Cara Paling Ampuh Memberantas Kutu Kepala Secara Alami

Cara Paling Ampuh Memberantas Kutu Kepala Secara AlamiKutu kepala atau sering disebut dengan kutu rambut merupakan parasit yang dapat bertahan hidup dengan menghisap darah yang ada di kepala. Dari segi ukuran kutu kepala, ternyata kutu betina mempunyai tubuh yang lebih besar dari pada kutu jantan dan dapat berkembang biak dengan cepat di rambut, kutu betina mampu bertelur sebanyak enam buah sehari dan telur-telur ini akan selalu melekat kuat pada rambut.

Telur-telur ini akan menetas setelah kurang lebih 8 hari. Kutu rambut ini timbul biasanya disebabkan karena tertular oleh orang yang memang mempunyai kutu pada kepalanya selain itu karena kurangnya menjaga kebersihan pada rambut kita. Bagaimana tanda-tanda yang ditimbulkan bila kita mempunyai kutu rambut?

1. Gatal yang kuat pada permukaan kepala disebabkan oleh zat yang terkandung di dalam air liur kutu rambut yang merupakan racun yang menyebabkan alergi pada kulit kepala kita yang akan menimbulkan rasa gatal pada kulit kepala.

2. Terdapatnya telur-telur kutu yang kecil terlihat seperti ketombe tetapi tidak mudah dikeluarkan atau rontok.

3. Munculnya tanda-tanda merah pada permukaan kepala, leher dan belakang telinga.

Untuk itu ada beberapa cara untuk membasmi kutu rambut seperti dibawah ini :

1. Sisir serit
Sisir bergigi rapat ini dapat anda gunakan untuk menyisir rambut yang terkena kutu karena bergigi rapat maka akan membuta kutu yang tersisir atau pun telurnya turun kebawah. Namun sebelum dan sesudah menggunakannya pastikan dalam keadaan bersih, jangan sampai ada kutu yang tertinggal di sisir tersebut.

2. Minyak Kelapa
Balurkan minyak kelapa secukupnya pada kulit kepala serta rambut anda, setelah itu tutuplah rambut anda menggunakan shower-cap atau plastik topi mandi. Diamkan selama beberpa menit atau kurang lebih 30 menit setelah itu baru keramas menggunakan shampoo seperti biasa

3. Bawang Merah
ambil bawang merah secukupnya kemudian hancurkan sampai lembut atau anda bisa menggunakan blender kemudian oleskan ke kulit kepala sampai merata lalu tutup dengan topi mandi selama beberapa menit lalu bersihkan sambil keramas.

4. Minyak Kayu Putih dan Jeruk Nipis
Campur beberapa sendok minyak kayu putih dengan air perasan jeruk nipis. Gunakan campuran tersebut untuk membasahi rambut, dan pijatlah kulit kepala dan remas-remaslah rambut dengan merata selama beberapa menit. Tutuplah kepala dengan topi mandi plastik dan biarkan selama satu jam. Kemudian, keramas sampai bersih. Sisir rambut dengan sisir khusus untuk membersihkan telur-telur kutu yang masih melekat. Ulangi beberapa kali dalam seminggu benar-benar bebas kutu.

Bagi yang ingin praktis dapat juga menghilangkan kutu kepala dengan cara:

memotong rambut menjadi lebih pendek untuk menghentikan pertumbuhan kutu tidak semakin banyak. Sedangkan pada pria bisa sampai benar-benar pendek, agar tak ada lagi kutu tinggal pada kulit kepala. Sebenarnya rambut jarang dipotong pun tak masalah, asalkan anda mau membersihkan, dalam artian keramas secara rutin agar rambut selalu bersih atau dengan membeliĀ  produk atau obat pembasmi kutu yang bisa didapatkan di toko obat maupun apotik, memang hasilnya akan lebih efektif namun karena menggunakan zat kimia kemungkinan akan ada efek sampingnya bagi rambut.

 
 

TOPIK TERBARU:

doa untuk menumbuhkan gigi, bibit sigar gambir, sigar gambir maksudnya, getah yang membuat kulit mati rasa, Cara membuat bibir terbelah tengah, cara menghilangkan tratak, manfaat empedu bulus, Cara menumbuhkan tahi lalat, tempik anak kecil, cara membesarkan tengkorak kepala, pedovilia, diaphoresis adalah, tratak di wajah, manfaat salep sriti, cara mengecilkan kepala secara alami