Benarkah Genetika Penyebab Utama Bayi Berat Lahir Rendah ?


Loading...

Benarkah Genetika Penyebab Bayi Berat Lahir RendahSalah satu penyebab bayi berat lahir rendah (BBLR) adalah karena faktor genetika. Data rinci penyebab BBLR didapat dari beberapa hasil penyelidikan dampak sosial, demografi, dan genetik pada perbedaan berat badan lahir.

Analisis perbedaan berat lahir antara bayi dengan warna putih, hitam, dan campuran ras kulit hitam-putih menunjukkan bahwa sebagian dari perbedaan berat badan yang diamati tampaknya karena faktor biologis.

Bayi dengan ibu dan ayahnya dari ras kulit hitam memiliki berat lahir rata-rata terendah, sedangkan bayi yang lahir ke dua orang tuanya beras kulit putih memiliki bobot tertinggi.

Bayi yang baru lahir dengan ras campuran memiliki distribusi berat lahir menengah (sedang). Analisis multivariat menunjukkan bahwa efek dari ras orangtua pada berat lahir yang bukan hasil dari perbedaan ibu / obstetri antara orang tua dari ras yang sama atau campuran.

Penelitian serupa yang dilakukan oleh Northwestern University Medical School di Afrika, India Barat, dan bayi ras putih Eropa menunjukkan bahwa ras kulit hitam merupakan faktor risiko untuk berat lahir sangat rendah juga terjadi di Inggris, dengan demikian, BBLR dapat dipengaruhi faktor genetik.

READ:  11 Tanda Berbahaya Saat Hamil

Namun BBLR dari faktor genetik lebih dominan dalam mempengaruhi oleh ras dari ibunya dibandingkan dengan ayah bayi.

Johns Hopkins University Departemen Kesehatan Ibu dan Anak melakukan penelitian yang menyelidiki perbedaan ras dalam kehamilan usia tertentu berat lahir dalam sampel dari 21.288 Cina, Jepang dan 11.882 65.818 kelahiran bayi dari ras putih.

Rata-rata bobot kelahiran dari Cina dan Jepang dibandingkan dengan bayi putih adalah 4-5% lebih rendah dari kelahiran prematur, dan 5-6% lebih rendah di antara kelahiran panjang, setelah penyesuaian dibuat untuk usia kehamilan, variabel demografi, penggunaan antenatal care dan gender bayi.

Perbedaan ras dalam kehamilan usia tertentu berat lahir harus dipertimbangkan baik dalam evaluasi klinis dari bayi yang baru lahir dan dalam studi epidemiologi. Interaksi yang signifikan ditemukan antara ras dan variabel ibu seperti pendidikan, status perkawinan, kelahiran, dan bulan selama perawatan antenatal dimulai.

Divisi Nutrisi di Pusat Pengendalian Penyakit telah menyelesaikan beberapa penelitian ras-spesifik variasi berat lahir.
Hasil menunjukkan bahwa ketika dikontrol untuk background sosiodemografi, ada perbedaan besar di antara bayi berat lahir bayi Cina dan putih.

READ:  Kemungkinan Penyebab Nyeri Payudara Sebelah Kiri

Bayi lebih putih memiliki berat lahir yang lebih besar sementara bayi Cina memiliki insiden yang lebih tinggi dari berat badan lahir rendah.

Kejadian serupa berat badan lahir rendah dengan distribusi berat lahir yang berbeda ditemukan di antara bayi yang lahir di Amerika Serikat untuk dua orang tua Cina, satu orang tua Cina dan satu orang tua putih, dan dua orang tua ras putih. Kemungkinan spesikasi ras berpengaruh pada distribusi berat badan lahir dari temuan ini.

Salah satu penyebab bayi berat lahir rendah (BBLR) adalah karena faktor genetika. Data rinci penyebab BBLR didapat dari beberapa hasil penyelidikan dampak sosial, demografi, dan genetik pada perbedaan berat badan lahir.

Loading...