Cara Menghilangkan Noda Hitam pada Kulit


Loading...

Cara menghilangkan noda pada kulit seperti bintik cokelat maupun flek hitam, baik pada wajah, bahu, leher atau tangan bisa dengan cara alami maupun dengan penerapan kosmetika.

Penyabab Flek Hitam

Penyebab munculnya flek hitam bisa disebabkan oleh tingginya produksi melanin (zat pemberi warna pada kulit, rambut dan mata kita) akibat dari eksposur sinar matahari.

Tingginya kadar melanin ini dikenal dengan istilah hiperpigmentasi. Akibat hiperpigmentasi dapat terlihat pada perubahan warna kulit seperti bintik coklat.

Jenis bintik-bintik kulit dapat dibedakan menjadi beberapa jenis:

Melasma: bintik-bintik yang dapat muncul sejak usia 20 tahun. Karakteristik melasma seperti munculnya warna coklat gelap pada kulit, bentuknya simetris

Tempat munculnya melasma umumnya terlihat pada wajah (pada, pipi bibir atas, pipi kening, atau di sekitar mata) dan bagian kulit lainnya yang mengalami hiperpigmentasi.

Penyebab Melasma ini akibat paparan sinar matahari yang berlebihan,. Namun pada kondisi lain bisa disebabkan oleh faktor kehamilan, kontrasepsi hormonal atau perawatan kulit yang tidak benar.

Lentigines (lentigo)

Lentigines biasa muncul beberapa tahun kemudian setelah eksposur matahari. Bintik hitam kecil ini umumnya muncul didaerah kulit seperti wajah, dada dan pada punggung tangan.

Lentigines terjadi akibat akumulasi berlebihan melanin dalam sel-sel epidermis dan umumnya muncul setelah usia 30 tahun keatas.

Keratosis aktinik

Keratosis aktinik atau keratosis surya  adalah jenis lain dari noda yang disebabkan oleh matahari. Keratosis aktinik ini juga merupakan pra kanker kulit akibat paparan sinar matahari yang biasa muncul pada kelopak mata.

READ:  Cara Mencegah Bibir Mengkerut

Bintik-bintik putih

Bintik-bintik putih ini memiliki warna seperti rambut abu-abu dari kulit, kaki atau lengan yang disebabkan oleh kerusakan melanosit akibat sinar matahari.

Bintik-bintik putih terjadi ketika sel melanosit berhenti memproduksi pigmen sehingga kulit menghasilkan bercak putih. Bintik-bintik putih lainnya bisa disebabkan oleh vitiligo.

Pengobatan bintik-bintik kulit

Pengobatan bintik-bintik kulit harus disesuaikan dengan jenis dermatologisnya, dan tidak asal menerapkan obat saja.

Pengibatan ini bisa dengan krim pencerah kulit, melalui  penggunaan laser yang lebih canggih dan juga  melalui  microdermabrasion.

Krim pemutih kulit hanya ideal untuk mengobati kasus ringan penuaan kulit sementara prosedur dilakukan oleh dokter kulit yang menghilangkan lapisan terluar epidermis.

Laser  digunakan dalam kasus-kasus penting ketika berusaha untuk menghilangkan bintik-bintik coklat dengan menghapus pigmen.

Tujuannya adalah bahwa pigmen menyerap energi cahaya dari sumber cahaya yang digunakan dan fragmen menjadi partikel yang lebih kecil, sehingga tubuh dapat menghilangkannya tanpa ada bekas yang tersisa dari depigmentasi.

Terobosan dari lima tahun terakhir untuk pengobatan bintik-bintik hiperpigmentasi pada kulit adalah penggunaan laser yang menghasilkan jutaan lubang mikroskopis di kulit.

Kombinasi laser

Kombinasi laser untuk noda pada leher, wajah dan leher, perawatan yang paling canggih adalah Citrine, yang menggabungkan teknologi Dot Terapi (difraksinasi laser CO2) laser Nd-YAG “QSwitch.” Tidak hanya meningkatkan noda, tetapi juga tanda-tanda lain dari photoaging seperti garis-garis halus, pori-pori membesar dan tekstur kulit.

Baru pengobatan untuk noda kulit

Perawatan kulit tradisional digunakan hidriquinona, TCA, asam glikolat, Peel MD, asam salisilat. Mereka harus sangat baik ditandai pulih karena efek yang mungkin memperburuk situasi.

READ:  Masalah Kulit Berminyak dan Cara Mengatasinya

Di antara inovasi dalam kulitnya, dokter William dan Diego Schaveltson Blugerman mengusulkan pengobatan baru yang menghambat produksi melanin dan menghambat enzim tirosinase, mengaktifkan sintesis pigmen di kulit.

Hal ini dapat dilakukan setiap saat sepanjang tahun dan kompatibel dengan semua jenis kulit. Bintik-bintik dengan prognosis terbaik yang paling gelap dan muncul selama kehamilan.

Pengobatan lain adalah Soli-nada, yang menggunakan aksi cahaya pada jaringan dan menghasilkan photobiostimulation. Gelombang cahaya dengan filter warna bekerja pada fotoaging, terutama hijau mengurangi produksi melanin. Dapat dikombinasikan dengan chemical peeling lembut.

Untuk kulit sensitif

Tidak seperti kulit kimia dan dermabrasi, ultrasonik mengelupas iritasi kulit dan jenis kulit dapat digunakan di mana saja sepanjang tahun. Yang terbaru adalah disebut Herkin dan menggabungkan manfaat dari USG dan arus galvanik.

Alat ini memiliki pisau mengupas yang memancarkan 28.000 getaran per detik, menghapus lapisan tanduk, dan memberikan segera terlihat subur kulit dan mengurangi noda.

Sistem lain yang baru adalah kombinasi dari air dan oksigen: Oxi-kulit dermabrasi melakukan sistem berbasis pada penggunaan prinsip-prinsip injeksi digunakan di aeronautika. Oksigen dan saline dalam bentuk tetesan mikro pada kecepatan supersonik, membuat kontak dengan kulit dan menghasilkan pengelupasan yang lebih baik.

Loading...