Demam selama kehamilan pada usia kehamilan tertentu

 

Informasi demam selama kehamilan pada usia kehamilan tertentu sering dirasakan oleh ibu hamil. Pada bulan-bulan pertama kehamilan adalah yang paling sensitif, karena dalam beberapa minggu pertama semua organ bayi.

Meskipun demam tinggi tidak menyebabkan malformasi pada janin karena infeksi virus, tetapi dapat mempengaruhi pengembangan pada janin anda.

Jika anda memiliki demam di atas 39,5 ° C, maka sebaiknya segera memerlukan pertolongan dokter untuk penanganan lebih lanjut.

 

Gejala Demam

Demam adalah peningkatan suhu tubuh di atas normal (di atas 37,5 º C).  Gejala demam ini biasanya disebabkan oleh suatu penyakit dan sebagai mekanisme pertahanan tubuh yang sengaja meningkatkan suhu tubuh  lebih tinggi untuk melawan virus dan bakteri.

Banyak wanita hamil bertanya-tanya apakah demam dapat membahayakan janin yang mereka kandung.  Menurut penelitian, risiko terjadi terutama ketika demam sangat tinggi (di atas 39,5 ° C) dan  dalam trimester pertama kehamilan.

Demam tidak menyebabkan kelainan pada janin tetapi yang dapat menyebabkan gangguan pada janin setelah lahir adalah lebih disebabkan oleh Virus, bakteri ataupun mikroba patogen lainnya.

Selain itu, tidak ada hubungan langsung antara demam dan terjadinya aborsi.  Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal medis Lancet yang dilakukan oleh para ilmuwan Denmark, kemungkinan aborsi atau bayi lahir dalam kondisi mati tidak berhubungan dengan demam pada ibu pada tahap awal kehamilan, terutama selama periode embrionik mereka.

Pada beberapa spesies hewan demam di awal kehamilan dapat menyebabkan kematian janin.  Untuk alasan ini diduga bahwa suhu tubuh yang tinggi dapat menyebabkan efek yang sama pada manusia.

Namun para penulis studi tersebut, Anne-Marie Nybo Andersen dari Universitas Copenhagen dan rekan-rekannya di Pusat Denmark Epidemiologi Sains dan Staten Serum Institut di Copenhagen, mewawancarai 24.040 perempuan yang berada di tengah kehamilan, yang diperoleh  informasi tentang jumlah episode demam selama 16 minggu pertama kehamilan. Tujuannya adalah untuk menentukan tingkat terjadinya aborsi atau kematian janin dalam periode ini.

Dari hasil studi tersebut diperoleh 5% kehamilan berakhir dengan aborsi atau kematian janin  20% perempuan mengalami episode demam dalam 16 minggu pertama kehamilan.

Dan di trimester ketiga kehamilan, demam tinggi dapat menyebabkan kontraksi yang memajukan tanggal jatuh tempo sebuah persalinan.

Pergi ke UGD jika…

Demam adalah gejala dari penyakit tertentu yang umum pada kehamilan, seperti infeksi saluran kemih atau preeklamsia.  Lihat dokter kandungan Anda jika Anda mengalami demam tinggi dan tanda-tanda berikut:

– Parah muntah dan gigih.

– Diare.

– Nyeri ketika buang air kecil.

– Intens sakit kepala.

– Perdarahan vagina.

– Kehilangan cairan vagina.

– Nyeri perut berat atau kontraksi uterus yang menyakitkan.

Pengobatan selama kehamilan

Ketika suhu tubuh tidak tinggi dan karena pilek atau flu, jangan memberikan lebih penting.  Parasetamol aman selama kehamilan dan digunakan untuk mengobati demam dan rasa sakit.

Selain itu, ada metode alami untuk mengurangi demam tanpa menggunakan obat-obatan seperti minum banyak air dan cairan lainnya terutama jus jeruk  untuk membantu memperkuat pertahanan sistem kekebalan tubuh.

 

 
 

TOPIK TERBARU:

manfaat telur ikan belanak, bawang putih obat ganglion, manfaat ranee whitening cream plus, arti kedutan langit-langit mulut, kelainan bentuk panggul wanita, kdutan paha kiri, Arti KEDUTAN pada testis, bokong berbintik, bekas cakaran di badan, Cara membesarkan wajah dan kepala, Bibir bawah terbelah, pegal pangkal paha, glukosin, apa bedanya jerawat dan bekukul, air infus untuk rambut rontok