Konsul Seputar Hamil dengan Riwayat Kanker Payudara

Konsul Seputar Hamil dengan Riwayat Kanker PayudaraHamil dan memiliki momongan merupakan keinginan setiap wanita. Namun permasalahannya apakah boleh wanita hamil jika sebelumnya memiliki riwayat penyakit kanker payudara? Pertanyaan ini yang sering menjadi pemikiran oleh setiap wanita yang memiliki riwayat sehingga takut untuk hamil, karena dikhawatirkan perubahan hormon memicu kekambuhan kanker. Namun studi menemukan hal yang berbeda mengenai  masalah ini.

Sebuah peneliti mengungkapkan jika wanita yang menderita atau pernah memiliki kanker payudara bisa dengan aman memiliki bayi tanpa harus memiliki kekhawatiran tumornya akan muncul kembali. Hasil studi yang dipresentasikan dalam European Breast Cancer Conference (EBCC-8) di Wina, Austria menemukan bahwa tidak ada perbedaan dalam tingkat kelangsungan wanita yang menderita kanker payudara dan hamil dengan yang tidak hamil.

Seorang onkologis dari Jules Bordet Institute di Brussels, Jerman menganalisis 333 wanita yang hamil setelah didiagnosis menderita kanker payudara dan dibandingkan dengan 874 perempuan dengan kanker yang sama tapi tidak hamil. Peneliti menindaklanjutinya selama hampir 5 tahun setelah hamil. Studi yang diberikan oleh onkologis ini menunjukkan tidak ada perbedaan dalam jangka waktu bertahan hidup dibanding dengan perempuan yang tidak hamil. Serta pasien yang hamil dalam waktu 2 tahun ternyata memiliki kelangsungan hidup bebas penyakit yang lebih baik.

Onkologis dari Jerman ini juga menambahkan “dulu ketika waita yang memiliki riwayat kanker payudara hamil, maka beberapa dokter menyarankan untuk melakukan aborsi karena takut memiliki efek yang merugikan terhadap hasil yang sudah didapatkan”. Tapi kami menemukan bahwa hal itu tidak benar dan hasilnya adalah sama, terlepas dari apakah kehamilan itu sudah selesai atau tidak. Aborsi tidak boleh dipromosikan untuk alasan terapeutik pada pasien.

Kesimpulannya jika hasil studi ini menunjukkan secara meyakinkan bahwa kehamilan saat wanita memiliki diagnosis kanker payudara adalah aman. Sementara seorang Profesor dari University of Edinburgh selaku ketua konferensi menuturkan bahwa ini merupakan studi penting karena bisa memberikan rasa percaya diri bagi perempuan untuk hamil dan membesarkan anak setelah mendapat perawatan kanker.

 
 

TOPIK TERBARU:

kalori ikan manyung, fungsi empedu labi labi, doa penumbuh rambut kepala, Doa penumbuh rambut, getah yang membuat kulit mati rasa, doa menumbuhkan rambut, hidung cucak ijo tersumbat, bibir belah, cara menumbuhkan bulu hidung, cara melebarkan jidat, doa untuk menumbuhkan gigi, cara menghilangkan tratak, manfaat empedu bulus, Cara menumbuhkan tahi lalat, tempik anak kecil