bila gatal yang timbul dikarenakan alergi Anda bisa atasinya dengan mengggunakan daun kayu putih yang direbus lalu airnya digunakan untuk membasuh bagian kulit yang gatal. Daun salam juga bisa digunakan sebagai daun yang ditempelkan di bagian kulit yang gatal. Batang kamboja juga ternyata memiliki khasiat sebagai obat alami untuk sembuhkan gatal-gatal. Haluskan saja batang kamboja hingga lembut. Lalu balurkan ke kulit Anda.

Daun biduri dan minyak kelapa
Campurkan daun tersebut dengan minyak kelapa bisa meredakan gatal yang terasa di kulit Anda.Ada banyak sekali bahan seperti daun-daunan mahkota dewa, salam yang sangat ampuh bisa sembuhkan gatal pada kulit dengan cepat. Bila Anda tidak mau ribet, Anda bisa gunakan salep yang terbuat dari bahan-bahan alami diatas.

Kulit bunga kamboja
Bunga kamboja termasuk jenis tanaman yang sering dikaitkan dengan hal yang berbau mistik karena umumnya bunga kamboja banyak kita jumpai dipemakaman, walaupun dewasa ini sudah banyak yang menjadikan bunga kamboja sebagai tanaman hias, bunga kamboja juga memiliki manfaat untuk mengobati penyakit gatal-gatal yang sedang kita derita, caranya siapkan kulit batang bunga kamboja secukupnya, cuci sampai bersih kemudian kita tumbuh atau giling sampai lumat, setelah itu balurkan pada bagian tubuh yang gatal dengan catatan bagian tubuh yang ingin kita obati sudah dibersihkan, lakukan terapi ini dengan rutin.

Selain dari beberapa obat herbal diatas, ada juga obat penghilang rasa gatal-gatal yaitu dengan menggunakan oli bekas kendaraan. Walaupun kotor, oli tersebut mampu atasi gatal pada kulit dengan mudah. Tetapi penggunaan oli bekas tersebut harus diperhatikan dengan benar penggunaanya dan juga frekuensi pemakaiannya.

Loading...