Mengapa Saat Hamil Muda Rasa Mengantuk Tidak Seperti Biasanya?

 

Mengapa Saat Hamil Muda Rasa Mengantuk Tidak Seperti BiasanyaSekarang ini Anda sedang merasakan adanya janin dalam perut Anda namun yang membuat Anda bingung mengapa saat hami muda rasa ingin tidur tidak seperti biasanya? Apa yang harus Anda lakukan? Sebetulnya jika dilihat dari kacamata ilmu kedokteran, perubahan hormon selama kehamilan memang dapat mengakibatkan gangguan tidur seperti rasa kantuk berlebihan, insomnia, dan restless leg syndrome.

Jika Anda melakukan konsul kedokter kandungan maka Anda akan diberi tahu jika hal itu merupakan hal yang wajar sebab saat hamil muda, perubahan hormon secara besar-besaran sedang terjadi, hormon progesteron meningkat tajam dan pada saat itu pula fetus berkembang membentuk organ-organ tubuh. Hal ini membuat mama jadi cepat lelah dan selalu mengantuk, bahkan kantuk dan lelah yang lebih dari biasanya ini sering dianggap sebagai gejala awal kehamilan.

Sebelumnya jika Anda mengalami ngantuk yang berlebih saat hamil muda berarti daya tahan tubuh Anda baik dan kebal terhadap syndorme hamil muda, bisa menahan rasa mual dan pusing. Memasuki trimester kedua, saat hormon mulai stabil biasanya mama akan merasa lebih berenergi dan tidak lagi mengantuk berlebihan. Namun di trimester ketiga, ketika kandungan semakin berat dan berat janin tumbuh pesat mama biasanya akan mengalami ketidaknyamanan sehingga sulit tidur nyenyak di malam hari. Akibatnya mama mudah merasa lelah dan mengantuk di siang hari.

Sebaiknya Mama tetap menghindari kopi dan soft drinks karena kalaupun kantuk hilang, itu hanya sementara. Lebih baik beristirahat yang cukup dan mengonsumsi cemilan sehat agar tetap berenergi dan tidak mudah lelah.

Lakukan hal penting berikut ini:

· Sebaiknya Mama tetap menghindari kopi dan soft drinks karena kalaupun kantuk hilang, itu hanya sementara.

· Lebih baik beristirahat yang cukup dan mengonsumsi cemilan sehat agar tetap berenergi dan tidak mudah lelah.

· Jika Mama terus-menerus merasa lesu, letih, dan mengantuk, coba konsultasikan dengan dokter, mungkin saja Mama menderita anemia. Biasanya dokter akan meresepkan suplemen zat besi untuk mengatasi anemia.

 
 

TOPIK TERBARU:

jadwal praktek dokter ridwan d pkpn, Kedutan di kandung kemih, cara menghilangkan ganglion dengan bawang merah, cara mengecilkan tulang alis menonjol, cara menghilangkan bekukul di wajah dengan lemon, obat pati roso salep, menghilangkan garus hitam di sudut binir, urat nampak didahi, langit2 mulut kedutan, Cara ampuh meng hilangkn kutil pd wajah dan bintik hitam secara alami, cara mengecilkan lingkar kepala, Tulang pubis, bawang putih obat ganglion, Bibir bawah terbelah, cara membersihkan lubang hidung murai batu