Memeriksa Kesehatan Bayi dengan Menghitung Gerakannya


Loading...

Memeriksa Kesehatan Bayi dengan Menghitung GerakannyaJangan mengira jika bayi yang ada dalam kandungan ibu kesehatannya tidak perlu  untuk diperiksa. Lalu bagiamana cara memeriksa kesehatan bayi yang ada dalam kandungan? Cara untuk memeriksa kesehatan bayi Anda adalah dengan menghitung jumlah gerakan bayi pada periode tertentu setiap hari. Jumlah ini adalah jumlah gerakan fetus. Bayi tidak bergerak secara konstan, terkadang mereka tidur lalu terbangun kemudian bergerak.

Bagaimana Menghitung Gerakan Fetus

– Pilih waktu dalam 1 hari dimana bayi Anda sangat aktif

– Berbaringlah dengan nyaman di sisi kiri atau kanan Anda

– Anda mungkin ingin makan atau minum sesuatu terlebih dahulu. Makanan dapat membuat bayi menjadi lebih aktif

– Bayi Anda mungkin akan lebih aktif jika Anda banyak bergerak sesaat sebelum penghitungan dimulai.

– Jangan merokok. Merokok berbahaya bagi Anda dan bayi Anda. Merokok dapat menyebabkan bayi Anda tidak aktif selama 90 menit

– Hitung semua gerakan bayi, tendangan, gerakan berputar, serta gerakan-gerakan baik besar maupun kecil. Terkadang Anda dapat melihat gelombang atau benjolan di perut Anda saat bayi berubah posisi. Beberapa wanita menggambarkan gerakan itu adalah gerakan berputar, menggeliat atau mendorong. Setiap gerakan yang terasa dihitung sebagai 1 gerakan

– Jika Anda tidak dapat merasakan gerakan bayi di dalam, tempatkanlah tangan Anda di perut dan perahtikan jika ada gerakan.

– Perhatikan jam dan catat jam Anda mulai menghitung gerakan.

– Setiap kali bayi bergerak tandailah di kertas.

– Saat Anda sudah sampai di gerakan ke 10 dalam waktu 1 jam, berhentilah berhitung

– Jika bayi bergerak kurang dari 8-10 gerakan dalam periode 1 jam, hitung kembali gerakan-gerakan bayi pada periode 1 jam berikutnya.

– Hubungi dokter Anda jika tetap tidak terdapat 8-10 gerakan di periode 1 jam berikutnya.

Saat Anda para ibu yang sedang mengandung dan merasakan ada perubahan besar dalam gerakan kandungan Anda sebaiknya hubungi dokter dengan secepatnya. Anda harus memberikan keterangan kapan terakhir Anda merasakan bayi Anda bergerak dan apakah perubahan terjadi perlahan-lahan atau secara tiba-tiba. Perawat atau dokter akan menggunakan cara lain untuk memeriksa bayi misalnya mendengarkan detak jantung bayi atau memonitor pola detak jantung pada waktu tertentu.

READ:  Waspadai Serangan Demam Berdarah dengue Pada Ibu Hamil

Jika Anda ada pertanyaan yang lebih lanjut silahkan bicaralah pada dokter atau perawat.

Loading...